Skip to main content

Cara Menambahkan Font di Office Word

WSM Project - Berikut ini akan kami berikan cara menambahkan font di office word, mungkin kalian pernah mengalami kendala seperti, tidak bisa menemukan sebuah font yang ingin kalian pergunakan, di dokumen anda di program Microsoft Word? berikut akan admin berikan cara menambahkan font di komputer sekaligus word juga.

Sebenarnya terbilang mudah cara menambahkan font di word ini, karena apabila kita install font di komputer, maka font tersebut juga secara otomatis menambahkan di aplikasi office word juga, karena memang Installnya masih dalam satu sistem operasi maka font akan otomatis terdeteksi di berbagai software, tidak hanya office saja.

Langkah awal yang harus di lakukan adalah download font dari internet dan meletakkannya di folder sistem font, dan tinggal kalian memakainya pada dokumen kalian, begitu singkatnya. Gimana sangat mudah sekali kan.? 

Langkah-langkah di bawah ini menjelaskan cara menambahkan font baru ke Office Word yang harus melewati beberapa langkah-langkah sebalumnya. Berikut beberapa yang harus diperhatikan sebelum menambahkan font baru ke Microsoft office word.
Apabila akan membagikan dokumen yang memakai font baru, yang telah kalian dapatkan, hendaknya sertakan juga font tersebut, bersamaan dengan dokumennya karena komputer rekan kalian belum tentu memiliki font itu, jika tidak maka font akan missing/hilang. dan pastinya akan terlihat aneh sekali jika dilihat.
Oleh karena itu, saat kalian membagikan dokumen, bagikan juga font yang baru saja kalian download, dibawah ini langkah-langkah supaya hasil download font untuk Microsoft Word bisa tampil.

#1. Unduh dan Install Font di Komputer Anda

Sempat admin ulas sedikit diatas bahwa, jika font yang tampil di office word tersebut maka font harus diinstall terlebih dahulu di sistem operasi. Word tidak memiliki ruang tersendiri untuk menyimpan font, Program office word menjadi satu dengan sistem operasi windows.

Jika mendownload font dan menginstallnya di Sistem operasi kalian yang berada di folder sistem yang ada di drive C. Jika belum memiliki font yang diinginkan silahkan download fontnya terlebih dahulu jika sudah tersedia kalian tidak perlu lagi mengunduhnya.

Dibawah ini merupakan langkah-langkah cara mendownload dan install font di komputer kita:
  1. Tutup Program yang hendak dipakai khususnya disini Microsoft Word apabila program tersebut sedang berjalan.
  2. Silahkan buka situs penyedia font gratis yang sudah banyak bertebaran di internet, atau lebih gampangnya bisa kalian kunjungi Situs penyedia font yang sudah berhasil kami himpun khusus untuk kalian.
  3. Kebanyakan font hasil download masih dalam format .Zip. Maka Ekstrak terlebih dahulu supaya font bisa dipergunakan, jika format font sudah TTF atau OTF tidak perlu lagi di extrak.
    cara-menambahkan-font-di-laptop

  4. Langkah keempat, klik dua kali pada file font yang sudah berhasil diekstrak tadi dan selanjutnya akan terbuka jendala baru seperti gambar dibawah ini. 
    cara-menambahkan-font-di-office-word

  5. Klik tombol yang bertuliskan Install di bagian atas untuk menginstal font Anda. Tombol akan berwarna abu-abu saat font diinstal. Sobat perlu melakukan hal di atas untuk setiap font yang ingin Anda gunakan di Microsoft Word.

#2. Tambah dan Gunakan Font yang Diunduh di Word

Jika sudah berhasil install font baru yang di download tadi maka font siap dipakai dan di gunakan untuk Microsoft Office Word, Di tahap ini font sudah berhasil di muat di sistem dan tinggal hanya memakai saja di program office word kalian.

Untuk lebih jelasnya begini cara memakai font baru yang telah diintsall kemudian dipakai untuk office berikut langkah-langkahnya:
  1. Buka Salah satu file dokumen office word kalian atau bisa juga membuat baru.
  2. Klik tab Home di bagian atas jika kalian belum berada di posisi home.
  3. Klik ikon panah di sebelah nama font Anda saat ini untuk melihat font yang tersedia dan khususnya font yang telah di install tadi.
    cara-install-font

  4. Anda harus menemukan font yang baru diinstal dalam daftar. Jika Anda tidak dapat menemukannya, ketikkan nama font di kotak dan Word akan mempersempit daftarnya untuk Anda.
  5. Setelah Anda memilih font, Anda dapat mulai mengetik dengan font tersebut di dokumen Anda.
    Cara Menambahkan Font di Office Word

  6. Jika Anda ingin menggunakan font baru ini untuk teks yang sudah ada, cukup pilih teks itu menggunakan mouse Anda dan kemudian pilih font yang baru Anda tambahkan dari menu font di bagian atas. Teks Anda sekarang akan menggunakan font pilihan Anda.

#3. Cara Hapus Font yang Diunduh Dari Word

Jika sobat sudah tidak menyukainya dan jarang memakai font yang telah di download tadi, kita bisa menghapusnya supaya tidak ada lagi di office word, karena jika font terlalu banyak di sistem akan memepengaruhi kinerja, semakin banyak font maka sistem akan bekerja lebih banyak. 

Font sedikit cocok untuk ram komputer kecil, Jika ram besar tidak masalah install banyak font. Hapus saja font yang sudah lama tidak terpakai di sistem kalian karena itu akan memperlambat kinerja Windows mu. Dibawah ini cara Uninstall font dari word mu:
  1. Tekan tombol Windows pada keyboard dan klik ikon roda gigi untuk membuka Pengaturan.
    Hapus Font yang Diunduh Dari Word

  2. Ketikan "Font" di kolom pencarian.
    Hapus Font yang Diunduh Dari Word

  3. Pilih menu Font Setting dari hasil pencarian tadi
  4. Semua font yang Anda instal akan muncul di panel ini. Klik font yang ingin Anda hapus di daftar ini.
    Hapus Font yang Diunduh Dari Word

  5. Klik font untuk dihapus
  6. Akan terbuka jendela layar baru yang menampilkan informasi font Anda akan terbuka. Di sini, klik tombol yang bertuliskan Uninstall untuk menghapus font yang dipilih dari komputer kalian.
    Hapus Font yang Diunduh Dari Word

  7. Klik Uninstall lagi untuk menghapus font secara permanen dari sistem Anda.

Penutup

Diatas merupakan cara menambahkan font di office word yang sebenarnya mudah cukup unduh dan install font di komputer anda, maka akan secara otomatis font nambah di word kalian, serta penjelasan tentang cara Uninstall font dari microsoft word kalian.

Semoga tutorial ini berguna dan bermanfaat jangan lupa share agar teman kalian yang membutuhkan supaya tau apa yang kalian tau, 
Comment Policy: HELP ME Gan. Tidak diperkenankan mengambil isi konten tanpa izin, Diperbolehkan dengan syarat menyertakan sumber..
- Jika ingin traktir admin kopi carannya cukup mudah loh.. Pause sejenak Adblock mu !
Buka Komentar