Cara Menggunakan Perspective Grid Tool Di Illustrator

Cara-Menggunakan-Perspective-Grid-Tool-Di-Illustrator

Selamat datang sobat di blog kami yang akhir akhir ini masih membahas seputar adobe illustrator, yang dimana pada artikel sebelumnya admin sudah share tentang sebuah artikel dengan judul yakni Cara Membuat Simbol Custom di Adobe Illustrator

Gimana penasaran atau biasa biasa saja sob, atau ada rasa penasaran sedikit- sedikit bisa klik dan simak artikel yang ada linknya diatas ya, insyaallah bisa membantu dan menjawab rasa penasaran kalian mengenai cara dalam pembuatan simbol di adobe illustrator.

Pada kesempatan kali ini admin akan share tools di illustrator juga yang kemungkinan akan jarang dipakai jika tidak membuat object 3 dimensi, tools apakah ini, ? tools ini bernama Perspective Grid Tool, yang merupakan sebuah tools untuk membuat tools object 3 dimensi sebagai alat bantu.

Kadang tools ini sering muncul karena kepencet tidak sengaja kan kadang binggung bagaimana cara menghilangkannya seperti sediakala oke carannya pun sangat mudah juga sob, simak carannya lebih detail dibawah ini ya tanpa panjang lebar.

Cara memakai Perspective Grid Tool Di Illustrator

Ada beberapa step yah gaes dan beberapa macam bagian untuk mengetahui tentang tools ini supaya lebih oke punya pengetahuannya.

01. Setting perspective grid tool

#1. Langkah Pertama
Klik ikon prespektife tools di bilah tool box untuk memunculkan kisi perspektif dua titik standar. Ada tiga preset kisi: perspektif 1 titik, 2 titik, dan 3 titik. 
langkah-pertama
prespective-grid


#2. Langkah Kedua
Anda dapat beralih di antara ini dengan menavigasi ke 'View > Perspective grid' (Shift + P)

#3. Langkah Ketiga
Memilih grid yang ingin Anda kerjakan. Anda hanya dapat memiliki satu mode kisi yang aktif per dokumen di Adobe Illustrator , jadi ingatlah ini sebelum Anda mulai menerapkan apa pun ke kisi.


02. Menggambar objek langsung ke dalam grid Perspective

Sobat dapat menyesuaikan kisi dengan mudah dengan mengarahkan kursor ke widget di atasnya. Ikon bergerak akan muncul, menunjukkan arah mana Anda dapat menyesuaikan kisi.
mengambar-object-langsung


Menggambar langsung ke grid dalam perspektif itu mudah. Cukup pilih salah satu tools bentuk – dalam hal ini alat persegi panjang – dan mulai menggambar langsung ke kisi. Untuk mengganti bidang perspektif yang ingin Anda gambar, cukup klik bidang yang relevan pada ikon kubus di kiri atas.

Untuk menyesuaikan bentuk yang telah Anda gambar di kisi, sambil mempertahankan perspektif yang benar, maka pastikan Anda menggunakan alat pemilihan perspektif dan bukan alat pemilihan normal.

03. Menerapkan vektor yang ada ke grid
menerapkan prespektive

Menggambar langsung ke grid perspektif bisa menjadi sedikit canggung jika Anda membuat apa pun selain bidang datar sederhana. Untuk grafik yang lebih detail, yang terbaik adalah menggambarnya datar, di luar kisi, dan kemudian menerapkannya ke kisi perspektif nanti.

Untuk melakukan ini cukup pilih bidang yang ingin Anda terapkan grafiknya dan kemudian gunakan alat pemilihan perspektif untuk menyeretnya ke kisi perspektif Anda. Anda dapat menyesuaikan ukuran dan posisi dengan cara yang sama seperti objek lainnya, sambil mempertahankan perspektif yang benar.

04. Membuat efek terowongan
membuat-effect-berulang

Sobat tidak harus bergantung sepenuhnya pada grid perspektif untuk mencapai beberapa efek perspektif cepat. Untuk membuat efek terowongan maka cukup seret grafik perspektif dari langkah sebelumnya menggunakan selection tools, lalu tekan R untuk memutar dan memilih posisi tengah.

Gunakan alat efek radial untuk membuat efek terowongan dengan memasukkan pecahan (dalam hal ini 360/6). Kemudian salin grafik dan tekan cmd+D untuk menduplikasinya.

05. Menerapkan grafik ke dinding 

Tools perspektif juga bagus untuk dapat dipakai mengecek seperti apa tanda atau grafik di dinding. Cukup gunakan perintah 'File > Place' untuk mengimpor JPG yang ingin Anda gunakan sebagai basis.

Kemudian pindahkan di bawah kisi, sesuaikan kisi ke perspektif yang sama dengan dinding dan seret grafik Anda ke kisi untuk melihat bagaimana tampilannya di dunia nyata. Anda tentu saja dapat menempelkan grafik ke Photoshop untuk memberikan tampilan yang lebih alami sambil mempertahankan perspektif yang sama.

06. Cara menghilangkan Perspective Grid Tool Di Illustrator

Lalu ginama cara untuk menghilangkan Perspective Grid apabila sudah tidak ingin muncul lagi,carannya sangat mudah ternyata, tidak sulit untuk membuatnya tidak muncul lagi, simak carannya berikut dibawah ini ya sob, tidak susah kog cukup beberapa langkah saja.

#1. Pilih menu view

#2. Lalu pilih Perspective Grid > Hide Grid

Atau secara cepatnya tekan SHIFT+CTRL+I untuk menghilangkan perspective grid. Semoga bermanfaat, selamat mencoba…apabila ada saran kritik masukan atau sekedar ingin menyapa admin dan memberikan semangat bisa komen-komen dibawah ya.

By: WSM Project