5 Cara Duplikat Object dengan Presisi dan Cepat di Illustrator


Banyak cara yang bisa dipakai untuk meng copy object di software adobe illustrator, mulai dari cara yang biasa manual mulai dengan cara khusus agar object yang di copy presisi dengan object yang lainnya. Gimana penasaran carannya ? 

Mari kita simak tutorialnya dibawah ini. Di web wsmproject.com untuk beberapa minggu ini akan fokus membahas adobe Illustrator.

Bagi kalian yang sudah pernah meskipun hanya beberapa kali mengunakan adobe illustrator pasti sudah tau dasarnya, itupun pasti karena Edit template dari website frepikk kan, ? haha. 

Jika sudah sering memakai Adobe illustrator saya kira tutorial ini cukup di Skip saja, atau jika ingin tetap lanjut juga tidak apa-apa, jika untuk hanya menambah pengalaman,

5 Cara Dasar Copy Objek di Adobe Illustrator

#1. Cara Copy Object di adobe Illustrator supaya Presisi
Cara ini adalah cara yang bisa kalian pakai agar object yang di copy presisi antara satu dengan yang lainnya. Bagaimana Carannya ? bisa kalian pakai dalam jumlah banyak sehingga akan menjadi sebuah pattern atau karya desain lain yang membutuhkan tingkat presisi yang ajib. 
copu object presisi

  • Buka Software adobe Illustrator kalian Admin memakai CS 6 Jika sobat memakai seri diatasnya atau dibawahnya pasti juga akan sama.
  • Sediakan sebuah object yang akan di duplikat secara presisi.
  • Copy object dengan memakai shortcut Alt+Shift dan klik kanan bebarengan geser ke posisi yang di inginkan.
  • Setelah itu tekan Ctrl + D secara berulang-ulang dijamin object akan presisi, dengan objeck sebelum-sebelumnya.

#2. Duplikat Object di adobe Illustrator: Ctrl+ C & Ctrl+ V
Cara ini pasti sering dan juga bisa diterapkan di software selain adobe juga, kebanyakan program windows memakai shortcut ini. Akan tetapi jika di coba di adobe illustrator hasil yang didapat tidak akan presisi seperti cara yang pertama.
Duplikat Object di adobe Illustrator


Caranya cukup mudah: Select object yang akan dicopy : tekan Ctrl+C dan Ctrl+V pada keyboard

#3. Duplikat Object di adobe Illustrator: Ctrl+C lalu Ctrl+F
Bagian cara yang ketiga ini masih tetap memakai shorcut keyboard, Caranya pun juga tergolong sangat mudah. Pilih objek yang akan di Duplikat Lalu klik Ctrl+C kemudian Ctrl+F.Lalu apa bedannya dengan yang diatas om ? 
Duplikat Object di adobe Illustrator


Kog kelihatannya sama saja? Oke tenang saya jelaskan. Menduplikat dengan cara Ini CTRL + F akan membuat hasil object yang di copy berada di atas Object yang pertama, F sendiri disini memiliki arti Front untuk mempermudah dalam penghafalan.

Setelah selesai proses pasti tidak akan merasakan perubahan kan tapi tenang coba simak di jumlah object layer, pasti bertanbah atau bisa juga geser object tersebut, pasti ada dua.

#4. Trik Copy Object di adobe Illustrator: Ctrl+C lalu Ctrl+B
Cara ke empat ini mungkin memang mirip dengan cara yang 2-3, yang membedakan adalah posisi object hasil copy an nya. Jika dengan cara ini hasil duplikat akan berada di belakan object yang pertama.
Duplikat Object di adobe Illustrator


Karena B sendiri berarti Back yang artinya belakang, Untuk cek hasil copyan bisa geser objeck yang berada idatasnya kemudian beri warna yang berbeda coba, pasti object asli pertama ada di atas object hasil copy an.

#5. Trik Copy Object di adobe Illustrator: Alt + Drag
Cara ke 5 sekaligus yang terahir ini adalah cara copy object di illustrator dengan kombinasi Mouse dan keyboard agak berbeda dengan cara yang kedua sampai ke 4. Caranya pun juga terbilang sangat mudah.
Trik Copy Object di adobe Illustrator


yakni cukup dengan dengan menggeser objek yang akan di copy dengan selection tool, kemudian sebelum sobat melepas mouse, silahkan tekan tombol Alt pada keyboard. Kemudian lepaskan secara bersamaan atara Alt dengan mouse kiri. Sehingga objek langsung akan tercopy, cara ini memiliki keunggulan yakni objec bisa kita posisikan sesuka kita.




By: WSM Project