Skip to main content

2 Cara Membuat Sertifikat di Word untuk Pemula

WSM Project
Pada kesempatan kali ini kita akan belajar Cara Membuat Sertifikat di Office Word cocok untuk yang masih pemula. Seperti yang kita ketahui bersama sertifikat sendiri adalah sebuah selembaran dokumen yang dibuat sebagai bukti atas kepemilikian sebuah benda atau keahlian/keikutsertaan seseoraang dalam sebauh acara, namun tidak semua kadang memperoleh sertifikat tergantung dari panitia penyelengara.

Oleh sebab itu karena seringnya dipakai dalam berbagai acara dan kesempatan kadangkala kita dituntut harus bisa membuat desain sertifikat, apalagi jika kita menjadi panitia sebuah acara di sebauh organisasi kampus atau organisasi extra lainnya, Apa saja software yang bisa dipakai untuk membuat desain sertifikat.?

Ada banyak software yang bisa dipakai baik itu berbasis aplikasi browser yang harus online atau Aplikasi berbasis dektop komputer yang offline juga bisa dipergunakan. Mengingat perkembangan jaman saat  ini yang semakin pesat, di Gadget pun juga sudah bisa sebenarnya, namun semua kembali lagi ke user lebih nyaman memakai yang mana disesuaikan dengan situasi serta kondisi yang dialami.

Di kesempatan kali ini kita akan membahas cara membuat sertifikat di word 2019, Kenapa harus word ? karena word aplikasi dekstop yang sangat Populer dan pasti semua kalangan bisa mengoperasikannya, beda dengan aplikasi CorelDraw ataupun Photoshop, yang tidak banyak orang familiar dengan software itu.

Namun kedepannya admin juga akan memberikan cara membuat sertifikat di beberapa sofware lain selain Office. Yah tanpa berlama- lagi mari kita langsung saja bagaimana cara Membuat Sertifikat di Office Word 2019, tidak hanya satu cara namun dua metode sekaligus, Gimana coba admin kurang baik apa ..😆

2 Cara Membuat Sertifikat di Office Word

Membuat sertifikat di Word memang gampang-gampang susah, terlihat gampang memang, namun jika langkah-langkahnya kurang tepat akan mengalami kendala pastinya. dibawah ini ada beberapa cara membuat sebuah desain sertifikat  di Word 2019, untuk seri office dibawahnya atau di atasnya bisa juga memakai tutorial ini namun kami sarankan serinya tidak terlalu terpaud terlalu jauh.

#1. Cara Membuat Sertifikat di Word dengan template online

Cara pertama ini mengharuskan kalian untuk mengoneksikan terlebih dahulu laptop/komputer kalian dengan jaringan internet jika tidak maka tidak akan bisa.

-1. Buka aplikasi office kalian disini admin memakai Office word 2019, kemudian buka menu file di pojok kanan, bertuliskan file
cara-membuat sertifikat-di-word

-2. Pada langkah kedua ini Pilih bagian Tab New yang berada dibawah menu Home, Lebih jelasnya bisa kalian simak gambar dibawah ini, kemudian kalian akan menjumpai mirip seperti kolom pencarian google namun disini bedanya hanya mencari dalam database office, 
cara-membuat-sertifikat-di-word

-3. Ketiikan certificate pada kolom pencarian tadi, setelah diketikan maka akan muncul berbagai macam jenis desain sertifikat, ingat ya pastikan laptop/komputer terkoneksi terlebih dahulu dengan jaringan internet.
Cara-Membuat-Sertifikat-di-Word

-4. Pilih desain sertifikat dengan selera kalian karena akan banyak desain yang muncul juga dari hasil pencarian tadi.

-5. Jika sudah memilih desain yang di inginkan maka akan muncul sebuah tab baru, pilih saja Create, supaya desain yang telah kita pilih dadi muncul di halaman lembar kerja office kita.
Cara-Membuat-Sertifikat-di-Word
-6. Langkah terahir hanya perlu setting  template diatas agar sesuai seperti format yang sudah disesikanpada template, seperti nama penerima , judul sertifikat, tanda tangan panitia  dan lain-lain.
tutorial-membuat-sertifikat-di-word

-7. Jika semuanya sudah sesuai dan lengkap tinggal sesuaikan ukuran kertas kemudian cetak, jadilah sebuah sertifikat dari hasil edit memakai word. jika ingin mengetahui seputar ukuran kertas yang sesuai bisa menyimaknya di bagian ukuran kertas.

Diatas merupakan cara pertama untuk membuat sertifikat di word cara diatas termasuk mudah sekali banyak juga tutorial yang mengajarkan cara membuat sertifikat selanjutnya dengan cara kedua yang tidak kalah mudah, dan masih sedikit yang memakai carai ini. 

#2. Cara Membuat Sertifikat di Word dengan manual 

Di cara kedua ini sobat hanya perlu mengabungkan beberapa shape serta teks dan mengatus posisi dari masing-masing elemen agar mudah untuk dibaca.

1. Buka apliasi Office Word kalian, Setting ukuran kertas pastikan sesuaikan dengan ukuran sertifikat yang di tetapkan sebelumnya.
cara-membuat-sertifikat

2. Kreasikan desain kalian gabungkan shape dan teks supaya mudah dibaca bagi yang melihat.untuk menu shape bisa kalian coba dan pakai di menu insert selanjutnya pilih shape


3. Pastikan elemenp-elemen sudah presisi berada di tengah tidak miring miring.
cara-mudah-membuat-sertifikat

4. gabungkan pastikan sudah harmonis, karena ini hanya sebagai contoh untuk pemula admin hanya membuat yang sangat simple dan sangat mudah untuk dicoba dan di praktiikan.
cara-buat-sertifikat

4. Export/cetak 
contoh-desain-sertifikat
Ingin file dari tutorial diatas Download saja disini : Download sertifikat word [doc] 
Demikian cara kedua Membuat Sertifikat di Word untuk Pemula. Bagaimana sangat mudah sekali kan, jika memang belum sempat ada waktu untuk membuat secara manual bisa memakai cara yang pertama, namun jika ingin sebuah template yang masih belum ada sebelumnya bisa kalian pakai cara yang kedua.

Kemudian jika peserta sebuah acara/seminar sangat banyak bahkan sampai beratus-ratus jika kita melakukan input manual rasanya pasti akan capek sekali, lalu bagaimana agar tidak harus input satu per satu supaya tidak capek. Mari simak dulu ya carannya akan ada di tutorial berikutnya.


Sekian rangkaian tutorial dari kami mengenai 2 Cara Membuat Sertifikat di Word untuk Pemula semoga bisa mempermudah kalian dalam mengatasi dalam pembuatan sertifikat. kami juga menyediakan template sertifikat, silahkan search saja di bagain kolom komentar ya. terimakasih. apabila ada pertanyaan seputar artikel diatas silahkan komen saja dibawah pasti akan admin balas
Comment Policy: HELP ME Gan. Tidak diperkenankan mengambil isi konten tanpa izin, Diperbolehkan dengan syarat menyertakan sumber..
- Jika ingin traktir admin kopi carannya cukup mudah loh.. Pause sejenak Adblock mu !
Buka Komentar