Skip to main content

Cara convert font menjadi path agar bisa di edit diAdobe Illustrator

Mengubah font jadi vector di ai
- Cara ini di pakai ketika saat melakukan editing sebuah font atau saat akan file, masuk ke percetakan dan biasannya meminta file mentahnya, disini tentunya supaya font tidak missing. dan agar lebih jelasnya apakah sebenarnya convert font di program grafis itu, setiap program grafis memiliki menu dan letaknya yang berbeda namun konsepnya tetap sama.
Seperti apabila di Adobe Illustrator ada menu expand supaya font yang masih aktif bisa menjadi path supaya bisa di edit dan di custome sesuai dengan keinginan dari sang desaner. Apapbila di Covert ada convert font yang pastinya secara kegunanaan juga memiliki fungsi yang sama.

Lalu apa sebenarnya convert font itu ? kenapa mesti kadang harus dipakai ? selain dari alasan-alasan diatas. Mungkin dari kita pasti prnha membuka file mentahhan desain seperti .cdr .AI yang kita kerjakan di laptop kita lalu ingin edit di laptop lain karena keadaan tertentu namun, ada nitif missing font. Atau kita mengalami font sudah tidak bisa diganti lagi saat kita membukannya. 

Tujuan intinya adalah supaya tidak terjadi missing font.karena apabila missing pasti akan berubah font yang terapakai dan itu akan membuat desain kita berubah juga. dan bahayanya lagi apabila sudah masuk percetakan pastinya apabila missing font akan menjadi salah cetak, karena font berbeda.

Langkah convert / expand font di adobe illustrator

#1. Langkah awal pastinya, buka program adobe illustrator anadalan kita semua

#2. Tentukan teks bagian mana yang ingin di rubah dalam bentuk path. Pilih dengan selection tool

#3. Kemudian klik menu Object > Expand
convert teks


#4. Langkah keempat kemudian akan muncul kotak dialog expand, centang Object dan fill kemudian klik Ok


#5. Apabila ada teks  banyak kadang belum bisa semua pastikan ulangi sekali lagi, apabila belum muncul menu dialog expand


Diatas adalah Cara convert font menjadi path agar bisa di edit semoga bisa menjawab keingintahuan kita bersama, selamat mencoba dan jangan lupa kunjungi tutorial dari kami di menu adobe illustrator terimakasihsudah berkunjung.


By: WSM Project
Comment Policy: HELP ME Gan. Tidak diperkenankan mengambil isi konten tanpa izin, Diperbolehkan dengan syarat menyertakan sumber..
- Jika ingin traktir admin kopi carannya cukup mudah loh.. Pause sejenak Adblock mu !
Buka Komentar