Skip to main content

Ukuran Feed Instagram Yang Harus Kita Tahu

Ukuran Feed Instagram
- Instagram merupakan media sosial favorit dan sudah banyak yang menggunakannya untuk berbagai kepentingan, mulai dari sekedar eksistensi diri sampai dengan untuk media bisnis. Namun terdapat beberapa ukuran feed Instagram yang harus diperhatikan.

Ukuran Foto Feed Instagram
Ukuran Feed Instagram ada beraneka ragam mulanya hanya 612 x 612, kemudian meningkat menjadi 640 x 640 piksel. Pada Juli 2015, dan semakin diperbaharui lagi menjadi 1080 x 1080 piksel. Dikutip dari pojok sosmed, ada beberapa spesifikasi ukuranya yaitu sebagai berikut

#1. Square (Persegi)
Rasio pada ukuran persegi adalah 1:1 , yakni 1080 x 1080 piksel, resolusi yang cukup tinggi sehingga menghasilkan gambar yang jernih dan warna yang tajam. Tidak heran jika kualitas foto Instagram dapat dikatakan baik.

#2. Landscape (Persegi Panjang)
Ukuran feed Landscape yakni 1,91:1 dengan spesifikasi ukuran 1080 x 608 piksel, sedikit berbeda dengan ukuran square. Biasanya jenis ini dikhususkan untuk foto pemandangan alam atau keindahan hamparan aktivitas masyarakat.

#3. Portrait (Memanjang ke Atas)
Portrait merupakan salah satu spesifikasi jenis ukuran feed instagram yang memiliki perbandingan rasio 4:5 sementara ukuran fotonya 1080 x 1350 piksel. Jenis ini biasanya digunakan untuk foto-foto dengan zoom in sehingga objek nampak jelas.

Ukuran Video Feed Instagram
Vidio feed Instagram biasanya hanya dapat memuat beberapa detik, tidak sampai 1 menit. Sebagaimana fungsi karakteristik instagram yang mulanya dipergunakan untuk memposting beberapa foto. Ukuran feed video Instagram sama dengan ukuran foto yakni :
  1. Untuk Square, rasio biasanya adalah 1:1 dan ukuran 1080 x 1080 piksel.
  2. Sementara untuk Landscape, rasio yang digunakan adalah 1.91:1 dengan ukuran video 1080 x 608 piksel.
  3. Berbeda dengan Portrait, yang memiliki rasio 4:5 dengan ukuran video 1080 x 1350 piksel.
ukuran postingan instagram
Sumber : desainhack.com

Ukuran IGTV Feed Instagram
IGTV merupakan singkatan dari instagram TV, yang mana fitur ini digunakan untuk posting video dengan durasi lebih panjang dibandingkan dengan Instagram stories maupun instagram feed. Namun terdapat ketentuan-ketentuan khusus berkain ukuranya, sebagaimana berikut ini :
  1. Ukuran sampul IGTV, untuk sampul biasanya menggunakan rasio 1 : 1.55 hal ini disesuaikan dengan kapasitas dari feed instagram sendiri. Sementara untuk resolusi video pada umumnya adalah 420 x 654 piksel.
  2. Aspek IGTV, untuk rasio vertikal ukuran yang digunakan adalah 9 : 16. Berbeda dengan rasio horizontal yakni perbandingan antara 16 : 9.
  3. Frame Rate IGTV, biasanya batasan yang digunakan minimal adalah 30fps dengan resolusi paling kecilnya 720p. Dengan ukuran segitu video sudah termasuk jelas dan tajam.
  4. Durasi minimal IGTV, durasi minimal untuk satu tayangan IGTV adalah satu menit, hal ini sudah dapat diisi dengan konten sesuai keinginan.
  5. Durasi maksimal IGTV, biasanya dapat menampung hingga 60 menit atau 1 jam. Terdapat perbedaan antara dari Handphone dengan dari website. Biasanya kalo dari telepon seluler hanya mampu menampung sama dengan 15 menit.
  6. Ukuran file IGTV, biasanya video yang berdurasi 10 menit sudah mencakup 650 MB, bisa dibilang cukup standard lah untuk sebuah postingan vidio. sementara untuk video 1 jam mampu menampung vidio hingga 3.6 GB.
  7. Jenis file yang digunakan dalam IGTV adalah format MP4, yang paling umum dan mutlak dipakai.
Demikian spesifikasi ukuran feed instagram baik foto, video maupun fitur lain semoga bermanfaat dan menambah informasi bagi pengguna, ingin tau seputar sosial media silahkan bisa sobat kunjungi Pojok Sosmed

By: WSM Project
Comment Policy: HELP ME Gan. Tidak diperkenankan mengambil isi konten tanpa izin, Diperbolehkan dengan syarat menyertakan sumber..
- Jika ingin traktir admin kopi carannya cukup mudah loh.. Pause sejenak Adblock mu !
Buka Komentar