Skip to main content

Cara Membuat Mail Merge di Word

wsmproject.com
- Pernahkah kita mengalami kesulitan saat akan mencetak file sertifikat karena harus input nama satu-persatu sedangkan jumlah dari penerimanya ada lebih dari 100 atau bahkan ribuan pasti akan sangat melelahkan dan dangat menguras tenaga, apalagi jika ngetiknya masih pakai sebelas jari, alias satu ditambah satu hhhh... Nah di tutorial ini kita akan mempelajari Cara Membuat Mail Merge di Word.

Bagi kalian yang akan hendak mencetak baik untuk sertifikat, artikel ini akan sangat berguna. Ow iya beberapa waktu lalu admin membuat tentang cara membuat sertifikat di word. Fitur otomatis ini dinamakan mail merge. Mail merge sendiri merupakan  Tools ini sifatnya auto-aotuan pasti seneng kan kalian. Mail marge sendiri adalah sebuah fitur yang dapat mempermudah kita untuk pembuatan nama-nama orang saat jumlahnya sangat banyak.

Dengan fitur ini kita cukup hanya melakukan switch data dari penerima lalu tinggal mencetaknya. Apakah terlihat rumitkan?, namun tenang dengan adannya artikel ini akan kami jelaskan dengan sederhana dan mudah cocok untuk pemula. 

Kita memerlukan data dari exel untuk membuat mail merge di word dengan bantuan aplikasi exel. Sebelum lebih dalam ke tutorial inti, mari kita cari tahu dulu apa sebenarnya mail merge, fungsinya dan Langkah-langkah membuat mail merge di word ?. 

Apa Pengertian Mail Merge ?

Seperti yang sudah admin bahas sedikit diatas Mail merge merupakan sebuah fitur khusus ini memiliki fungsi untuk membuat surat elektronik yang mempunyai tampilan  sama, hanya beda pada biodata diri saja, seperti nama, tempat tanggal lahir, atau bisa data lain yang memiliki perbedaan. Berikut beberapa dokumen yang dapat memakai fitur mail merge:
  • Sertifikat
  • Undangan
  • Ijazah
  • Pesan Email
  • Surat
  • Faktur dan matapelajaran
  • Envelopes
Diatas adalah penerapa dokumen yang bisa memakai mal merge. Dengan hanya membuat satu tampilan saja bisa dipakai untuk banyak sekali penerima yang hanya beda pada data tertentu saja, gimana sudah jelas kan tentang pengertian mail merge.?.

Apa Saja Fungsi dari Mail Merge ?

Setelah memahami arti dari mail merge berikut ini ada beberapa funsgi dari mail merge sangat tidak sedikit bisa kita rasakan jika dipakai dalam cetak mencetak.
  • Bisa mengoreksi isi dari surat dengan database yang sudah dibuat sebelumnya. Contonya saat kita  membuat surat undangan untuk 200 orang tamu undangan, karena itu Anda perlu membuat standar isi suratnya seperti apakah dan membuat 200 data penerima untuk databasenya. Semuanya bisa dikaitkan dengan fitur feature mail merge.
  • Memudahkan dalam pengerjaan surat dengan standar isi yang serupa tetapi untuk identitas yang menerima yang berbeda.
  • Sangat dapat diandalkan untuk menulis nama di sertifikat, undangan, pesan email, ijazah dan lainnya

File apa saja yang dibutuhkan untuk membuat mail merge?

  1. File Dokumen Inti, yang berisi tampilan file sebagai tempat untuk meletakkan nama-nama bisa juga disebut dengan template.
  2. Sumber Data , Yakni berisi data data yang isinya beda nantinya saat dicetak di file dokumen inti tadi.

Langkah-langkah Cara Membuat Mail Merge di Word

Tiba sudah saatnya inilah cara membuat mail merge di word, yang harus dilakukan pertama apa adalah sebuah biodata yang dalam jumlah banyak.
 
Bagian 1: Buat sumber data terlebih dahulu
Buat daftar nama yang akan kalian jadikan nama-nama yang tercetak di dalam dokumen utama/inti, buatnya di ms Exel dan juga simpan file dengan nama sesuai keinginan kalian.

cara-membuat mail-merge

Bagian 2: Buat desain dokuen utama
Pada bagian pertama sudah membuat data dan selanjutnya di bagian kedual ini pastikan sudah membuat desain untuk meletakkan nama-nama di bagian pertama
cara-membuat-mail-merge
Jika belum punya bisa download file nya terlebih dahulu disini

Bagian 3: Menghubungkan File list nama dengan dokumen utama
Cara Membuat Mail Merge di Word langkah ketiga ini merupakan bagian utamanya, dimana kita harus menghubungkan nama-nama yang sudah kita buat tadi dengan file utama. 
  1. Silahkan kalian buka menu Maillings, Kemudian selanjutnya pilih Select Recipients yang dimana pada menu ini masih dalam bagian dari start mail merge. Setelah sobat klik Select Recipients akan keluar menu dropdown, lalu pilih Use Existing List
    cara-membuat-mail-merge-word

  2. Selanjutnya di langkah kedua untuk menghubungkan file yang telah kita buat untuk mail merge, cukup pilih file list nama-mana exel yang sudah kita buat tadi.
    langkah-langkah-membuat-mail-merge

  3. Bila sudah muncul kotak diskusi Select Table, pilih worksheed yang berisi data untuk mail merge. Umumnya ada pada sheet1. Tetapi bila kamu melakukannya di sheet2, karena itu tentukan yang sheet2$. Janganlah lupa untuk memberikan tanda contreng pada First row of data contains column headers. Kemudian click OK.
    langkah-langkah-membuat-mail-marge

  4. Selamat data kalian sudah saling terhubung dari file data ke file utama sertifikat tadi. sampai disini kalian sudah tinggal menyesuaikan sedikit saja.
  5. Di langkah nomor lima ini posisikan kursor mouse mu pada bagian kolom Nama, kemudian pada menu  Insert Merge Field klik opsi Nama. 
    Cara-Membuat-Mail-Merge-di-Word

  6. Gunakan tanda panah kekiri dan kesamping untuk menmilih nama yang kamu inginkan.
    Cara-Membuat-Mail-Merge-di-Word
  7. Lalu nama akan berubah seperti gambar diatas bila panah kalian klik.

Penutup

Demikian Cara Membuat Mail Merge di Word, cukup hanya sekali beberapa langkah saja  langsung bisa terhubung tanpa harus melakukannya dengan cara manual, semoga berguna dan membantu tuturial kali ini untuk kalian semua.

Mudah-mudahan dapat menolong dan memudahkan pekerjaan Anda, terutamanya yang bergerak pada kalian yang sedang merintis usaha jasa cetak-mencetak undangan dan sertifikat.
Comment Policy: HELP ME Gan. Tidak diperkenankan mengambil isi konten tanpa izin, Diperbolehkan dengan syarat menyertakan sumber..
- Jika ingin traktir admin kopi carannya cukup mudah loh.. Pause sejenak Adblock mu !
Buka Komentar