Skip to main content

Font Warna serta Panduannya untuk Pemula

Font Warna serta Panduannya untuk Pemula - Jadi apa sih font berwarna itu? Ini adalah istilah yang terus bermunculan dan mulai mendapatkan daya tarik, meskipun penggunaan dalam proyek desain besar masih dalam tahap awal.

Vendor seperti Adobe's Typekit sudah mulai merilis beberapa opsi font warna dengan dukungan browser, jadi ada beberapa pergerakan menuju penggunaan yang lebih luas. Beberapa bahkan menyebut font berwarna "hal besar berikutnya dalam desain web".

Apa itu Font Warna?
Font berwarna hampir persis seperti namanya. Jenis huruf yang menyertakan banyak warna, corak atau gradien, tekstur atau transparansi. Opsi yang funky ini tidak hanya menambahkan warna pada tulisan, mereka adalah tipografi spesifik dengan semua detail yang disertakan.
font color


Font warna dapat menyertakan bentuk vektor, gambar bitmap, atau keduanya dalam file font, yang dapat membuat tipografi ini lebih berat daripada paket font standar. Contoh umum font warna termasuk jenis huruf emoji atau huruf yang berisi ikon di dalamnya. Font satu warna pada gaya ini sering disebut font chromatic, karena hanya mengandung satu corak semisal hanya abu-abu.

Masalah terbesar dengan font berwarna saat ini adalah tidak adanya format standar yang sebenarnya. Dan ada batasan dengan semua format file tersebut - vektor dan gambar SVG dapat diskalakan dengan mudah, tetapi versi bitmap berpotensi memiliki batasan ukuran.

Sebenarnya ada lima format yang harus ditangani:
  • SBIX (Apple): Versi bitmap dengan dukungan asli pada sistem Mac dan iOS
  • CBDT (Google): Versi bitmap dengan dukungan asli pada sistem Android
  • COLR (Microsoft): Versi vektor dengan dukungan asli pada sistem Windows 8.1+
  • SVG (W3C): Versi vektor dan bitmap
  • OpenType SVG (Adobe / Mozilla): Versi vektor dan bitmap yang menempatkan bentuk SVG dalam font OpenType
Di sisi lain, pemain utama mulai mengadopsi pedoman penggunaan. Mozilla (tulang punggung web browser Firefox) dan Adobe telah sepakat bahwa OpenType SVG adalah format yang lebih disukai; yang lain masih berubah saat mereka mengambil keputusan.

Jika Anda ingin mengetahui seluk beluk tentang cara kerja font ini dan semua spesifikasi format file, Fontself memiliki artikel yang cukup bagus.

Bagaimana Anda Menggunakan Font Warna?
font warna

Salah satu dari dua kesan Anda saat pertama kali melihat font berwarna:
  • Wow, mengerikan sekali!
  • Keren! Saya tahu persis bagaimana menggunakannya!
Tidak peduli di bagian mana Anda berada, ada aplikasi yang sangat cocok untuk font berwarna. Tetapi Anda perlu menggunakannya dengan alasan. (Font warna untuk penggunaan yang paling hemat.)

Coba font warna:
  • Untuk teknik menarik perhatian untuk kata pendek
  • Untuk ikon atau elemen bergaya logo
  • Untuk topi drop untuk memulai blok teks yang panjang
  • Untuk tampilan utama yang berani dalam desain gaya yang sebaliknya minimal
  • Untuk membawa fokus ke kata atau kata tertentu dalam blok teks yang besar
  • Bila sisa desainnya sederhana
  • Saat tipografi akan menjadi elemen seni utama Anda
  • Ketika proyek menuntut sesuatu yang menyenangkan dan tidak biasa untuk menarik perhatian pengguna

Cara Tidak Menggunakan Font Berwarna
font warna

Ada lebih banyak cara untuk tidak menggunakan font berwarna daripada yang mungkin bisa Anda hitung. Anda tidak ingin kembali karena desain situs web kembali ke beberapa kegilaan warna yang berkedip, berkedip, dan luar biasa di tahun 1990-an.

