2+ Cara Crop Foto di Adobe illustrator Mudah dan Bergambar

Crop atau yang diartikan memotong, dalam bahasa Indonesia. Adobe illustrator bagi sebagian pemakai masih meragukan apakah bisa crop foto di adobe illustrator ? Eist jangan salah software adobe illustrator ini jika dipakai untuk crop foto juga bisa loh. 

Tidak kalah dengan saudaranya yakni adobe photoshop, namun hanya untuk crop ya, Tapi semua kembali pada masing-masing Individu lebih nyaman dan terbiasa memakai software apa.

Namun sebenarnya memang untuk urusan foto bitmap seharusnya cocoknya memakai adobe photoshop, karena basis bitmap memakai photoshop, namun jika sobat ada kendala tertentu sehingga mengharuskan hanya memakai adobe illustrator maka juga bisa dipakai untuk crop foto serta vector juga bisa.

Memang aktifitas Potong memotong sudah menjadi hal yang umum dilakukan oleh seorang desainer grafis entah untuk menemukan frame yang pas atau komposisi yang persis, Lumayan sudah lama admin tidak membahas tentang tutorial adobe illustrator terahir membahas tentang cara membuat garis putus-putus di illustrator. 

Bagi kalian yang mungkin penasaran bagaimana caranya bisa crop foto atau bahkan vector dengan memakai software adobe illustrator bisa sobat simak tutorial dibawah ini semoga bisa membantu sob

2+ Cara Crop Foto di Adobe illustrator Dijamin Mudah + Gambar

Dibawah ini ada beberapa cara yang bisa kalian pergunakan silahkan pilih yang sekirannya sesuai dengan kasus kalian, karena sesuai dengan judul ada beberapa cara yang bisa dipakai untuk crop foto di adobe Illustrator.

#1. Cara Crop Foto dengan Pentool

Cara yang pertama ini adalah dengan memakai pen tool supaya crop bisa detail mengikuti objeck tidak hanya berbentuk kotak seperti cop pada foto KTP atau untuk SIM yang sering kita lihat.

1. Buka aplikasi Adobe Illustrator admin disini masih memakai Adobe Illustrator CS 6.

aplikasi-Adobe-Illustrator

2. Buka gambar dengan cara Klik File -> Open -> Pilih file yang akan di Crop, Ketika sudah menemukan file yang akan dibuka klik tombol Open yang ada di bagian bawah pojok.

Buka-gambar

3. Klik pentool (P) dan seleksi dengan tools itu..sesuakan dengan model gambarnya.

pentool-adobe-illustrator

4. Pastikan node tertutup pada awal membuat sampai akhir sehingga bisa tergabung 

5. Supaya tidak kesulitan pastikan Fiil sudah kalian hilangkan supaya tidak menutupi objek sehingga mempersulit proses crop, sisakan saja outlinenya.

cara-crop-foto-di-adobe-illustrator

6. Langkah terahir pilih semua object tadi dari foto sampai hasil dari pentool tadi kemudian klik kanan pilih-> Make Clipping mask

crop-foto-adobe-illustrator

7. Selesai.

crop-foto-di-adobe-illustrator

#2. Cara Memotong Gambar di adobe illustrator

Cara kedua ini beda dengan cara pertama namun masih mirip-mirip hanya beda pada cara diawalnya saja jika pertama memakai pentool yang kedua ini memakai Rectangel Tool (M).

1. Buka software adobe Illustrator.
2. Klik Rectangel Tool atau bisa menekan tombol (M) pada keyboard Sekaligus setting ukurannya, Klik
crop-gambar-di-illustrator

dua kali untuk memunculkan tab Size.
crop-foto-ai

3. Jika sudah menentukan ukurannya silahkan Select kedua object tersebut.

4. Klik kanan pada mouse -> Pilih Make Clipping mask

5. Selesai
crop-foto

#3. Crop di adobe illustrator dengan Artboard

Cara ketiga ini masih dengan crop foto atau bisa object lain namun dengan cara kita membuat ukuran artboard menjadi sesuai dengan ukuran yang kita harapkan tanpa harus merubah object yang ingin kita potong, jadi cukup menyesuaikan saja Artboardnya.

1. Seperti biasa kita buka dulu aplikasi adobe illustrator.
2. Buka foto yang akan kita potong atau bisa juga vector.
3. Klik Document Setup pada bagian atas -> kemudian klik Edit Artboard.
edit-artboard

4. Edit Ukuran dengan cara mengeser secara langsung dengan mouse atau bisa juga input secara langsung pada bagian atasnya.
crop-foto-ai

5. Klik Export dan jangan lupa Centang pilihan use artboard. kemudian klik save.
use-artboard

6. Selesai sudah, silahkan bisa lihat hasilnya dibawah.
crop-foto-di-ai
diatas merupakan 2+ Cara Crop Foto di Adobe illustrator Dijamin Mudah + Gambar yang kami sediakan sekaligus ada gambarnya semoga bisa membantu jika sobat sedang mencari cara untuk memotong foto di software adobe illustrator yang selama ini merupakan software yang berbasis vector namun juga bisa difungsikan untuk crop foto yang kita ketahui berbasis bitmap.

By: WSM Project