Cara Membuat Gradasi Warna di Adobe Illustrator

Cara membuat gradasi warna di aplikasi Adobe Illustrator adalah salah satu cara yang bisa sobat coba untuk menambah dua warna sekaligus atau lebih dalam sebuah objeck tidak hanya dua macam warna  saja. pada seri tutorial adobe illustrator sebelumnya kita sudah membahas tentang menjadikan background transparan dengan adobe illustrator dan pada hari yang berbahagia ini kita akan berbagi tentang cara membuat warna gradient.

Perlu diketahui sebelumnya pengertian gradient itu sendiri merupakan sebuah cara untuk memakai dua warna atau lebih dalam sebuah desain, tanpa menghilangkan warna lain. atau bisa juga perpindahan warna yang terbangun dari peralihan dua warna atau lebih. Seperti peralihan warna dari warnah biru tua  ke warna biru muda akan menghasilkan corak warna seperti berikut: 
warna-gradient

Kemudian bagaimana cara untuk membuat sebuah gradient warna seperti itu ? di software adobe Illustrator ada sebuah tool bernama Gradient tool yang bisa digunakan untuk mewarnai object menjadi gradient penasaran seperti apa penampakan dan bagaimana cara untuk memunculkan gradient tool yuk mari kita simak lebih lanjut pada penjelasan dibawah ini.

Tidak hanya untuk object shape, gradient juga bisa dipakai untuk teks gradient bagaimana ? cukup menarik kan 

Tools untuk membuat gradasi warna di Adobe Illustrator

Ada beberapa tempat yang bisa sobat gunakan untuk memunculkan dan melakukan setting warna gradient yakni Gradient (>), Gradient Tool (G), dan Panel Gradient

1. Gradient (>)
Lokasi dari gradient ini berada pada bawah settingan Stroke dan Fill lebih jelasnya bisa kita saksikan bersama seperti gambar diatas yang dikasih tanda merah. cara ini merupakan shortcut apabila sebelumnya sudah pernah membuat gradient.

Ingin mengaplikasikan ke object yang lain bisa memakai tools ini. untuk lebih cepatnya. carannya pun juga cukup mudah cukup dengan memilih object terlebih dahulu. Selanjutnya tinggal klik gradient ini.

2. Gradient Tool (G)

Gradient-Tool
Gradient tool (G) ini bisa dipakai untuk menentukan arah warna dari warna satu ke warna dua, Tools ini bisa di fungsikan apabila objeknya sudah terlebih dulu berwarna gradient, pabaila hanya tidak maka tools ini tidak akan berfungsi. Apabila sudah di klik maka akan ada tanda seperti gambar diatas untuk lebih jelasnya.

3. Panel Gradient
Panel-Gradient
Pada panel radient ini kita bisa melakukan custom mulai dari warna apa yang dipilih banyaknya warna dalam satu object , type gradientnya bisa radial dan linier, dan masih banyak lagi, untuk memuncukannya ada pada menu Windows -> Gradient (Ctrl+F9) Apabila belum muncul. 

Cara Membuat Gradasi Warna di Adobe Illustrator

Setelah kita mencoba belajar tools tools yang berkaitan tentang gradient di adobe illustrator saatnya kita mencoba cara membuat gradient di adobe illustrator, yang akan admin jelaskan mulai dari step-stepnya seperti apa saja mari kita simak dengan seksama.

Langkah 1 : Buka aplikasi Adobe Illustrator admin disini memakai Adobe Illustrator CS6 Jika kalian memakai Seri yang tidak terpaud jauh maka tidak akan beda penampilannya.
Adobe-Illustrator


Langkah 2 : Buat sebuah object bisa berupa Tulisan teks atau bisa juga Shape admin disini memakai Teks untuk dijadikan gradient.
warna-gradient


Langkah 3 : Tulis hurus sesuka-suka kalian, untuk teks harus di Expand dulu dengan cara Select teks-> klik object -> Klik Expand.
expand-teks

Langkah 4: Sesudah di expand klik Gradient seperti point pertama tentang penjelasan gradient.
gradient-adobe-illustrator

Langkah 5: Jika ingin Custom warna silahkan ke bagian panel gradient yang ada di samping, Atur gradient pada Gradient slider.
gradasi-warna-adobe-illustrator


Langkah 6 : Untuk menganti warna silahkan klik dua kali pada tanda di gradient slide maka akan muncul pilihan warna lain.
Gradasi-Warna-di-Adobe-Illustrator

Langkah 7 : Selesai, dibawah adalah hasil akhir dari cara membuat warna gradient di AI
gradasi-di-illustrator

Diatas merupakan cara untuk membuat gradasi warna di adobe illustrator, semoga bisa membantu sobat-sobat sekalian yang ingin belajar adobe illustrator ingin request tutorial seputar adobe illustrator silahkan komen dibawah ya atau kontak admin via email atau instagram kami. terimakasih.

By: WSM Project