Skip to main content

Font Adalah, Pengertian, Jenis dan Contohnya


Font adalah sebutan untuk model huruf yang diatur dengan pola tertentu sebagaimana creator atau programmer membuatnya. Objek visual yang mendukung penyampaian pesan dalam bentuk teks ini, memiliki sejarah panjang hingga tetap bertahan di era digital seperti sekarang.

Sejarah Font
Sejarah-Font

Jika ditelusuri lebih jauh font adalah hasil penemuan yang memiliki konteks pengertian berubah-ubah seiring perkembangan zaman. Pon sendiri merupakan sebuah kata yang berasal dari bahasa Perancis Kuno  dan lebih mendekati kepada arti dari suatu logam yang meleleh. 

Lelehan logam tersebut yang kemudian membentuk suatu pola sehingga dinamakan sebagai font. Berdasarkan konsep pembuatan inilah pertama kali font diciptakan dalam bentuk fisik berupa struktur lelehan logam. Kemudian objek sebagai alat penulisan tersebut berubah media dari kertas hingga ke percetakan. 

Setelah melewati masa yang cukup panjang akhirnya pun yang dikenal saat ini merupakan hasil dari program suatu sistem komputer guna diaplikasikan secara lebih fleksibel dalam dunia digital. Kemudian disematkan dalam berbagai software dan aplikasi seperti Microsoft hingga smartphone. 

Pengertian Font
Pengertian-Font

Dalam hal ini akan diuraikan dalam bentuk pengertian terkini sebagaimana fungsi yang dirasakan oleh era milenial. Saat ini pun lebih akrab dikenal sebagai model tulisan yang membentuk desain khusus terhadap suatu teks untuk kebutuhan aplikasi si dan situs digital pada perangkat elektronik. 


Font sendiri membangun beberapa karakter dengan ciri khas khusus dan pola yang konsisten. Hal ini juga mencakup ketebalan, kepadatan tulisan hingga ukuran standar yang dibuat. Melalui proses pembuatannya akan ditemukan penghitungan ukuran berdasarkan titik  sekitar 1/72 inchi per titiknya. 
Adapun lebar ukuran yang digunakan adalah pitch yang dihitung berdasarkan jumlah karakter.

Umumnya jumlah karakter yang digunakan adalah antara 10 hingga 12 karakter. Sedangkan ketentuan rinci lainnya telah diatur oleh prosedur programmer dan dapat dioperasikan sebagaimana sistem yang berlaku. 

Fungsi Font
fungsi-font

Secara dasar font difungsikan untuk memberi gaya tersendiri terhadap suatu teks namun fungsi dan manfaat ini bisa menjadi lebih luas dan beragam tergantung pada tujuan penggunaannya. Dalam artian fungsinya dapat mencakup penambahan kesan dan efek sesuai media. 

Misalnya untuk sebuah konten website yang digunakan akan sangat menunjang jika memiliki karakteristik yang sesuai dengan bidang operasional. Hal ini akan membantu memberikan respon yang positif dari pengunjung terhadap situs tersebut. 


Adapun pada jenis lain seperti brosur pamflet, iklan dan desain lain yang dibuat secara informal, akan membantu menarik pelanggan dan memberikan and1 menonjol pada bagian tertentu. Dengan demikian penawaran pun akan terkesan lebih berkualitas dan profesional. 

Jenis Font

Jenis font dapat dikelompokkan dalam berbagai kategori. Jenis ini akan merangkum beberapa  contoh font dalam satu perangkat. Pada umumnya desain yang dibuat memiliki kemiripan namun tetap berkonsentrasi pada titik-titik khusus yang membedakan antara satu dengan lainnya. 

Ingin mendapatkan font yang unik dan bermacam-macam jenisnya dan dapat dipakai dalam kondisi dan situasi apapun yuk simak font di salah satu kategori di wsmprojet.

#1. Font Serif
jenis-jenis-font

Sheriff menjadi salah satu dari nama kumpulan font yang sangat populer dan banyak digunakan baik pada file dokumen website maupun media lainnya. Pola bentuknya yang normal dan khas serta terdapat tergolong netral ini cocok untuk berbagai penulisan. 

Font Serif sendiri terdiri atas beberapa nama diantaranya Noto Serif, PT Serif, Source Serif Pro, Roboto Slab, Times New, Roman, Georgia, Cambria, Perpetua, Trajan pro, Rockwell dan lain sebagainya. Jenis-jenis dalam kategori Sherif tersebut sangat banyak digunakan dalam aktivitas formal. 

#2. Font San-Serif
font-fan-ferif

Pada kelompok ini akan dijumpai jenis font yang memiliki perbedaan cukup jelas dari seri font Serif. Perbedaan tersebut adalah bagian kaki dan kepala karakter tidak dilengkapi dengan kaki atau kurang titik yang membentuk garis kecil. 

