Skip to main content

Penjelasan Warna Primer, Sekunder, Tersier dan Netral + Contoh Gambarnya

Penjelasan Warna Netral, Primer, Sekunder, Tersier dan Contoh Gambarnya - Pada kesempatan kali ini admin ingin mencoba membahas tentang jenis-jenis warna yang ada yakni warna Primer, Sekunder, Tersier dan Netral untuk lebih jelasnya mari kita simak bersama.

Pastinya jika di pandang dengan kasat mata pasti banyak sekali jenis warna dalam kehidupan kita pasti mengenal warna biru serta juga warna hijau dan ada langgit yang berwarna jingga dan sedang berjumpa dengan teman mengebakan warna kaos hitam, namun apakah warna hitam bisa disebut dengan warna ? 

Warna hitam dan warna putih ada sebagian dari kita pasti menyebutnya warna namun ada sebutan yang lebih pas untuk kedua warna itu adalah warna gelap dan terang. Terang untuk putih gelap untuk hitam. dibawah ini ada beberapa penjelasan tentang warna.

Semua warna dapat  memberikan kesan dan identitas tertentu sesuai kondisi sosial pengamatnya. semisal warna putih akan memberi kesan suci dan dingin di daerah Barat karena berasosiasi dengan salju dikarenakan memang secara letak dibarat sering terkena salju.

Di bagian negara Timur warna putih memberi gambaran kematian karena berasosiasi dengan kain kafan karena sering juga di film-film hantu pocong memakai kain kafan warna putih meskipun secara teoretis sebenarnya putih bukanlah warna. dibeberapa artikel sebelumnya admin juga sudah membahas tentang warna yakni , cara membuat warna gradasi, kumpulan palet warna untuk inspirasi desain.

Untuk mengetahui penjelasan serta pengertian macam-macam warna lebih rinci mari kita  simak informasi berikut.

Pengertian warna 
Sempat dibahas sedikit tiatas dan ini versi lebih lengkapnya, pengertian warna adalah sebuah kesan, spektrum tertentu yang direkam oleh mata dari cahaya terhadap benda yang dikenai sebuah cahaya 

Memang tidak salah, namun kurang tepat. Biru, merah, dan kuning memang salah satu jenis dari warna. Tetapi bukan pengertian dari warna itu sendiri. Jadi, sesuai penjelasan di atas, bahwa warna dapat dilihat atau dicitrakan ke mata asalkan ada cahaya. Kalau tidak ada, maka warna apapun hanya menjadi hitam (gelap).

Saat diberikan pertanyaan guru di kelas saat masih kecil warna pa ini ? ada sebagian yang menjawab dengan warna biru, hijau, dan orange. Memang tidak salah namun kurang pas warna biru, hijau dan orange memang salah satu dari warna namun bukan dari pengertian warna itu sendiri. 

Sempat di jelaskan diatas jika tidak ada cahaya, maka warna apapun hanya menjadi hitam (gelap).bayangkan saja kita membaca di ruangan gelap pasti tidak akan bisa beda halnya jika kita menyalakan pencahayaan pasti akan lebih gampang dalam membaca.

Pengertian Warna  Netral, Sekunder, Tersier dan Primer
Berikut ini adalah deskripsi tentang jenis-jenis warna 
#1. Warna Primer
Nomor pertama ada warna primer dalam arti kata sendiri adalah warna pokok, jadi warna primer merupakan warna yang menjadi fondasi dari warna lain. Jika dalam kehidupan kita ada kebutuhan primer yakni makan minum, Nah sama halnya dengan warna primer ini warna ini memang warna pokok dari semua warna yang ada. 

Apabila tidak ada warna primer ini dapat dipastikan warna lain juga pasti tidak akan terlahir, maka tidak akan ada warna-warna yang lain. Jadi semua warna yang ada di dunia, pada hakikatnya merupakan turunan dari percampuran ketiga warna primer ini (Merah, Kuning, Biru).

