Skip to main content

Cara Menyimpan File Illustrator Ke Format: JPEG, PNG, SVG, dan Lainnya

Di Program Adobe Illustrator menawarkan banyak pilihan untuk menyimpan file. Adobe Illustrator Memiliki Extensi File .bawaan AI serta kita akan mencoba menyimpannya dalam format lain seperti, Ke JPEG, PNG, dan SVG.
Secara default,  Illustrator menyimpan file mentah yang dihasilkan ke dalam format AI. ini sangat cocok bila kita sedang mengerjakan project dalam hasil file mentah, atau untuk menyimpan salinan file master ke dalam komputer lain.

Namun, ketika saatnya tiba untuk mencetak atau membagikan produk jadi, mempostingnya secara online, atau mengimpornya ke program lain, Anda perlu menyimpannya ke dalam format yang berbeda, seperti JPEG, PNG, atau SVG.

Di artikel ini, kami akan menunjukkan cara menyimpan file Adobe Illustrator (AI) dalam format lain, termasuk JPEG, PNG, dan SVG.

5 Cara Simpan File di Adobe Illustrator
Dibawah ini akan admin jelaskan beberapa cara yang bisa dipakai untuk menyimpan file di adobe illustrator ada banyak cara tergantung kita akan membutuhkannya dalam bentuk file format apa. Serta dibawah ini hanya admin pilih yang sering terpakai dalam kehidupan sehari-hari.

#1. Cara Menyimpan File Illustrator ke JPEG
Untuk Hasil karya seperti Banner, Kartu nama atau apapun yang perlu dicetak seperti ketika Anda mendesain CV di Adobe Illustrator, pilihan terbaik adalah menyimpannyaadalah ke JPEG resolusi tinggi.

Idealnya, Anda harus mendesain  di ukuran yang Anda inginkan untuk mengexportnya. Meskipun gambar Illustrator dapat diubah ukurannya tanpa kehilangan kualitas, Anda akan menemukan bahwa ukuran antar objek dan terutama kerning dalam teks harus sesuai pada ukuran yang lebih besar dari pada ukuran yang lebih kecil.

Jika Sobat masih pemula banget sebelumnya belum pernah bekerja dengan cara adobe illuatrator, Klik New Dokumen, Pastekan karya desain kalian dan sesuaikan dengan selera. dibawah ini langkah-langkahnya untuk menyimpan file ke adobe illustrator :
simpan file ke jpeg

  1. Buka File> Ekspor. Rename  file dan atur Format ke JPEG.
  2. Atur bagaimana Anda ingin menyimpan artboards Anda, lalu tekan Export untuk melanjutkan.
  3. Pada layar JPEG Options, ubah Mode Warna jika perlu, dan pilih kualitas.
  4. Di bawah Opsi, atur resolusi output. Layar (72dpi) akan menghasilkan file dengan ukuran yang sama dengan dokumen asli Anda Kemudian klik OK untuk digunakan di web. Pilih Tinggi (300dpi) untuk gambar resolusi tinggi. ukuran itu termasuk sudah tinggi.
  5. Klik OK untuk menyimpan file.

#2. Cara Menyimpan File Illustrator ke JPEG
Cara kedua apabila kalian ingin menexport nya ke dalam file .PNG biasanya jika File PNG ini untuk publikasi di web, Serta mengharuskan kita memperoleh backgrount transparan  maka sebaiknya simpan file AI ke dalam format PNG.
Untuk mendukung tampilan standar dan resolusi tinggi, Sebaiknya harus mengekspor file dalam berbagai ukuran. Anda dapat melakukannya secara otomatis. 
simpan file ke png
  1. Buka File> Ekspor> Ekspor .
  2. Centang Use Artboards.jika sobat mengingikan ukuran file satu artboard penuh,
  3. Di bawah Format, atur Format ke PNG.
  4. Ubah resolusi cukup 300 ppi untuk menghasilkan gambar yang sempurna, pilih transparant apabila menginginkan hasil transparan
  5. Klik Oke jika sudah selesai dengan pengaturan diatas tadi.
#3. Cara Menyimpan File Illustrator ke SVG
Cara yang lebih baik dan lebih modern untuk mengekspor grafik seperti ikon dan logo untuk web adalah dengan menggunakan format SVG. Kependekan dari Scalable Vector Graphics, SVG sebenarnya adalah bahasa markup berbasis XML.

