Skip to main content

Berikut Contoh-Contoh Brosur, Serta Macam - Macam Jenisnya

Contoh Brosur  - Saat ini masyarakat banyak yaaang tertaarik untuk merintis usahaa baaik dibidang industri kreaatif maupun berbasis produk. Saat memasarkannya tentu memerlukan promosi. Oleh sebab itu, penting untuk mengetahui berbagai hal mengenai contoh brosur. 

Dibawah ini akan kami berikan contoh brosur dalam berbagai macam jenis mulai dari pendidikan, wisata alam, brosur laundry, Brosur Produk, Brosur Sekolah, Brosur Kesehatan. Banyak sekali pastinya dan disertai cara membuat. yuk mari di simak.

Beberapa Fungsi brosur

Brosur berfungsi untuk memperkenalkan suatu produk atau layanan kepada khalayak secara luas menggunakan media kertas yang diberi pelengkap berupa gambar dan teks. Hal ini bertujuan untuk menarik minat dan mempengaruhi. Berikut ulasan lengkapnya:

1. Fungsi Iklan

Media promosi saat ini cukup banyak salah satunya adalah brosur. Ada banyak pelaku usahaa yang masih menggunakan media tersebut meski sudah terdapat media digital berupa perangkat elektronik yang dipadukan dengan kecanggihan internet. 

Informasi di dalamnya sendiri cukup kompleks.
Ada beberapa informasi di dalamnya misalnya untuk makanan yaitu mulai dari harga, menu yang disediakan, promo jika ada, serta , lokasi. Banyak atau sedikitnya yang dimuat tergantung dari lebar brosur karena ada beberapa ukuran mulai dari kecil, sedang, besar, dan jumbo. 

2. Fungsi Informatif

Fungsi informatif sendiri berisi mengenai beberapa hal yang mencakup perusahaan misalnya perubahan lokasi, nama, atau membuka cabang baru. Hal ini bertujuan agar khalayak tidak salah apabila nantinya ingin membeli suatu produk maupun konsultasi mengenai kesehatan.
Sebagian besar desain dari brosur jenis ini yaitu lebih lebar dan isi tulisan yang disampaikan lebih informatif serta padat gambar. Pertimbangannya adalah tampilan visual lebih membawa pengaruh besar terhadap psikologi dari target audience yang menjadi bidikan.

3. Fungsi Identifikasi

Fungsi brosur ini mengedepankan pada nilai yang sama setiap tampilan nya, misalnya penggunaan logo dan warna sebagai ciri khas. Tujuan utamanya adalah untuk iklan baik bersifat konvensional maupun non konvensional. Jenis ini bisa difungsikan untuk layanan masyarakat atau pebisnis.
Dalam hal ini kredibilitas perusahaan sangat penting bagi brosur, sehingga tampilannya selalu mengedepankan identitas. Hal ini sebagai langkah awal untuk meluncurkan suatu bisnis baik dalam bidang layanan maupun produk. Sederhananya sebagai branding atau trik marketing.

Beberapa Ciri-ciri brosur

Brosur memiliki ciri khas yang membedakannya dengan alat promosi lainnya. hal ini menjadi ciri khas dan identitas sehingga sangat mudah dikenali oleh masyarakat dan tanpa adanya kesalahan atau tertukar penyebutan. Berikut ulasannya:
  1. Hanya satu kali digunakan.
  2. Desainnya dibuat menarik dengan layout yang rapi.
  3. Berisikan informasi mulai dari harga dan alamat.
  4. Isi yang disampaikan singkat dan jelas.

Apa saja Manfaat dari Brosur?

Manfaat brosur sendiri dalam kehidupan cukup banyak, salah satunya yaitu sebagai media komunikasi kepada audience. Keuntungan menggunakannya adalah bisa langsung melakukan tatap muka sehingga dapat mengetahui respon secara langsung.
Meskipun sudah mulai tergeser dengan adanya media digital, namun ada banyak masyarakat yang menggunakannya terutama dalam hal promosi. Alasannya yakni, karena berbentuk nyata sehingga bisa menjangkau banyak kalangan baik tua maupun muda.

Macam - Macam Brosur

Menjawab kebutuhan masyarakat yang semakin beragam, maka terdapat beberapa jenis browser yang bisa digunakan sesuai fungsinya. Umumnya perbedaan diantaranya terletak pada ukurannya. berikut beberapa diantaranya:
  1. Brosur lipatan W menggunakan ukuran 8,5 x 14 inch.
  2. Brosur lipatan gate-fold dengan ciri utama lipatan tiga.
  3. Brosur lipatan Z yakni memiliki dimensi 8,5 x 11 inch.
  4. Brosur lipat tiga merupakan model yang paling banyak digunakan oleh masyarakat.
  5. Brosur lipat dua dengan ukuran kertas A4 yakni 8,5 x 11 inch.
  6. Brosur lipatan Perancis dengan ukuran 8.5 x 14 inch.

Kelebihan dan Kekurangan Brosur

Kemajuan teknologi menjadi salah satu penyebab promosi melalui brosur semakin berkurang. Hal ini karena umumnya dana yang digunakan untuk membuatnya cenderung lebih besar dan hanya satu kali pakai. Maksudnya adalah jika terkena air atau disimpan terlalu lama maka akan pudar.

