Skip to main content

Tahap-tahap Belajar Desain Grafis dengan Mudah

Desain grafis memang perlu dipelajari lebih lanjut terlebih apabila Anda masih tergolong pemula dalam bidang tersebut. Di era digital seperti saat ini sendiri sudah ada banyak media yang bisa digunakan untuk belajar desain grafis dengan mudah. Sebelumnya, ketahui dahulu tahap-tahap belajar desain grafis.

Tahap-tahap Belajar Desain Grafis

Saat ingin belajar mengenai satu bidang ilmu, Anda tentu perlu belajar terlebih dahulu sehingga lebih paham mengenai bidang tersebut, termasuk desain grafis. Saat bingung mengenai cara yang harus dilakukan untuk mendesain grafis, maka ketahui dulu tahap-tahap belajarnya di bawah ini:

1.Niat

Saat ingin mempelajari suatu hal, langkah pertama yang perlu dilakukan adalah dengan mengumpulkan niat. Anda bisa mulai menanamkan niat di dalam hati saat ingin mempelajari ilmu mengenai desain grafis. Dengan begitu, saat menemui kesulitan tidak akan berhenti ditengah jalan.

Terlebih bagi mereka yang memang memiliki cita-cita sebagai desainer grafis yang andal. Terlebih dahulu perlu menanyakan pada hati apakah desain grafis tersebut sudah menjadi passion. Jika tidak, maka tentu saja yang terjadi hanyalah kegiatan belajar yang setengah-setengah saja.

2. Pilih Software
Software

Apabila ingin belajar secara otodidak, maka tidak ada salahnya Anda mengawalinya dengan memilih software yang paling mudah untuk digunakan. Saat ini sendiri sudah ada banyak perusahaan yang membuat software untuk belajar mengenai desain grafis dengan mudah bahkan seru digunakan. Software juga sangat bermaca-macam bisa adobe illustrator dan adobe photoshop.

Setelah memilih satu software yang paling mudah, maka yang perlu dilakukan selanjutnya adalah mempelajari software tersebut. Bukan mencoba software yang lainnya. Apabila terlalu sering berganti software maka tentu akan sangat sulit untuk menguasai sebuah software itu sendiri.

3. Coba Software
Coba-Software

Setelah mengumpulkan niat serta memilih software yang paling mudah untuk digunakan, maka Anda bisa mencoba software tersebut. Anda bahkan tidak perlu menggunakan buku tutorial yang hanya akan menambah pusing dalam proses belajar.

Pasalnya, sebenarnya akan lebih efektif apabila Anda langsung mencoba berbagai tools yang sudah disediakan pada software tersebut dibandingkan dengan membaca buku. Saat sudah mencobanya, kemudian terjadi kesalahan maka akan lebih mudah paham bagaimana menggunakan software tersebut. 

4. Buat Objek
object-baru

Tidak ada salahnya untuk segera membuat objeck desain yang diinginkan. Meski berposisi sebagai pemula, Anda tetap bisa membuat objek yang lebih mudah terlebih dahulu sebagai awal latihan. Misalnya saja gambar sebuah gelas, cangkir, mangkuk, dan masih banyak lagi.

Dalam belajar bidang ini sendiri pada dasarnya dapat dilakukan secara bertahap. Pasalnya, desain grafis dapat dipelajari layaknya bermain sebuah game. Akan ada level atau tingkatan yang bisa membuat Anda menjadi seorang desainer yang lebih jago. Jika sudah mencoba satu hal maka cobalah yang lebih sulit.

5. Gabung Komunitas
Gabung-Komunitas

Selain belajar dengan mengandalkan kemampuan otodidak, tidak ada salahnya juga menambah banyak relasi saat ingin menguasai ilmu desain grafis. Dengan begitu, Anda akan lebih semangat dalam belajar karena memiliki banyak teman dengan latar belakang atau kesukaan yang sama.

Anda bisa mencoba untuk bergabung pada komunitas desain grafis. Komunitas tersebut biasanya akan mengadakan sesi diskusi dan materi yang dapat menambah pengetahuan dan kemampuan dalam mendesain sebuah grafis. Hal ini tentu juga akan menjadi pengalaman yang sangat bermanfaat.

6. Pahami Dasar Desain
Pahami-Dasar-Desain

Sangat penting bagi Anda untuk memahami apa saja yang diperlukan dalam dasar-dasar desain. Misalnya saja pengaturan warna, tipografi, hingga simbol. Tiga hal tersebut sangat perlu diketahui agar nantinya memiliki pondasi dasar dalam membuat desain grafis.

Selanjutnya, Anda juga perlu memahami sistem pembagian garis apabila ingin mendesain menggunakan bantuan software. Ketahui juga berbagai istilah umum yang digunakan dalam bidang desain. Seperti color palate, background, foreground, kerning, alighment, hierarchy, dan masih banyak lagi.

7. Gaya Desain
Gaya-Desain

Pada dasarnya tidak ada patokan dalam membuat sebuah desain. Hal tersebut bergantung dengan selera dan keinginan dari masing-masing pembuatnya. Untuk itu, Anda bisa menentukan gaya desain yang ingin dibuat contohnya seperti gaya logo, ilustrasi, tipografi, dan sebagainya.

Dengan memahami berbagai gaya desain tersebut, maka karya yang akan dihasilkan nantinya tentu akan sesuai dengan kaya desain yang diinginkan. Selain itu, Anda juga akan lebih jago dalam mendesain apabila fokus dengan kemampuan satu gaya desain semaksimal mungkin.

8. Cari Inspirasi
Cari-Inspirasi

Tidak ada salahnya juga untuk mencari berbagai inspirasi desain. Terlebih apabila Anda sudah mulai bingung dalam menentukan gaya desain. Sebagai contoh, dapatkan berbagai desain yang lebih menarik pada beberapa platform. Seperti Instagram ataupun Pinterest kemudian simpan sebagai referensi.

Dengan begitu, Anda tidak akan kesulitan dalam mendesain dengan adanya banyak referensi yang sudah disimpan tersebut. Desain juga akan terlihat lebih menarik karena tersedia banyak desain lain yang bisa dijadikan sebagai inspirasi saat membuatnya.


Itulah beberapa informasi yang bisa Anda ketahui saat ingin belajar desain grafis. Anda bahkan dapat memperoleh berbagai informasi mengenai desain grafis melalui berbagai platform, seperti Google hingga Youtube. Pastikan memilih sumber informasi belajar yang simpel agar mudah untuk belajar.
 

Comment Policy: HELP ME Gan. Tidak diperkenankan mengambil isi konten tanpa izin, Diperbolehkan dengan syarat menyertakan sumber..
- Jika ingin traktir admin kopi carannya cukup mudah loh.. Pause sejenak Adblock mu !
Buka Komentar