Cara Save Gambar di Adobe illustrator Agar Tidak Pecah


Cara save gambar di adobe illustrator supaya tidak pecah, Pecah pada gambar bisa terjadi karena beberapa sebab, mulai dari resolusinya yang kurang memadai, serta kualitas dari gambarnya yang kurang maksimal. Resolusi gambar pasti sering kita dengar, diberbagai media dan forum-forum Apakah itu.

Resolusi gambar merupakan jumlah pixel pada sebuah gambar yang menyusun sebuah pixel yang tersusun secara horizontal dan vertikal, semua Monitor digital memakai itu, Serta lain hanya untuk jenis gambar digital kita pasti mengenal Pixel Per Inch (PPI), yakni banyaknya pixel dalam sebuah gambar semakin rapat maka akan semakin jelas, dan ukurannya juga akan memakan Space banyak.

Di adobe illustrator sendiri merupakan software berbasis vector yang kita tahu jika file vector jika di Zoom tidak akan pecah, sampai 1000 kali bahkan, serta akan berubah basisnya saat kita hendak akan men exportnya dalam sebuah file foto, basisnya akan berubah ke bitmap.

Bitmap berdasarkan pemahaman admin merupakan sebuah gambar digital yang tersusun dari banyak pixel, satu pixel mewakili satu warna, sehingga semakin banyak pixel akan bisa menampung banyak warna, semakin banyak warna maka akan semakin realistis/jelas dan tidak blur.

Nah dari beberapa paragraf diatas dapat di simpulkan bahwa yang memepengaruhi dari kualitas dari gambar/vector supaya tidak pecah adalah pixelnya semakin besar pixel maka akan semakin bagus.

Serta jangan sampai salah saat melakukan export menjadi gambar,, bisa pixel sangat besar namun salah saat export gambar maka file bisa juga menjadi pecah.

Ekspor Gambar atau Vector di Adobe Illustrator Agar Tidak Pecah/Blur

Dibawah ini ada beberapa langkah supaya export atau save file tidak pecah di adobe illustrator penasaran seperti apa carannya ? yukk kita saksikan bersama-sama.

Langkah 1 : Buka salah satu file vector/gambar yang sudah kalian desain, lewat File -> Open (Ctrl+O).
file-open


Langkah 2 : Setelah berhasil membuka file silahkan Klik File kemudian Export.
file-export


Langkah 3 : Setelah itu akan muncul tab Export yang ada beberapa Settingan seperti, Pemilihan format dan Area Export. Jika sudah Klik Save
tab-Export

Langkah 4:  Disini admin memilih format jpeg file sehingga akan muncul Tab settingan File JPEG option. 
export-file


Langkah 5: Sesuaikan Color mode nya dari RGB/CMYK, Pastikan Quality Images jika ingin resolusi bagus pastikan pilih yang large file dengan cara mengeser ke bagian paling kanan, dan Pilih Resolution nya yang DPI paling besar.

Langkah 6: Selesai 
  
Cara save gambar agar tidak blur atau pecah diatas bisa kalian sesuaikan dengan kebutuhan file kalian jika terlalu besar maka juga akan membuat berat, khususnya jika dibuat untuk tumbnail web ada cara khusus yang bisa dilakukan, maka simak terus blog ini ya akan kami share di artikel-artikel selanjutnya.


By: WSM Project