Cara Membuat Halftone atau Efek dot Pixel Di Adobe Illustrator


Pasti di kalangan desainer sudah tidak asing dengan teknik ini, Teknik ini sering kita sebut Halftone atau Dot titik titik yang tersusun secara rapi dan terstruktur. teknik ini bisa memakai software grafis salah satunya yang akan admin gunakan disini adalah Adobe Illustrator, Dengan photoshop dan corel juga bisa. 

Tidak hanya berupa shape kotak dan bundar namun sebuah foto juga bisa kita buat dengan color halftone, Penasaran kan carannya seperti apa ? atau jangan-jangan kalian sudah bisa, tapi ingin tau penjelasannya saja oke dibawah ini ada penjelasannya juga.

Halftone Merupakan Sekumpulan Sekumpulan titik bisa juga Ellipse yang tersusun secara rapi dan terstruktur yang berbentuk seperti pattern yang biasanya sering digunakan untuk membuat sebuah object tambahan untuk background, Salah satu yang akan kita buat adalah halftone vector. Karena memang menggunakan software berbasis vector. 

1. Cara Buat Halftone Efek dot Pixel di Adobe Illustrator (ai)

#1. - Buka Software adobe Illustrator.

#2. - Buat sebuah lembar kerja baru atau kanvas (Ctrl + N).

#3. - Buat sebuah Elipse tool (L) > beri warna gradasi dengan mode type radial pastikan warna yang gelap di taroh di dalam yah.
Cara Membuat Halftone atau Efek dot Pixel Di Adobe Illustrator
Cara Membuat Halftone atau Efek dot Pixel Di Adobe Illustrator


nb : Pada tahap ini kita telah berhasil membuat sebuah effek halftone namun belum dalam file vector masih menjadi bitmap karena apabila kita perhatikan pasti akan pecah.
Cara Membuat Halftone
Cara Membuat Halftone



#4. - Sebelum menerapkan effect pastikan sudah memilih object tadi Selanjutnya pergi ke menu Object > Expand Experience.
Cara Membuat Halftone


#5. - Setelah itu trace ke mode silhouettes di bagian tab properti yang ada panah kebawahnya, Agar object berubah ke warna hitam sempurna.
Cara Membuat Halftone


#6. - Kemudian selanjutnya teman teman silahkan  klik Expand. Nah ubah warna object sesuai dengan keinginan kalian pada tahap ini sudah dalam bentuk vector dan dijamin tidak akan pecah lagi.
expand

2. Cara Buat Halftone  Sebuah Foto di Adobe Illustrator (ai)
Jika memakai foto untuk halftone mirip mirip dengan langkah diatas hanya saja object yang linkaran kita ubah object foto di contoh kali ini ada foto Aktris Gal gadot yang admin jadikan contoh.

#1. - Buka Software adobe Illustrator.

#2. - Buat sebuah lembar kerja baru atau kanvas (Ctrl + N).

#3. - Drag dan drop foto ke dalam lembar kerja software adobe illustrator.

#4. - Sebelum menerapkan effect pastikan sudah memilih object tadi Selanjutnya pergi ke menu Object Expand Experience.

#5. - Setelah itu trace ke mode silhouettes di bagian tab properti yang ada panah kebawahnya, Agar object berubah ke warna hitam sempurna.

#6. - Kemudian selanjutnya teman teman silahkan  klik Expand. Nah ubah warna object sesuai dengan keinginan kalian pada tahap ini sudah dalam bentuk vector dan dijamin tidak akan pecah lagi.

Cara Buat Halftone  Sebuah Foto di Adobe Illustrator (ai)
Jika ingin lebih detail tinggal setting saja sesuaikan di kolom setting 

Diatas adalah cara Cara Membuat Halftone atau Efek dot Pixel Di Adobe Illustrator yang bisa kita coba, semoga bermanfaat nah di artikel sebelumnya juga ada tutorial adobe illustrator tentang : Membuka dan mengunci object di adobe illustrator.

By: WSM Project