Cara Ungroup dan Group Object di Adobe illustrator


Melakukan Group dan Ungroup di adobe illustrator sangat berguna apabila kita mengharuskan bekerja dengan object yang sangat beragam dan variatif, sistem kerjanya sama seperti pada Coreldraw karena basis dari kedua obejct ini sama yakni berbasis vector, namun jika di software lain juga ada sebetulnya fitur grup dan ungrup ini.

Owya, belum saya ucapkan salam, gimana kabarnya sob, ditengah wabah dan pandemi silahkan selalu patuhi protokol yang telah ditetakan meskipun sebenarnya juga berat bagi para perantau sudah setahun ini tepatnya dua kali lebaran, mudik dilarang ada untung dan ruginya sebenarnya. ahh jadi bahas kemana-mana, lanjut ke topik.

Pada serial tutorial adobe illustrator ini kita akan belajar cara ungroup dan group object di adobe illustrator, yang pada artikel sebelumnya sudah berhasil menerbitkan artikel berjudul cara membuat gradasi warna di adobe illustrator. dan admin percaya sobat akan langsung bisa melakukan pewarnaan gradient karena tutorialnya lengkap bergambar pasti akan membuat sobat lebih mudah memahami apalagi dalam bentuk video

Cara Ungroup dan Group Object di Adobe illustrator

Tidak hanya menjelaskan salah satu saja seperti Ungroup atau pun Group karena mereka sebenarnya masih dalam satu kesatuan yang pastinya bakalan sering kita operasikan.

#1. Cara Ungroup di Adobe Illustrator

Langkah Ungroup sebenarnya tidak rumit, cukup haya dengan beberapa langkah saja tidak banyak sampai puluhan langkah.

Langkah 1. Buka Software Adobe Illustrator

Langkah 2. Buka object yang sudah ada sebelumnya yang telah di group, 

Langkah 3. Select/pilih object tersebut dengan selection tool (V) -> Klik kanan pada mouse -> setelah muncul Klik Ungroup
ungroup-di-adobe-illustrator


Langkah 4. Selesai

#2. Cara Group di Adobe Illustrator

Langkah Group sebenarnya juga tidak rumit, kebalikan dari ungroup, cukup haya dengan beberapa langkah saja tidak banyak sampai puluhan langkah.

Langkah 1. Buka Software Adobe Illustrator

Langkah 2. Buka object yang sudah ada sebelumnya yang belum di group, 

Langkah 3. Select/pilih object lebih dari satu tersebut dengan selection tool (V) -> Klik kanan pada mouse -> setelah muncul Klik Group
Cara-Group-di-Adobe-Illustrator


Langkah 4. Selesai

Diatas adalah Cara Ungroup dan Group Object di Adobe illustrator semoga bisa membantu sobat dalam belajar adobe illustrator, terimakasih sudah berkunjung di artikel kami ini temukan berbagai macam tutorial desain grafis di artikel kami.

By: WSM Project