Skip to main content

Plugin Adobe Illustrator untuk Produktivitas Terbaik

Selamat datang sob Kembali lagi bertemu, Di kesempatan kali ini admin masih mebahas seputar Illustrator. Adobe Illustrator telah menjadi aplikasi paling populer untuk mengembangkan grafis berbasis vektor selama bertahun-tahun. Dan seperti halnya dengan banyak alat canggih, selalu ada kurva pembelajaran yang melekat padanya.

Untungnya, ada beberapa plugin yang sangat berguna yang bisa membantu kita mempercepat alur kerja. Meskipun Illustrator tidak dapat mengklaim jenis ekosistem plugin yang kaya yang sama seperti Photoshop, masih ada tambahan yang sangat berharga untuk toolbox kita.

Perlu juga juga di garis bawahi bahwa peningkatan stabil SVG (Scalable Vector Graphics) selama beberapa puluh tahun terakhir juga telah mendorong Illustrator kembali dengan kuat ke dalam benak banyak pengembang web.

Di artikel sebelumnya kita sudah membahas tentang cara memasukkan foto kedalam tulisan dan Pada artikel ini kami akan menunjukkan kepada Pembaca 5 plugin yang akan menghemat banyak dalam proses pembuatan vector di adobe illustrator.

Diurutan pertama Plugin adobe illustrator ada SymmetryWorks, Dapat menghasilkan pola berbasis persegi panjang sederhana di Illustrator biasanya relatif mudah tetapi pembuatan pola yang lebih kompleks bisa menjadi mimpi buruk jika Anda tidak memiliki alat yang tepat.
plugin illustrator

Dengan Symmetry Works, Anda hanya perlu membuat objek dan menggunakan plugin dalam menentukan jenis pola untuk menyesuaikannya. Anda dapat memutuskan apakah elemen utama akan diulang dengan simetri tertentu atau tanpa logika apa pun dan, berkat "mode Insert", Anda juga dapat langsung menggambar pada pola yang langsung dimodifikasi.

Jelas bahwa Symmetry Works termasuk dalam kategori plugin spesialis yang menghemat banyak waktu untuk tugas yang sangat spesifik. Namun, Plugin ini tidak gratis tentunya ada harga yang harus dibayarkan.


"Magic Exporter" adalah plugin yang dikembangkan oleh Jeremy Marchand dengan tujuan menyederhanakan proses ekspor karya seni dari Illustrator ke file PNG yang siap untuk web.
plugin adobe illustrator


Sehingga Desainer tidak mudah kehilangan waktu yang berharga saat mengekspor objek karena mereka harus memotong atau menyembunyikan lapisan secara manual untuk mengekspor hanya objek yang mereka butuhkan. Magic Exporter telah menjadi tools bagi desainer untuk mengatasi masalah ini dengan tepat. Ini memungkinkan Anda mengekspor dengan cepat hanya komponen dokumen yang Anda inginkan. Anda hanya perlu menandai objek yang Anda butuhkan dan mengekspornya menggunakan menu khusus.

Tapi itu tidak berakhir di situ. Saat ini desainer perlu membuat grafik untuk perangkat yang berbeda dengan ukuran layar yang berbeda. “Magic Exporter” mencakup fitur penting yang memungkinkan Anda membuat beberapa salinan PNG secara otomatis dari objek yang sama yang diskalakan ke ukuran layar.

Meskipun "Pengekspor Ajaib" berharga $ 25, menurut saya jika Anda membuat elemen UI web di Illustrator, setiap sennya berharga karena akan menghemat banyak waktu dan banyak klik yang tidak berguna. "Magic Exporter" telah dikembangkan untuk Mac OS.

Plugin berikutnya yang akan kita fokuskan adalah "Concatenate" yang - seperti yang sebelumnya - telah dibuat oleh Rick Johnson.
plugin illustrator


"Concatenate" memiliki ringkasan sederhana: memberi Anda kekuatan untuk menghubungkan dua atau lebih jalur berbeda menjadi satu jalur yang unik.

Saat melakukan ini, Anda dapat mengatur dengan tepat seberapa dekat titik akhir dari jalur ini untuk menggabungkannya dan seberapa dekat dengan garis singgung titik yang dibutuhkan. Yang membedakan "Concatenate" dari plugin serupa lainnya adalah plugin ini juga dilengkapi dengan fitur "Assimilate" dan "Connect".

