Skip to main content

Cara Membuka dan Mengunci Objek di Adobe Illustrator


Cara Lock sebuah object di software adobe illustrator adalah sebuah cara yang dipakai untuk membuat sebuah object tidak dapat digerakkan apabila secara tidak sengaja tergeser oleh mouse, atau tindakan yang secara tidak sengaja dilakukan. 

Mengunci object juga merupakan sebuah hal penting apabila kita diharuskan bekerja dengan object yang sangat kompleks, Nah. dalam hal ini mengorganisir obejct menjadi sebuah keharusan. Ada beberapa cara yang bisa kita pakai untuk mengunci sebuah object di adobe illustrator. 

Bisa secara langsung satu layer kita kunci dalam hal ini kita akan juga mengunci object-object lain yang masih dalam satu Layer atau dalam bahasa indonesianya lapisan.

Cara membuka Kunci sebuah Object di illustrator

#1. Munculkan terlebih dahulu panel layer apabila belum keluar dengan cara klik > Windows - Layer (F7), apabila sudah muncul skip saja langkah ini.
buka kunci


#2. Klik gembok/lock di sebelah gambar mata yang ada di panel layer, dalam cara ini akan mmembuka semua object dalam satu layer.
kunci layer


Atau Bisa Juga : 

#3. Silahkan menuju menu Object > Unlock All  ini akan membuat semua object yang terkunci menjadi tidak terkunci
unlock all


sangat mudah sekali pasti jika ingin tau banyak tentang shortcut adobe illustrator bisa kunjungi : Shortcut adobe Illustrator


Cara Lock sebuah Object di illustrator
#1. Mirip mirip dengan cara untuk membuka kunci namun ini hanya kebalikannya: Select terlebih dahulu object yang akan dikunci.

#2. Jika sudah dipilih Klik Object > Lock > Selection
kunci object


Atau bisa juga lewat panel layer seperti yang admin jabarkan diatas tadi

Nah diatas adalah Cara Membuka dan Mengunci Objek di Adobe Illustrator sangat mudah sekali kan saya yakin kalian semua pasti bisa melakukannya.

Comment Policy: HELP ME Gan. Tidak diperkenankan mengambil isi konten tanpa izin, Diperbolehkan dengan syarat menyertakan sumber..
- Jika ingin traktir admin kopi carannya cukup mudah loh.. Pause sejenak Adblock mu !
Buka Komentar