Begitu juga dengan seorang pelukis hanya dengan memiliki 3 warna dasar yaitu merah, kuning dan biru, bisa membuat ribuan bahkan tak terhingga jumlah warna pada lukisannya. karena semua warna asal mulannya terdiri dari 3 warana primer ini yang membedakan hanya kadar banyak sedikitnya diantara masing-masing warna itu.

Secara teknis warna ini juga tidak sama dengan warna sekunder tidak bisa tercipta dari percampuran warna lain karena memang warna ini adalah induk dari warna lain.
warna primer
warna primer sumber : pinterest.com

warna primer
warna primer. Sumber :color-wheel-artist.com


#2. Warna Sekunder
Pengertian dari warna Sekunder yang diperoleh dari Dictionary.com. Warna yang dihasilkan dengan mencampurkan dua warna primer aditif dalam proporsi yang sama. Warna sekundernya adalah cyan (campuran biru dan hijau), magenta (campuran biru dan merah), dan kuning (campuran hijau dan merah). 

Setiap warna sekunder juga merupakan warna pelengkap (atau pelengkap) dari warna primer yang panjang gelombangnya tidak dikandungnya. Jadi cyan adalah komplemen dari merah, magenta komplemen dari hijau, dan kuning komplemen biru.

Secara arti kata warna Sekunder adalah warna kedua (sekunder), yang memang hasil dari percampuran warna primer . Semisal :
  • Warna merah + warna kuning = warna orange. 
  • Merah dengan kuning adalah warna primer jika kedua warna tersebut dicampurkan maka akan menjadi warna orange, warna orange ini disebut dengan warna sekunder.

gambar dibawah ini adalah contoh warna sekunder.
warna sekunder
Sumber : maribelajar.co.id

warna sekunder
sumber: pinterest

warna sekunder
sumber: pinterest


#3. Warna Tersier
Warna tertier (tersier) merupakan warna yang dihasilkan dari pencampuran dua jenis warna yang sudah disebutkan diatas (primer dan sekunder).

Oleh sebab itu, warna tersier lebih bervariasi karena kombinasi dua warna tersebut. Misalnya warna pencampuran antara warna hijau dengan biru menjadi warna hijau kebiruan.
Adapun macam macam warna tersier yaitu:
  • Warna merah + Warna hijau = Coklat Merah
  • Warna kuning + Warna ungu = Coklat Kuning
  •  Warna biru + Warna jingga atau orange = Coklat Biru.
warna tersier
warna tersier


warna tersier
warna tersier

#4. Warna Netral
Berdasarkan penjelasan dari Erin S warna netral adalah rona yang tampak tanpa warna, dan biasanya tidak muncul di roda warna. Warna-warna netral, oleh karena itu, tidak bersaing dengan warna primer dan sekunder melainkan melengkapi mereka.

Memang iya warna netral sangat penting difungsikan sebagai nuansa latar belakang yang kalem/soft, yang dengan mudah dipadukan dengan warna-warna lain yang lebih kuat. Hal ini membuat warna netral akan cocok menjadi kanvas kosong bagi kreativitas kita.

Warna netral dapat berupa apa saja, dari warna netral yang terang seperti krem dan putih, hingga nuansa yang lebih gelap, seperti cokelat dan arang. gambar dibawah ini adalah contoh warna netral.
warna netral

warna netral

warna netral





Penutup
Cukup Sampai disini pembahasan kita hari ini tentang penjelasan Warna Primer, Sekunder, Tersier dan Netral. Semoga artikel ini bisa menambah wawasan anda dan semoga bermanfaat.

By: WSM Project
Comment Policy: HELP ME Gan. Tidak diperkenankan mengambil isi konten tanpa izin, Diperbolehkan dengan syarat menyertakan sumber..
- Jika ingin traktir admin kopi carannya cukup mudah loh.. Pause sejenak Adblock mu !
Buka Komentar