Meskipun Anda dapat export file yang dapat Anda tautkan di halaman web, Anda juga dapat menyimpan gambar sebagai bagian kode yang dapat Anda tempel langsung ke file HTML Anda. Anda kemudian dapat mengedit ini menggunakan CSS. Ini adalah cara yang sangat efisien untuk menambahkan efek dan animasi ke gambar Anda.


  1. Buka File > Save As.
  2. Atur Format ke SVG dan klik Ekspor., Centang Use artboard jika menginginkan ukuran sesuai artboard.
  3. Atur bagian SVG optionnya sesuai keinginan sobat paling atas ada SVG profile untuk mengatur kompatibilitas sintax svgnya, ada pengaturan advancenya supaya lebih jelas tekan tahan pada masing masing kolom supaya muncul penjelasan di deskripsi
  4. Pastikan Minify dan Responsive keduanya diperiksa untuk kinerja dan kompatibilitas maksimum.
  5. Jika pengaturan sudah semuanya klik OK.
#4. Menyimpan Artboards di Adobe Illustrator
Sebelum kita mengetahui cara menyimpan file dalam format tertentu, penting untuk mengetahui bagaimana aplikasi Adobe Illustrator menangani artboards, dan cara menyimpannya sebagai file terpisah. Artboards seperti halaman berbeda dalam file Illustrator. Anda dapat menggabungkannya menjadi satu grafik, atau menyimpannya sebagai gambar terpisah.

Saat Anda menyimpan file Illustrator, Anda biasanya ditanya bagaimana Anda ingin menangani artboards. Apa yang Anda putuskan memengaruhi tampilan akhir gambar yang diekspor.
Dalam kebanyakan kasus, Anda memutuskan melalui opsi di layar Ekspor. Inilah yang harus Anda lakukan:
cara simpan ukuran pdf
  1. Jika Anda ingin menyimpan beberapa artboards sebagai file terpisah, centang kotak Use Artboards. Kemudian pilih Semua untuk menyimpan semua artboards, atau masukkan Rentang (seperti 2-4) untuk menentukan artboards mana yang akan disimpan.
  2. Ketika Anda memiliki objek yang ditempatkan di luar artboard (seperti jika itu tumpang tindih dengan tepi), centang kotak Use Artboards. Ini akan memastikan bahwa gambar akhir Anda hanya berisi apa yang ada di dalam artboard, dan sisanya terpotong.
  3. Jika semua karya seni Anda ada di dalam artboard, dan Anda hanya memiliki salah satunya, kosongkan kotak Use Artboards. Ini akan menghasilkan gambar yang dipotong hingga batas objek di dalamnya, dengan semua ruang putih dihilangkan. Ini sangat berguna untuk mengeluarkan objek berbentuk persegi atau persegi panjang.

#5.Cara Menyimpan Artboards sebagai PDF di Adobe Illustrator
Cara paling sederhana untuk menyimpan file Illustrator sebagai PDF adalah melalui opsi Save As. Namun, jika Anda menggunakan lebih dari satu artboard, ini akan menggabungkan semuanya menjadi PDF multi-halaman.
save ai ke pdf

  • Pergi ke File> Save AS.
  • Klik Default untuk simpan ke default ada pilihan lain seperti ke mode keil untuk menyimpan dalam mode web atau mobe penyimpanan besar.
  • Jiak sudah Klik Save PDF

Nah diatas adalah cara menyimpan File Illustrator dalam Format Lain: JPEG, PNG, SVG, dan Lainnya, silahkan dicoba yang sekirannya sesuai kebutuhan ya, terimakasih sudah berkunjung.


By: WSM Project
Comment Policy: HELP ME Gan. Tidak diperkenankan mengambil isi konten tanpa izin, Diperbolehkan dengan syarat menyertakan sumber..
- Jika ingin traktir admin kopi carannya cukup mudah loh.. Pause sejenak Adblock mu !
Buka Komentar