Skip to main content

7 Cara Mengecilkan File Word dengan Mudah, Secara Offline dan Online

wsmproject.com - Jika sobat sedang mengalami masalah tentang ukuran file word yang terlalu besar maka kalian datang di artikel yang tepat berikut adalah cara mengecilkan file word baik secara online ataupun offline.

Pasti kita semua dalam keseharian sudah tidak asing lagi dengan dokumen berformat .doc ini yang dihasilkan dari aplikasi Microsoft office. Dokumen ini sering kita jumpai dalam berbagai kesempatan. 

Semisal saat hendak akan mengirim pekerjaan, mengumpulkan tugas laporan ke asisten dosen dan bisa juga untuk keperluan kerjaan kantor, cara mengecilkan file word bisa menjadi solusi, karena 

Kadang hasil dari yang dihasilkan aplikasi word sangat besar, lalu bagaimana cara  mengecilkan ukuran file word.? simak lebih lanjut ya carannya akan ada dibawah ini. 

Terhangat minggu ini : Cara membuat watermark di word

Tools ini menjadi populer karena memang tools nya sangat bersahabat saat pemula pertama kali memakainya dan tiap tahun selalu mengeluarkan seri terbaru dan toolsnya juga bertambah. 

Tampilannya juga mengikuti perkembangan, mungkin karena itulah word bisa menjadi seperti saat ini.
Selain mudah dipakai untuk pemula aplikasi yang telah rilis perdana sudah 30 tahun lalu, masih muda admin haha. 

Selain word sebenarnya masih ada beberapa lagi aplikasi yang masih dalam satu keluarga seperti Exel, powerpoint dan masih banyak lagi, namun kali ini masih fokus membahas tentang office, tentang Mengecilkan file word.

Pada file office didalamnya tidak hanya ada kata-kata saja namun ada juga berupa gambar, Grafik, tabel dan bahkan di seri yang baru office word bisa di masukkan file tiga dimensi. 

Dengan banyak jenis file yang bisa di muat membuat file sangat oversize padahal jika di hitung-hitung ukuran file yang di buat tidak terlalu banyak.

Ada beberapa cara yang bisa di pakai agar supaya file tetap memiliki ukuran kecil menkipun sudah di masukkan gambar yakni dengan cara gambar di komversi terlebih dahulu, baik secara online atau dengan software khusus.

Oleh sebab itu dibawah ini akan kami bahas secara rinci tentang cara - cara mengecilkan ukuran file word, sehingga pemakaian lebih efektif saat akan hendak dikirim secara online tidak menghabiskan size, yuk simak dimari. 

7 Cara Mengecilkan File Word Secara Offline dan Online

Dibawah ini ada beberapa tutorial yang bisa kalian pakai tentang cara mengecilkan file word, seilahkan pilih sesuai dengan kondisi kalian, jika memang tidak memiliki aplikasi lain bisa memakai aplikasi online untuk ubah ukuran word online, jika tidak ada koneksi dan kebetulan di komputer kalian ada aplikasi untuk kompress file bisa juga kalian pakai. Selamat mencoba.

#Cara 1. Save ke Format DOCX 
Semenjak Office seri 2007 kebawah dokumen office word dulu disimpan dalam format docx. berbeda dengan seri office yang baru-baru sekarang di seri baru format word disimpan secara default ke format .doc.

Selain agar cocok/kompatibel dengan office versi lawas format docx, menghasilkan ukuran file yang lebih kecil, dokumen yang disimpan dengan format .doc memiliki ukuran sampai beberapa kilobyte sedangkan jika disimpan dengan format docx akan memiliki format lebih kecil dari file aslinya.

Lalu, pertannyaanya bagaimana jika dokumen sudah terlanjut disimpan dalam format doc, sangat gampang menyimpang dokumen dalam format docx, tidak perlu tambahan aplikasi apapun hanya simpan ulang saja dokumen tadi.,
memperkecil-ukuran-word

Ah tidak percaya min masak bisa ? Nah dibawah ini coba saya buktikan yah tidak hanya baca dari artikel web lain namun juga coba admin buktikan sendiri seperti gambar diatas

#Cara 2. Compress Gambar Saat dan setelah disimpan

Cara mengecilkan file word kedua yakni, saat sebelum kalian akan memasukkan gambar ke dalam dokumen Word, lakukan pengeditan di editor gambar terpisah. Jika sobat mengedit di dalam Word, hal tersebut akan mempertahankan versi ukuran asli dan akan membuat size dokumen menjadi lebih besar.