Yang pertama berguna untuk menemukan dan menggabungkan setiap jalur yang tidak dipilih yang berada dalam jarak tetap dari titik tertentu. Fungsi kedua menambahkan segmen garis untuk menghubungkan jalur terbuka yang dipilih.

Sekali lagi, Rick memberikan "Concatenate" kepada kami secara gratis, jadi saya sarankan Anda mengambil salinannya - khususnya jika Anda menggunakan Illustrator untuk bekerja dengan file EPS yang diimpor.


plugin illustrator
Select Menu adalah plugin penghemat waktu yang dikembangkan oleh Rick Johnson. Ini menambahkan 18 fungsi ekstra ke menu dropdown 'Select' Anda yang tidak termasuk dalam versi dasar Illustrator.

Pada awalnya mungkin tidak sepenuhnya jelas bagi Anda jenis pilihan apa yang hilang dari penyiapan default Illustrator, tetapi pada kenyataannya "Pilih Menù" pasti akan menghemat banyak waktu.

Lebih sering daripada tidak, Anda mungkin perlu memilih hanya "Jalur Terbuka" atau mungkin hanya "Sumpah Tertutup" dari proyek Anda. Tentu saja Anda dapat melakukannya secara manual, tetapi ini membutuhkan usaha yang cukup besar dalam ilustrasi yang rumit. Masalahnya adalah, di menu pilihan, Illustrator tidak dapat menentukan perbedaan antara jalur terbuka dan tertutup.

Namun demikian, dengan "Select Menù", Anda akan dapat dengan mudah memilih Guides, Filled, Open atau bahkan Unstroke Paths dan banyak variasi lainnya pada jalur. Terlebih lagi, Anda dapat memilih apa yang akan dipilih hanya dengan beberapa klik.

Semua hal dipertimbangkan, jelas bahwa "Select Menù" cukup berguna untuk mendapatkan tempat di kotak alat perancang vektor. Yang lebih mengesankan lagi, plugin ini dapat diunduh secara gratis dan berfungsi baik di Windows maupun di Mac OS.

Plugin Illustrator kelima ada"Vector Scribe 2", di buat  oleh Astute Graphics. Tidak hanya memberi Anda seperangkat alat baru, tetapi juga meningkatkan fitur Illustrator yang ada, memberi Anda cara yang lebih kuat untuk mengembangkan dan mengedit elemen grafis. Di antara fitur-fitur baru, Anda dapat menemukan:
vector scribe


Smart Remove Brush Tool: Brush yang secara otomatis menghilangkan titik Ancor yang tidak berguna hanya dengan menggerakkan mouse di atas jalur.
  • Path Extend Tool: alat ini memberi Anda kesempatan untuk memperluas atau mengurangi jalur ke panjang yang tepat dan dengan presisi yang sangat tinggi.
  • Dynamic Corners Tool: alat ini memungkinkan Anda untuk mengubah sudut persegi menjadi sudut membulat dengan kontrol terbatas.
  • Alat Bentuk Dinamis: fungsi ini mengenali bentuk jalur yang paling umum, seperti kotak, lingkaran, atau bintang, dan memungkinkan Anda untuk mengontrol jumlah titik atau mengubah bentuk.
  • Alat Pengukur Dinamis: alat canggih yang dapat digunakan untuk melakukan pengukuran panjang atau sudut dengan sangat tepat dalam berbagai unit pengukuran.
  • Busur derajat: ini adalah instrumen yang sangat sederhana namun berguna untuk menentukan sudut khusus untuk gambar Anda.
Vector Scribe memungkinkan Anda mengotomatiskan banyak proses yang selalu Anda lakukan dengan tangan. Bekerja dengan vektor, atau membuat font baru, menjadi jauh lebih mudah dari sebelumnya dan, yang terpenting, lebih cepat.

By: WSM Project
Comment Policy: HELP ME Gan. Tidak diperkenankan mengambil isi konten tanpa izin, Diperbolehkan dengan syarat menyertakan sumber..
- Jika ingin traktir admin kopi carannya cukup mudah loh.. Pause sejenak Adblock mu !
Buka Komentar