Cara Menambahkan Font di Photoshop dan Tempat Unduh Font

Jika sobat akan memperdalam software photoshop dan terkendala software yang masih belum ada font yang kalian inginkan maka tutorial ini cocok untuk kalian sob,,dibawah ini kita akan belajar cara menambahkan font di aplikasi  adobe photoshop

Cara menambahkan font di Photoshop menjadi langkah yang penting dan bisa menyesuaikan kebutuhan. Hal ini juga dilakukan menunjang lebih banyak aktivitas desain dan editing menggunakan varian font terbaru dan lebih beragam. Dengan demikian pilihan yang bisa digunakan pun tidak lagi hanya sebatas bawaan sistem. 

Cara Menambahkan Font di Photoshop

Software atau aplikasi Photoshop memiliki beragam font bawaan sistem yang bisa digunakan. Namun anda bisa menambah lebih banyak koleksi untuk memperkaya laci font Anda. Berikut langkah-langkah untuk menambah lebih banyak pun di software Photoshop. Ingin mendapatkan font untuk berbagai keprluan silahan simak kategori font dari kami.

#1. Mengunduh Font yang Anda Inginkan
Mengunduh-Font-yang-Anda-Inginkan

Hal paling pertama yang perlu dilakukan sebelum memasukkan font adalah memastikan jenis font yang ingin ditambahkan. Carilah beberapa situs yang menyediakan font kemudian unduh untuk masuk ke dalam penyimpanan internal. Berikut cara selengkapnya. 
  • Masuk ke browser dan buka situs penyedia font gratis
  • Contohnya dafont.com
  • Jelajahi website dan tentukan mode tulisan yang dipilih
  • Download dan tunggu hingga terunduh
  • Pastikan font tersebut telah masuk ke dalam penyimpanan PC
  • Pindahkan file dari penyimpanan browser ke folder penyimpanan komputer

#2. Melakukan Ekstrak Font 
Melakukan-Ekstrak-Font

Setelah melalui proses pencarian pengunduhan hingga memastikan file tersimpan pada storage PC, Maka selanjutnya adalah melakukan ekstrak terhadap mode tulisan tersebut. Ekstraksi ini dilakukan agar data yang didownload dapat diinstal pada PC Anda.  Berikut langkah selengkapnya. 
  • Saat pertama di unduh file tersebut masih berupa rar
  • Klik kanan pada file tersebut
  • Lalu pilih Extract File
  • Lakukan ekstraksi menggunakan software khusus contohnya Winrar
  • Klik Ok
  • Selanjutnya pilih file dengan ekstensi .ttf ataupun .otf.
  • Selesai

#3. Menambah Banyak Font Sekaligus

Jika anda memiliki lebih dari satu incaran font yang ingin dimasukkan dalam software Photoshop maka hal tersebut bisa dilakukan sekaligus. Dengan demikian tidak perlu mengunduh dan mengekstrak secara manual satu persatu.  Berikut langkah selengkapnya. 
  • Unduh beberapa file font dari situs yang dituju
  • Kumpulkan seluruh unduhan dalam satu folder
  • Pilih semua folder unduh dengan tombol kombinasi Ctrl + A
  • Lalu Klik Kanan dan pilih Extract Files
  • Kemudian buka folder yang telah di generate
  • Ketik ekstensi font pada kolom pencarian yaitu .ttf
  • Pilih semuanya dengan tombol kombinasi
  • Selanjutnya klik kanan dan pilih unduh semua
  • Font dalam jumlah banyak pun telah terinstall

Referensi Tempat Unduh Font di Internet
situs-unduh-font

Dengan cara yang sederhana  sebagaimana petunjuk di atas maka anda akan segera memiliki banyak koleksi font menarik. Kumpulan koleksi yang banyak juga akan membantu memberikan hasil desain layout dan teks yang lebih menunjang sesuai bidangnya. Berikut referensi situs penyedia font. 

#1. Google Font

Google font menjadi salah satu situs penyedia berbagai font yang sangat populer. Pihaknya juga menawarkan CDN yang cepat dan nyaman. Kemudahan akses pada situs ini memungkinkan pengunduhan dan penggunaan font secara mudah. 
Selain itu Google font bersifat open source yang mengizinkan penggunanya mengakses untuk kebutuhan komersial. Adapun contoh-contoh font yang disediakan di antaranya seperti Montserrat, Open Sans, Roboto,  dan lain-lain. 

#2. Dafont

Dafont memberikan kemudahan akses bagi pengunjung dan siapa saja untuk mengunduh dan mencari font yang sesuai secara gratis. Pada umumnya seluruh font yang tersedia merupakan kategori penggunaan pribadi dan tidak dibuka secara komersial. 

Namun terdapat beberapa pilihan yang memiliki lisensi komersial. Adapun kelebihan yang dimiliki oleh situs ini adalah menyediakan font berdasarkan kategori tema. Dengan demikian akan memudahkan proses pencarian sesuai kebutuhan bidang pekerjaan maupun desain. 

3. Fontspace

Pada situs ini Anda akan dipersilakan memilih puluhan ribu model font secara bebas. Pihaknya mengklaim ada sekitar 32.000 font dengan beragam mode yang bisa menghasilkan tampilan teks lebih berkesan. Bahkan pihaknya memiliki ribuan desainer aktif yang menyumbangkan kreasinya. 

Jika Anda mendaftar sebagai anggota, maka berpeluang untuk membuat font kemudian mengunggah pada situs tersebut. Dengan demikian tak hanya menjadi wadah inspirasi namun penyedia sarana berkreasi serta memperkaya koleksi. 


#4. FontStruct

FontStruct hadir sebagai platform penyedia font berbagai jenis dan rupa dalam satu lokasi yang mudah dijumpai. FontStruct menampilkan sekitar 43.000 font dari para member, Anda juga dapat membuat font khas tersendiri dan menerbitkannya pada situs ini. 

Seluruh font tersedia bisa diunduh dan diaplikasikan pada berbagai media. Dari situs inovatif seperti inilah dapat bermunculan banyak creator dan font yang menginspirasi. Dengan demikian fasilitas pada website ini juga memberikan sarana yang fleksibel bagi banyak orang.

Demikian informasi cara menambahkan font di Photoshop untuk memberikan nuansa baru dan lebih menarik pada desain Anda. Gunakan pula beberapa referensi situs penyedia font di atas untuk kegiatan berburu mode tulisan favorit. Semoga informasi ini bermanfaat. 


By: WSM Project