Sobat juga harus menggunakan menu Insert > Picture agar proses menambahkan gambar dari komputer Anda bisa menghemat lebih banyak ukuran, seperti JPG, alih-alih mempastekannya. Saat akan mempaste, Word menambahkan gambar sebagai PNG atau BMP, yang keduanya menggunakan banyak ukuran untuk menyimpan file.

Terakhir, pada menu Save As, Anda dapat:

  1. Memilih Tools> Compress Pictures 
    Cara-Mudah-Mengecilkan-Ukuran-file-Word

  2. Selanjutnya an memilih Resolution DPI yang kalian inginkan. 
    Cara-Mudah-Mengecilkan-Ukuran-file-Word
Tergantung pada dokumennya, jika ingin kecil maksimal silahkan save dengan DPI paling kecil. Anda mungkin bisa mendapatkan gambar berkualitas lebih rendah untuk menghemat lebih banyak ruang.

#Cara 3. Remove Font Embeds

Cara Mengecilkan File Word ketiga dengan remove font embeds. Jika Sobat font-font kustom dalam dalam dokumen dan seseorang yang tidak menginstal font tersebut membukanya, maka hasil dari dokumen tersebut tidak akan terlihat bagus, hasilnya akan terlihat acak-acakan. Untuk mengatasi ini, Word memungkinkan Anda menyematkan font di dokumen Anda sehingga berfungsi di mana saja.

Simak juga
 : 
 Cara Menambahkan Font di Office Word

Seperti yang bisa sobat perkirakan, kasus diatas akan memakan ruang lebih jika harus menyertakan font di dokumen untuk menghilangkan supaya font tidak ikut dengan dokumen berikut carannya:

  1.  Buka File> Opsi dan pada tab Simpan, pastikan untuk menghapus centang Sematkan font di file.
    Cara Mudah Mengecilkan Ukuran file Word

  2. Jika Anda harus memiliki font yang disematkan untuk file tertentu, Anda dapat memeriksa Jangan sematkan font sistem umum untuk menghilangkan font universal seperti Arial.

#Cara 4. tools www.compresss.com

Cara yang ke empat ubah ukuran word online ini dengan mamakai tool berbasis web browser dengan compresss.com, s nya ada tiga ya. 

Carannya pun juga terbilang simple dan mudah hanya perlu beberapa langkah singkat saja tidak sampai panjan, dengan tools ini kalian bisa merubah ukuran menjadi lebih kecil dari sebelumnya yuk simak carannya dibawah ini:

  1. Buka alamatnya di www.compresss.com 
  2. Setelah kalian membuka alamat webnya, silahkan menuju menu bagian samping, dibagian ada beberapa jenis file yang bisa di convert pilih bagian yang Dokumen >> Word
    CaraMengecilkan Ukuran file Word
  3. Dengan web ini kalian bisa maksimal convert file sampai 100 files dengan maksimal ukurannya 40mb, sudah termasuk cukup lah ya untuk convert dokumen untuk kebutuhan sehari-hari
  4. Drag dan drop dapa kolom yang sudah disediakan atau bisa juga klik bagian tulisan "Drop Word documents here (Up to 100 files, 40 MB each."
    Cara-Mudah-Mengecilkan-Ukuran-file-Word

  5. Jika sudah berhasil uploud dokumen pada bagian Compression Settings: isi dengan seberapa kecil ukuran dokumen kalian di kompress semakin kecil Image Quality dan DPI maka file akan semakin kecil, namun juga harus diperhatikan supaya tidak terlalu kecil karena jika terlalu kecil maka gambar yang berada di dokumen akan ngeblur.
    Cara Mudah Mengecilkan Ukuran file Word
  6. Langkah terahir jika sudah tinggal kalian klik bagian file name untuk mengunduhnya. Silahkan bisa coba saksikan perbedaan output filenya saat masih asli dan setelah sesudah di compress, seperti contoh dibawah ini yang awal filenya berukuran 200kb an menjadi 89kb an.
    Cara Mudah Mengecilkan Ukuran file Word

#Cara 5. Menggunakan Tools wecompress.com/en/

Cara mengecilkan file word nomor lima dengan cara memekai wecompress.com/en/.Mirip dengan cara ke empat sistemnya karena berbasis online, hanya berbeda alamat web saja dan langkah langkahnya juga tidak jauh beda cara ke lima ini bisa kalian jadikan pilihan kedua jika salah satu layanan online Mengecilkan Ukuran file Word, ada yang mengalami gangguan.