Keduanya memiliki kecenderungan terhadap penggunaan tertentu. Namun pada jenis satu ini dapat dikelompokkan pada penggunaan informal maupun semi formal. Selain itu jenisnya pun terdiri atas bentuk-bentuk, ketebalan, ketinggian dan ukuran yang berbeda. 

#3. Font Script 
Font-Script

Font script memiliki ciri-ciri khusus yang mudah untuk dikenali. Pada golongan ini terdapat berbagai macam spesifikasi font dengan kecenderungan terhadap tulisan latin terputus dan miring. Kategori ini juga lebih mirip dengan tulisan tangan dan memang digunakan sebagai dengan seni keindahan. 

Sebagai jenis font informal, penggunaannya sangat fleksibel pada berbagai desain dan dapat membantu memberikan kesan menarik, indah dan rapi. Beberapa contoh dari font ini adalah Handwriting, Segoe Script, Lucida Handwriting dan lain-lain. 

#4. Font Slab
Font-Slab

Mode tulisan berjenis Slab ini memiliki pasukan jenis khusus diantaranya Roboto Slab, Slabo 27px, Antic Slab, Alfa Slab One, Josefin Slab, Arbutus Slab dan lainnya. Font ini memiliki karakter yang berani dan kuat, sehingga mampu memberi kesan meyakinkan.
 
Dengan ciri tersebut, berbagai font yang tersedia akan sangat selaras dengan penggunaan untuk soft selling, hard selling dan berbagai iklan maupun media untuk mempengaruhi lebih banyak orang. Tak heran jika anda akan sering menjumpai model tulisan tersebut pada banyak media. 

#5. Font Comic
Font-Comic

Berdasarkan namanya dapat dideteksi bahwa dalam kategori ini, font memiliki kecenderungan fungsi terhadap teks dialog. Baik untuk pengisian dalam karikatur komik, isi teks untuk konten bergambar maupun berupa video.
 
Karakteristik pada Font Comic adalah polanya yang halus, sederhana dan mudah disesuaikan pada berbagai tema. Bahkan tak sedikit yang menggunakannya dalam pencetakan buku dengan bidang tema yang cocok serta mampu membuat pembaca nyaman berlama-lama berhadapan dengan font ini. 

#6. Font Retro 

Untuk memenuhi setiap kebutuhan desain dan penggunaan mode tulisan pada setiap tema, maka Retro pun dihadirkan. Font ini memiliki keunikan dan merupakan buah kreasi yang lebih bervariasi dan berbeda.
Contohnya seperti Cafe Retro, Dambera Retro, Metro Retro Redux NF dan lain-lain. Dalam detailnya antara satu dengan yang lain memiliki perbedaan signifikan. Meski demikian seluruhnya mendukung nuansa Retro yang terkesan membawa gaya lama. 

#7. Font Pixel

Font Pixel mempunyai gaya sebagaimana namanya, yakni kesan pixel yang tersusun atas titik dan ketebalan khas. Para font ini juga identik dengan pola kotak dalam ukuran sangat kecil yang disusun atas konsep tertentu. Pixel menjadi mode yang cocok dengan nuansa digital. 

Dapat dilihat dari contohnya seperti FR73 Pixel, Pixel Matrix dan Pixelar yang terbentuk dalam matrix. Penggunaan font ini lebih cocok untuk desain tema robot, penghitungan dan lainnya. Meski terkesan kurang fleksibel dan kaku, namun perannya banyak digunakan oleh programer. 

Contoh Font Terbaru

Dengan perkembangan zaman dan terus bertambah majunya teknologi, membuat semakin banyaknya creator hingga penambahan font dalam sistem. Hal ini tak hanya membuat lebih besar kesempatan berkarya, namun juga melengkapi hingga memodifikasi ulang dari mode lama. 

Adapun contoh-contoh font baru adalah Lombok, Ailerons, Aqua, Polya, Modeka, Radnika, Higher, Nordik, Fontaine, Brassie, Boxing, Minimalust, Achi, Parley, Glober, Canter, Manifesto, Noir dan masih banyak lagi. Selain itu situs penyedia pun juga sangat beragam. 

Demikian informasi tentang Font adalah model huruf yang memiliki sejarah dan pengertian sejak masa dahulu serta perkembangannya. Semoga informasi ini bermanfaat. 

By: WSM Project
Comment Policy: HELP ME Gan. Tidak diperkenankan mengambil isi konten tanpa izin, Diperbolehkan dengan syarat menyertakan sumber..
- Jika ingin traktir admin kopi carannya cukup mudah loh.. Pause sejenak Adblock mu !
Buka Komentar