Berbeda dari informasi yang disebarkan melalui media digital yang bersifat lebih tahan lama dan dapat diakses kapanpun dan dimanapun selagi perangkat terkoneksi dengan jaringan internet. Meskipun demikian terdapat keuntungan, yaitu langsung berhubungan dengan target market.

Umumnya promosi yang digunakan pada brosur menggunakan sistem tatap muka secara langsung, sehingga bisa melihat tanggapan dan mimik wajah klien. Apabila ada perubahan ekspresi baik setuju atau tidak maka dapat mengidentifikasi penyebabnya secara lebih detail.

Cara membuat brosur yang menarik

Kemajuan perkembangan zaman saat ini dapat membantu Anda untuk memudahkan berbagai macam bidang pekerjaan termasuk desain. Anda dapat menerapkan aplikasi yang ada di ponsel atau PC, tergantung dari tingkat kenyamanan. Berikut cara membuat brosur di Ms. World:
  • Pada kolom pencarian carilah menu brochure.
  • Klik pilihan papan file.
  • Klik new from template.
  • Pilih desain brosur yang Anda inginkan.
  • Klik tombol creat.
  • Masukkan informasi yang ingin Anda muat.
  • Simpan desain yang sudah dibuat.
  • Caranya dengan klik file, kemudian pilih save as.
  • Namai sesuai dengan yang diinginkan dan tentu mudah diingat.
  • Brosur sudah jadi.

Jenis-jenis Brosur

Brosur yang tersebar di Indonesia saat ini cukup bermacam jenisnya baik berupa promosi atau tujuan sosial. Pemilihan warna dan layout dibuat semenarik mungkin untuk menggambarkan identitas lembaga di baliknya. Setiap yang digunakan seringkali memiliki makna. Berikut ulasannya:

1. Contoh Brosur Wisata Alam
Brosur Wisata Alam

Sebagai negara yang memiliki kekayaan alam melimpah tentu sering menemukan brosur wisata alam. tampilan di dalamnya cenderung menggambarkan kegiatan dan informasi berupa tiket masuk serta wahana misalnya seperti memanjat tebing, mendaki, dan spot foto menarik.

2. Contoh Brosur Minuman
brosur-minuman

Informasi yang dimuat dalam brosur minuman yaitu mulai dari harga, varian rasa,kata-kata promosi yang mempengaruhi, serta manfaat. Sebagian besar warnanya akan berpatokan varian rasa yang dikeluarkan seperti halnya air mineral maka cenderung ke perpaduan putih dan hijau.

3. Contoh Brosur Sederhana
Brosur Sederhana

Tujuan utama dari brosur adalah untuk memberitahukan suatu informasi dari produk atau layanan. Oleh sebab itu, poin yang terpenting adalah pesan di dalamnya tersampaikan dengan baik kepada khalayak atau target marketnya menggunakan desain sederhana dan simpel.

4. Contoh Brosur Laundry
Brosur Laundry

Beberapa waktu belakangan ini laundry merupakan salah satu usaha yang banyak digunakan terutama untuk wilayah perkotaan. Informasi yang termuat dalam brosur jenis ini mulai dari harga, pae layanan jam buka sampai tutup, dan kata-kata promosi.

5. Contoh Brosur Produk
Brosur Produk

Produk dalam hal ini cukup banyak jenisnya, sehingga saat akan membuatnya maka harus spesifik. Informasi yang disajikan bisa mencakup kata-kata untuk mempengaruhi, harga, serta tampilan visual sesuai dengan bidang dari suatu barang misalnya untuk kecantikan atau kesehatan.

6. Contoh Brosur Sekolah
Brosur-Sekolah

Informasi yang disajikan biasanya berupa penerimaan peserta didik baru, layanan yang diberikan, prestasi yang diraih, serta biaya keseluruhan. Penyususunannya sendiri cenderung lebih formal dengan kata-kata baku serta umumnya mencakup informasi lebih banyak daripada lainnya.

7. Contoh Brosur Kesehatan
Brosur-Kesehatan

Kesehatan merupakan hal yang perlu dijaga untuk meminimalisir terjadinya masalah dikemudian hari, karena bidang ini berkaitan dengan efek jangka lama. Adanya brosur kesehatan sendiri memiliki dua fungsi utama yaitu untuk promosi dan juga dalam hal mengedukasi masyarakat.

8. Contoh brosur makanan
brosur makanan

Di contoh brosur urutan kedelapan ada contoh brosur makanan, yang cocok kalian simak jika hendak akan membuat sebuah promosi cetak untuk bisnis anda 

Demikian penjelasan mengenai hal yang perlu diketahui sebelum membuat contoh brosur. Agar dapat mempengaruhi konsumen dengan baik, maka trik jitunya yakni sebelumnya tentukan target market secara jelas.

By: WSM Project
Comment Policy: HELP ME Gan. Tidak diperkenankan mengambil isi konten tanpa izin, Diperbolehkan dengan syarat menyertakan sumber..
- Jika ingin traktir admin kopi carannya cukup mudah loh.. Pause sejenak Adblock mu !
Buka Komentar