Bukan berarti cara berbasis online kedua ini kurang bagus, namun sama-sama bagus. semua memiliki kekurangan dan kelebihannya masing-masing berikut carannya: 

  1. Kunjungi alamat webnya  di www.wecompress.com/en/ 
  2. Langkah kedua jika sudah berada di websitenya silahkan klik tanda + yang ada di tengah-tengah
    kompres-ukuran-file-doc-online

  3. Pilih file kalian yang hendak akan kalian perkecil ukurannya.
  4. Jika sudah ter uploud maka file juga secara otomatis akan terkompress, semisal seperti file yang admin coba dibawah ini yang semula memiliki ukuran 23,3 megabyte setelah di kompress menjadi hanya 800kilobyte sangat drastis kan ukurannya.
    kompres-ukuran-file-doc-online

  5. Jika sudah tinggal kalian klik download saja

#Cara 6. Convert gambar masal di Format factory

Berbeda dengan cara - cara sebelumnya dengan cara ini kita terlebih dahulu harus memiliki aplikasi format factory, dimana fungsi dari aplikasi ini sendiri adalah untuk memperkecil/kompress file yang sebelumnya besar menjadi kecil. 

Disini kita akan kompress file yang hendak akan dimasukkan di word ya buka kompress file wordnya secara langsung karena aplikasi ini tidak mendukung format.doc atau docx. Tidak hanya bisa untuk gambar yang hendak di masukkan ke word beberapa file lain seperti video bisa kalian kompress dengan aplikasi ini.

Carannya juga tidak sulit, cukup dengan kalian sediakan file yang hendak akan kalian masukkan ke word, lebih jelasnya mari kita simak :

  1. Buka aplikasi format factory terlebih dahulu jika belum punya bisa kalian download terlebih dahulu.
  2. Buka pada bagian menu picture >> pilih format file nya jika sebelumnya PNG ingin ke JPEG juga bisa atau sebaliknya.
    memperkecil-ukuran-word

  3. Klik Add file tambah kan file yang sudah kalan kelompokkan tadi.serta atur output setting ke ukuran yang lebih kecil
    Cara-Mengecilkan-File-Word

  4. Jika sudah klik tombol start maka proses kompress akan berjalan, tunggu beberapa saat sampai selesai prosesnya.
  5. langkah terahir buka di folder format factory yang secara default berada di disk D/E kalian, serta file siap kalian pakai.
    Cara Mengecilkan File Word

#Cara 7. Kompess File Word dengan RAR

Cara mengecilkan file word urutan terahir ini bisa kalian memakai gadget/hp android dan juga bisa juga memakai laptop sama saja, tergantuang kalian memiliki laptop atau hp. jika admin sendiri lebih suka memakai HP ya. tanpa berlama-lama lagi berikut carannya.
  1. Kalian harus memiliki aplikasi winrar terlebih dahulu jika belum silahkan download secara gratis di playstore jika kalian pemakai android jika memakai laptop bisa search di google dengan keyword winrar.
  2. Select/pilih dokumen yang hendak akan di kompress.
    Cara-Mengecilkan-File-Word

  3. Klik kanan pada mouse >> add to archive
  4. Disana akan muncul jendela pengaturan baru pilih format archive san ukuran jenis kompressinya disini admin memakai ukuran best dan format rar. zip juga bisa , jika rar memiliki konversi hingga 70% jika zip hanya sampai 60% saja.
    Cara-Mengecilkan-File-Word

  5. jika sudah klik Ok.

Penutup

Diatas adalah 7 Cara Mengecilkan File Word dengan Mudah, Secara Offline dan Online silahkan sobat pilih yang sekirannya sesuai dengan kondisi kalian paling nyaman memakai yang mana karena kenyamanan mengalahkan segalanya.

Diatas bisa kalian gunakan secara online dan offline, yang bisa dipakai untuk kompres ukuran file doc online dan memperkecil ukuran word secara offline, semoga berguna dan bermanfaat terimakasih sudah mampir, sekali-kali share yah..agar teman kalian tau apa yang kalian tau, kata admin channel youtube calon sarjana kayak itu jika mungkin sering dengar.😆
Comment Policy: HELP ME Gan. Tidak diperkenankan mengambil isi konten tanpa izin, Diperbolehkan dengan syarat menyertakan sumber..
- Jika ingin traktir admin kopi carannya cukup mudah loh.. Pause sejenak Adblock mu !
Buka Komentar