Skip to main content

Layout adalah, Apa perbedaan desain dengan layout?

Layout adalah seni menata atau penempatan sebuah elemen-elemen dalam media bisa berupa cetak atau digital untuk mendukung sebuah pesan yang terkandung didalamnya. Posisi antar elemennya dan keseluruhan komposisi layout yang diatur sedemikian rupa dan baik pasti akan memepengaruhi audience yang menyaksikannya. 

Dalam kasus ini konsumen menjadi tertarik membeli produk setelah melihat iklan dari sebuah iklan di instagram. Visitor website bisa memahami isi konten dengan cepat dengan membaca data yang disajikan dengan infografik, dari contoh-contoh diatas layout memiliki peran penting dalam desain visual.

Apa perbedaan layout dengan desain ?
Apa perbedaan layout dengan desain ? ada mungkin ungkapan layout adalah desain itu sendiri namun dalam buku Surianto Rustan dijelaskan, Di area desain Kominikasi Visual (DKV) desain grafis., Layout sendiri merupakan salah satu tahapan atau proses dari desain, Ibarat kata desain adalah arsiteknya sedangkan layout adalah yang melaksanakan pekerjaannya.

Nah itulah perbedaan layout dan desain, layout adalah bagian dari desain jadi layout tidak bisa dikatakan sama dengan mendesain, 

Lalu seperti apakah karya layout itu ada berapa jeniskah? Pada umumnya karya desain cetak maupun digital, bisa dibagi dalam dua macam yakni karya single panel dan karya multi panel.

Karya single panel
Karya yang jumlah dari panelnya hanya terdiri dari satu saja, tidak lebih dari itu contohnya disini bisa kita saksikan sebuah postingan foto di instagram / postingan instagram untuk contoh media digitalnya. 
single panel
Sumber : @logobrainy

Sedangkan untuk media digitalnya bisa berupa  desain poster 1 halaman A2 yang di foto kopi jadi banyak.

Karya Multi panel
Jika single panel hanya satu panel di multi panel ini lebih dari satu tapi dari antar panel itu masih memiliki kesinambunga antar satu dengan yang lainnya. Salah satu contoh yang bisa kita saksikan adalah sebuah buku cetak atau tabloid untuk media cetaknya. 
karya multi panel
Sumber : fashword.id

Sedangkan media digital bisa berupa landing page website aplikasi. Beda dengan single panel, multi panel ini harus menerapkan prinsip-prinsip yang sangat kompleks


Apa Saja Prinsip Dasar Layout?
Prinsip ini sering dipakai dalam proses penyusunan elemen-elemen untuk menciptakan layout yang bisa menggiring audienceuntuk lebih mudah dalam memahami apa maksut dari kandungan karya kita.

  1. Kesederhanaan
    Prinsip pertaman ada Kesederhanaan Ini berkaitan erat dengan persepsi orang secara umum dalam memperoleh informasi ini.Karena setiap audience pasti ingin informasi yang mudah untuk dipahami. Namun demi kesederhanaan perhatian juga harus diberikan pada segmen di mana informasi dikirimkan.

  2. Kontras
    Prinsip kedua ada kontras. Yang juga sangat penting untuk menarik sebuah perhatian indera pembaca serta sangat erat kaitannya dengan cahaya dan warna, pasti adal elemen yang lebih di kontraskan dan tidak.

  3. Keseimbangan
    Prinsip ketiga ada keseimbangan. Keseimbangan dapat berupa keseimbangan formal dengan pengaturan simetris. Pengaturan simetris memberikan kesan formal, seimbang, dapat dipercaya, dan sehat. Sebaliknya, pengaturan asimetris sering digunakan untuk menggambarkan pesan yang dinamis, energetik, dan informal.

  4. Keharmonisan
    Prinsip ke empat ada keharmonisan, Prinsip keharmonisan ini lebih menekankan pada keselarasan antar elemen satu dengan elemen yang lainnya supaya tercipta layout yang sesuai.

  5. Stressing
    Yang terahir ada Stressing berkaitan dengan kemampuan tertentu dari yang di tampilkan sehingga menjadi beberapa point untuk difokuskan supaya lebih mendapatkan perhatian dari audience.

Diatas adalah sumber yang kami perolah dari media mbah google, dan dibawah ini ada sumber yang berhasil kami himpun secara cetak yang admin sajikan, silahkan bisa kalian jadikan referensi tentang prinsip layout dan sekaligus bisa dipakai untuk desain.

Apakah sebenarnya prinsip desain dalam layout itu? sebenarnya gambaran sederhana dalah desain sebetulnya merupakan macam-macam persepsi yang ingin ditanamkan seorang desainer ke benak para audience mereka, sedangkan persepsi yang ditimbulkan itu merupakan hasil yang diperolah dari penataan atribut elemen-elemen desain.

Desainer diwajibkan memeilih elemen dan atribut desain yang tepat supaya persepsi yang di timbulkan sesuai dengan apa yang diharapkan. Prinsip layout dibawah ini bersifat universal berlaku juga di prinsip desain grafis. apa saja itu ? berikut adalah rinciannya :
  1. Emphasis : Penekanan
    Empasis sendiri merupakan penegasan titik fokus visual pada area tertentu di layout supaya fokus audience jika pertama kali melihat terfokus disana.
  2. Sequence : Urutan perhatian
    Sequence adalah sebuah urutan perhatian audience dari satu arah ke arah yang lain  dalam sebuah layout, yang pasti urutan itu setelah perhatian terjutu dari poin yang pertama tadi.
  3. Balance : keseimbangan
    Yang ketiga ada balance dalam bahasa indonesia sendiri balance adalah keseimbangan, bukan merek sepatu ya,😆 .  Seimbang antara elemen satu dengan yang lain
  4. Unity : kesatuan
    Sedangkan Unitiy merupakan kesatuan keseluruhan dari elemen-elemen desain yang ada 
Nah diatas adalah merupakan pengertian dari layout serta perbedaan dari layout dengan desain, semoga bisa menjawab dan membantu kalian memperoleh informasi seputar layout dan tipografi.

Referensi : Sumber : Layout 1, Suriyanto rustan
Comment Policy: HELP ME Gan. Tidak diperkenankan mengambil isi konten tanpa izin, Diperbolehkan dengan syarat menyertakan sumber..
- Jika ingin traktir admin kopi carannya cukup mudah loh.. Pause sejenak Adblock mu !
Buka Komentar