Skip to main content

Cara supaya Gambar Menyesuaikan Bentuk Object Di Illustrator

Kadang kala saat mengerjakan desain pasti kita di suguhkan dengan penataan layout yang di dalamnya ada foto shape dan teks. Sehingga mau tidak mau foto tersebut harus berbentuk seperti awan misalnya atau bintang. sebenarnya teknik ini bernama Clipping mask  bagi pengguna Coreldraw adalah power Clip jika di photoshop persis namanya yakni clipping mask.

Apapun jika masih awal nyoba kadang memang sulit namun terasa sangat mudah jika sudah bisa, nah benar kan ? mungkin sangat sulit jika kita masih baru awal belajar adobe illustrator, namun dengan banyak mencoba membuat karya dan selalu mencoba-coba pasti akan menjadi terbiasa, akhirnya mati rasa eh bukan😁 jadi kayak lagu rege.

Oke jangan banyak intro nanti bosan, langsung ke pokok masalah yakni cara clipping mask objeck seperti saya jelaskan di artikel sebelumnya clipping mask adalah sekumpulan layer yang dipakai layer paling bawah, atau lapisan dasar, Untuk menentukan batas-batas yang terlihat dari seluruh kelompok, nah binggung gak tuh. 

Nah langsung praktik saja biar tidak binggung Berikut langkah-langkahnya :
Cara agar gambar berbetuk sesuai object di adobe illustrator

#1. Buka Aplikasi nya terlebih dahulu admin disini memakai Illustrator CS 6, bisa memakai versi diatas nya atau dibawahnya pasti tidak akan jauh beda.

#2. Buat Sebuah Shape yang kalian inginkan yang nantinya akan kalian gunakan sebagai object dasar  supaya foto menyesuaikan bentuk tersebut.
cara melakukan clipping mask di illustrator


#3. Ketika object sudah jadi Lalu lanjut ke yang lagkah ke empat yakni

#4. Masukan gambar pada artboard, kemudian letakan gambar dibawah objek yang kita buat tadi.
Cara supaya Gambar Sesuai Bentuk Object Di Illustrator


#5. Pilih semuanya lalu klik kanan > make clipping mask.
Clipping mask illustrator


#6. Jika sukses maka gambar kalian tadi akan masuk kedalam objek yang sudah kita buat tadi.
Cara supaya Gambar Sesuai Bentuk Object Di Illustrator


Nah gimana mudah sekali kan ? Jadi langkah-langkah diatas merupakan salah satu cara memotong gambar di adobe illustrator. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat :)

By: WSM Project
Comment Policy: HELP ME Gan. Tidak diperkenankan mengambil isi konten tanpa izin, Diperbolehkan dengan syarat menyertakan sumber..
- Jika ingin traktir admin kopi carannya cukup mudah loh.. Pause sejenak Adblock mu !
Buka Komentar