Membuat dan Menambah ArtBoard di Adobe illustrator


Membuat dan Menambah artboard di Adobe illustrator yang pasti akan di lakukan saat akan hendak membuat sebuah desain di illustrator yang pada artikel sebelumnya di seri tutorial adobe illustrator admin juga sudah membuat cara merubah ukuran artboard dengan beberapa cara.

Artboart sendiri merupakan area kerja aktif yang bisa kita pakai untuk menaruh hasil kerja kita supaya bisa di export ke bentuk format matang seperti .Jpeg. PNG dan format lainnya. Artboard jika di aplikasi lain biasannya disebut kanavas, dalam satu file .AI bisa terdiri lebih dari 90 artboard dan masing-masing artboard bisa divariasi dengan berbagai macam ukuran.

Bagi kalian yang sering membuat desain dalam jumlah banyak dalam waktu yang bersamaan ini pasti akan membantu karena saat export kita hanya cukup klik satu kali maka hasil dari desain yang di taruh pada artboart yang berbeda-beda akan bisa di export semuannya, biasannya sering di pakai untuk grid instagram yang saling sambung dan pemain microstock.

Artboart  di Adobe illustrator sendiri bisa kita ubah ukurannya serta ditambah dan sesuai dengan keinginan kita. Tidak sulit untuk mengubah dan tambah artboard di illustrator hanya butuh beberapa langkah saja, Penasaran bagaimana cara mudahnya ? yuk mari kita simak cara nya.

Membuat artboard di Adobe illustrator

Berikut adalah langkah-langkah membuat ardboard di adobe illustrator yang bisa kalian simak alur pembuatannya, 

Langkah 1: Buka aplikasi adobe Illustrator

Langkah 2: Buat dokumen baru dengan cara menekan (Ctrl+N) pada keyboard atau File -> New  

Langkah 3: Setelah berhasil membuat dokumen baru , sebenarnya sampai sini sudah ada artboard default dari adobe yang bisa kita atur saat muncul tab new dokumen mulai dari ukuran kertas, orientasi kertas serta satuan ukurannya.
membuat-artboard-illustrator


Langkah 4: Sampai langkah 3 sebenarnya kita sudah berhasil membuah artboard di illustrator.

Menambah artboard di Adobe illustrator

Masih berkaitan dengan poin sebelumnya sampai sini admin mengangap sudah bisa membuat sebuah artboart di adobe illustrator.

Langkah 1: Klik Artboard tool atau bisa juga dengan menekan (Ctrl+O) pada keyboard.
Artboard-tool


Langkah 2: Klik kiri kemudian tahan serta geser ke arah berlawanan sehingga akan nampak ardboard kedua sudah terbentuk.
menambah-artboard


Langkah 3 : Selesai

Bagaimana cukup mudah sekali bukan cara untuk Membuat dan Menambah sebuah lembar kerja di adobe illustrator atau yang lebih dikenal dengan istilah ardboard, semoga bisa membantu kalian yang hendak memperdalam adobe illustrator untuk membuat karya desain.

By: WSM Project