Jangan gunakan font warna:
  • Dengan gambar atau di atas gambar
  • Dengan latar belakang yang ramai
  • Untuk paragraf teks
  • Dengan banyak teknik desain lainnya, seperti animasi atau gerak; warnanya saja biasanya cukup untuk menciptakan dampak visual
  • Dengan tipografi kebaruan atau khusus lainnya

Tren yang Berkembang
warna font

Tren font warna mulai mendapatkan daya tarik dari beberapa pemain utama dalam tipografi. Format OpenType SVG yang diadopsi oleh Adobe dan Mozilla mungkin merupakan alat dan format yang membantu tren ini benar-benar berkembang. Adobe bahkan baru-baru ini menambahkan font warna ke Photoshop (Anda mungkin telah memperhatikan beberapa emoji di palet karakter).

“OpenType-SVG adalah format font di mana font OpenType memiliki semua atau hanya beberapa mesin terbangnya yang direpresentasikan sebagai karya seni SVG (scalable vector graphics). Ini memungkinkan tampilan berbagai warna dan gradien dalam satu mesin terbang. Karena fitur ini, kami juga merujuk pada font OpenType-SVG sebagai 'font warna'.

“Font OpenType-SVG memungkinkan teks untuk ditampilkan dengan kualitas grafis ini, sambil tetap memungkinkan untuk diedit, diindeks, atau dicari. Mereka mungkin juga berisi fitur OpenType yang memungkinkan penggantian glyph atau gaya glyph alternatif.

“Font warna seperti Trajan Color Concept dan EmojiOne Color akan muncul seperti font biasa di menu font program Anda - namun mungkin tidak menampilkan potensi penuhnya, karena banyak program belum memiliki dukungan penuh untuk komponen warna. Jika program perangkat lunak Anda tidak mendukung karya seni SVG dalam font, mesin terbang akan kembali ke gaya hitam pekat. Warna masih dapat diterapkan ke gaya fallback ini, karena akan bekerja seperti font OpenType biasa. ”

Selanjutnya, Status Jenis Web memiliki bagian yang didedikasikan untuk memperbarui dukungan browser untuk font warna sehingga Anda dapat menentukan kapan waktu yang tepat bagi Anda untuk mengambil risiko.

Dalam hal evolusi font warna dan adopsi penggunaan, dua hal akan memainkan peran utama:
  • Adopsi dan kompatibilitas dengan browser untuk proyek desain web (saat ini lebih banyak desain font berwarna benar-benar muncul dalam cetakan karena masalah kompatibilitas)
  • Teknik gaya keseluruhan dan apakah teknik desain yang lebih hiasan dan penuh warna sedang tren secara keseluruhan
Coba Font Warna
font color

Jika font berwarna adalah keinginan Anda, Anda dapat mendownload font berwarna untuk memulai atau membuatnya sendiri, tergantung pada jenis proyek desain.

Buat Milik Anda
Jenis font warna yang Anda buat benar-benar bergantung pada keterampilan perangkat lunak Anda. Font berwarna dapat mencakup apa saja mulai dari citra dari foto favorit Anda hingga gelembung yang indah dan guratan dalam warna gradien. Anda dapat melakukannya sepenuhnya sendiri atau menggunakan alat untuk membantu merancang font warna kustom.
  • Fontself adalah add-on Adobe Illustrator atau Photoshop yang membantu Anda membuat font warna kustom
  • Anda dapat menggambar dan mendesain semuanya dari awal dengan tutorial dari Glyphs ini
  • FontLab memiliki tutorial video yang memandu proses langkah demi langkah
Unduh atau Sematkan
Ada beberapa font warna yang cukup keren di luar sana yang meminta Anda untuk menggunakannya dalam sebuah proyek hari ini. Berikut ini beberapa untuk memulai alur kreatif font warna Anda (ditambah link ke font warna lain yang digunakan di atas):
Kesimpulan
Apakah Anda siap untuk mengikuti tren font warna? Apakah itu terlalu berlebihan atau apakah dukungan yang tidak teratur merupakan masalah nyata untuk proyek Anda?

Secara pribadi, saya menemukan tren ini sangat menyenangkan dan memiliki kegunaan praktis yang nyata dalam proyek cetak seperti poster atau selebaran acara. Saya masih belum begitu yakin dalam hal proyek situs web. Waktu hanya akan memberi tahu apakah tren ini benar-benar menjadi "hal besar berikutnya dalam desain web" atau mode singkat lainnya.

Sumber : designshack.net
Comment Policy: HELP ME Gan. Tidak diperkenankan mengambil isi konten tanpa izin, Diperbolehkan dengan syarat menyertakan sumber..
- Jika ingin traktir admin kopi carannya cukup mudah loh.. Pause sejenak Adblock mu !
Buka Komentar