Skip to main content

Cara Ubah Warna RGB ke CMYK atau Sebaliknya Di Photoshop


Ubah Warna RGB ke CMYK
- Saat proses desain pasti akan tidak bisa lepas dari warna, warna sendiri juga merupakan elemen yang sangat penting pastinya dalam desain grafis, tanpa warna pasti akan menjadi grayscale, dan apabila salah mempadupadankan warna pasti juga akan tidak nampak serasi aslias jelek. supaya bisa tercipta komposisi yang bagus diperlukan latihan percobaan yang tidak sedikit tentunya. 

Dalam membuat sebuah karya desain sendiri semisal ilustrasi, logo dan desain layout, saat akan menentukan warna dasar yang akan diterapkan pada karya kita pastilah harus memilih warna yang pas agar nyaman dilihat, bagaimana caranya simak tentang warna.

Penting untuk diketahui saat awal proses melakukan desain ataupun saat melakukan export desain kita harus menetapkan mode warna nya terlebih dahulu dalam mode apa yang sering kita jumpai dan kenal ada dua yakni Mode RGB dan CMYK, apakah kalian sudah tau sedikit tentang perbedaan kedua warna itu.? jika belum jangan di skip ya mari kita simak sebentar.

CMYK : Mode warna ini sering dipakai saat kita akan membuat desain khusus keperluan cetak mencetak seperti Desain undangan, desain Kalender dan desain-desain lain untuk keperluan percetakan  tentunya kita wajib export hasil desain kita kedalam mode CMYK. 

CMYK sendiri adalah singkatan dari Cyan (C), Magenta (M), Yellow (Y), dan blacK (K). warna ini bertugas untuk melakukan keseimbangan tampilan pulih dari bahan cetak kertas yang merupakan media cetak dari hasil desain kita diatas.

RGB : Jika CMYK untuk percetakan beda halnya dengan RGB, Mode ini di kususkan untuk gambar visual seperti komputer dan televisi dan juga HP semua yang sifatnya digital memakai mode warna ini. RGB sendiri singkatan dari R (Red) G(Green) B(Blue). 

Hasil desain yang hanya dinikmati dari layar lcd tidak perlu kita export kedalam mode CMYK cukup hanya dalam mode RGB, nah untuk cara bagaimana Merubah warna CMYK ke RGB aatau sebaliknya mari kita lanjut ke bagian selanjutnya.


Secara singkat diatas adalah penjelasan singkat tentang masing masing mode warna CMYK dan RGB jangan sampai tertukar saat cetak pastikan sudah diexport dalam mode CMYK, jika terbalik pasti akan mengalami ketidak samaan, coba saja Export Desain ke MODE CMYK namun dilihat di layar komputer pasti akan mengalami perbedaan saata melihatnya jika dibandingkan saat sebelum di export.


Cara Ubah Warna RGB ke CMYK atau Sebaliknya Di Photoshop
saat akan melakukan proses desain warna mode RGB atau ke CMYK bisa kita ganti-ganti sesuai apa yang kita mau, namun bagaimana carannya ? lalu bagaimana bila kita merubah warna namun terlanjut ke mode yang berbeda ? apakah harus membuat dari awal ? tentu tidak.

Setting warna ke mode CMYK
#1. Buka Program Kesayangan Photoshop kita tercinta 

#2. Bisa juga dengan menekan pada keyboard (Ctrl+N) Maka otomatis akan muncul sebuah settingan lembar kerja baru.
rgb cmyk


#3.  Pada bagian ini, isi setting untuk dokumen sesuai kebutuhan. Lalu, pada bagian color mode kita pilih RGB Color atau CMYK color, tergantung kebutuhan. Saya contohkan memakai CMYK. Lalu klik ‘OK’.

#4. Mode warna CMYK sudah siap

Jika ingin ke dalam mode RGB atau bisa juga Grayscale bisa langsung tentukan saja diawal mengerjakan sebuah project desain.

Ubah warna dari Mode CMYK KE RGB
#1. Siapkan dokumen yang sudah dikerjakan sebelumnya yang sudah ada dalam mode CMYK.

#2. Kemudian dokumen tersebut akan kita ubah menjadi warna RGB. Caranya sangat mudah hanya dua langkah mudah saja, pilih menu ‘image’, pilih ‘mode’, selanjutnya kita tinggal pilih CMYK color atau pun sebaliknya.
rgb cmyk photoshop


#3.  Setelah itu selesai diubah kadang akan muncul notifikasi seperti akan muncul dua pilihan, kita pilih ‘Don’t flatten’.

#4. Mode warna RGB sudah siap,

Apakah ada kesulitan? sangat Mudah sekali bukan? Segampang itulah mengubah mode warna. 


Jiak ditannya bagusmana antara CMYK dan RGB pasti tidak ada jawaban yang pasti karena masing-masing memiliki fungsi dan kegunaanya masing-masing penggunaan dari warna RGB dengan warna CMYK sangatlah berbeda.

Bila ada dari pembaca yang ingin ditanyakan silakan tulis pertanyaan di kolom komentar, dan juga jangan lupa untuk membagikan artikel ini bila bermanfaat. Sampai jumpa di artikel berikutnya ya sob

By: WSM Project
Comment Policy: HELP ME Gan. Tidak diperkenankan mengambil isi konten tanpa izin, Diperbolehkan dengan syarat menyertakan sumber..
- Jika ingin traktir admin kopi carannya cukup mudah loh.. Pause sejenak Adblock mu !
Buka Komentar