Skip to main content

12+ Rekomendasi Buku Desain Grafis Spesial untuk Kamu


Buku Desain Grafis - Saat ini ada banyak sekali buku hebat tentang desain grafis, Saking banyaknya mungkin sobat sampai kebingungan untuk memilihnya, sekaligus kesulitan pula menentukan pilihan, nah Oleh sebab itu di kesempatan kali ini admin akan memeberikan daftar list tentang buku desain grafis yang layak dan paput anda miliki untuk memperdalam ilmu yang sedang kalian geluti atau untuk referensi skripsi kalian..

Dengan pilihan buku ini Anda akan mempelajari segala sesuatu tentang teori desain grafis, brand dan identitas, desain logo dan mendapatkan banyak inspirasi desain yang lain pastinya, karena dari judulnya sudah menyabutkan dari dalam dan luar negeri maka tidak heran jika pasti bahasa yang didalamnya mengandung bahasa indonesia.

Namun tenag saja ada karya dari dalam negeri yang tidak kalah bagusnya dari luar negeri untuk menambah ilmu seputar desain grafis, layout dan lain-lain.

#01. Designing Brand Identity 
Buku pertama ini cocok bagi kalian yang bergelut di bidang Brand yakni ada buku Designing Brand Identitiy. Buku ini merupakan buku yang harus dimiliki jika Anda ingin mempelajari lebih lanjut tentang Branding dan Desain Merek. Buku yang ditulis oleh Alina Wheeler, adalah panduan terbaik untuk Mendesain Identitas Merek dengan proses lima tahap universal untuk pengembangan merek dan kemudian implementasi desain.
buku desain grafis luar negeri
Penerbit: Wiley - Penulis: Alina Wheeler


Buku ini dibagi menjadi tiga bagian yaitu dasar-dasar Brand, dasar-dasar proses, dan studi kasus di mana Anda akan mempelajari setiap langkah merek dari awal hingga akhir.


#2.  Show Your Work
Di nomor kedua ada Show your work, ada banyak desainer grafis berbakat di dunia dan mereka memutuskan untuk memulai freelance, tetapi banyak dari mereka gagal dalam percobaan karena mereka tidak ditemukan oleh orang-orang dan sangat sedikit orang atau tidak ada yang dapat melihat karya mereka karena mereka tidak memperlihatkan sebagaimana mestinya. ' Saya tidak tahu bagaimana mendapatkan audience, dan situasi ini pasti sangat membuat frustrasi desainer grafis dan jika Anda merasa diidentifikasi dengan situasi itu, jangan khawatir, buku ini dibuat untuk Anda.
buku desain grafis


Dalam buku yang ditulis oleh Austin Kleon ini, dia akan menunjukkan 10 hal yang tidak diberitahukan orang kepada Anda tentang ditemukan, dan buku ini akan membantu Anda menemukan audiens dan membangun nama Anda sebagai Desainer Grafis.

#03. Steal Like an Artist
Sebagai desainer grafis, kita pasti perlu bekerja dengan kreativitas dan membayangkan konsep unik untuk membuat desain baru, tetapi ini adalah teori dan sering kali desainer mengalami hambatan kreativitas dan frustrasi karena kurangnya ide.
buku desain grafis


Dengan buku yang ditulis oleh Austin Kleon ini, dia akan menunjukkan kepada Anda Panduan Kreativitas dengan 10 hal yang tidak diberitahukan siapa pun, Tentang tentang menjadi kreatif, buku ini akan membantu Anda meningkatkan kreativitas dan menghindari kekurangan ide.


#04. Interaction Of Color
Interaction Of Color juga merupakan buku yang harus dimiliki oleh setiap Desainer Grafis, buku yang ditulis oleh Josef Albers ini disusun sebagai buku pegangan dan alat bantu mengajar bagi seniman. Dalam buku ini Josef Albers akan menjelaskan interaksi Warna dan prinsip teori warna yang kompleks.
buku desain


Ini adalah sumber ilmu penting tentang warna, dan sobat akan mempelajari hal-hal seperti relativitas warna, intensitas dan suhu, batas getar dan menghilang, ilusi transparansi, dan lebih banyak lagi tentang warna. Jika Anda ingin mempelajari lebih lanjut tentang teori warna, Sobat bisa juga juga melihat tentang warna di postingan blog ini disana banyak pembahasan tentang warna.


#05. The Graphic Design Idea Book
Di nomor lima ada The Graphic Design Idea Book yang ditulis oleh Steven Heller dan Gail Anderson mencakup semua elemen kunci dari desain yang hebat dan mendapatkan inspirasi dari 50 Master Desain Grafis yang berbeda. Dalam buku ini sobat juga akan menemukan karya-karya besar dari desainer grafis hebat seperti Paul Brand, Neville Brody dan Stefan Sagmeister.
buku desain


Jika Anda mencari inspirasi Desain Grafis, pelajari teknik profesional baru dan segarkan pengetahuan Anda tentang desain dengan buku ini


#06. 50 Best Logos Ever
Pernahkah Anda pernah bertanya-tanya mana desain logo terbaik di dunia? jika jawaban kalian  adalah ya, maka Anda sudah memiliki jawaban atas pertanyaan Anda dengan buku ini.
logo


Beberapa pakar Branding terbaik berkumpul untuk memutuskan desain logo mana yang terbaik, dan mereka telah membuat daftar definitif dari 50 logo terbaik yang pernah ada, di buku ini Anda juga akan melihat proses kreatif di balik karya desain identitas yang paling berkesan yang pernah ada.

#07. Grid Systems in Graphic Design
Jika Anda seorang Desainer Grafis atau sedang belajar desain, Anda pasti sudah tahu betapa pentingnya grid untuk Desain Grafis. Itulah mengapa penting untuk memiliki buku ini dalam koleksi kalian berikutnya.
logo desain grafis


Buku ini ditulis oleh seorang desainer grafis dari swiss ikonik Josef Muller-Brockmann, dan ini adalah panduan sempurna untuk menguasai sistem grid dalam Desain Grafis dengan contoh bagus tentang cara bekerja dengan benar dengan Grid


#08. Logo Modernism
Jika Anda mencari beberapa Inspirasi Desain Logo yang bagus dan mempelajari lebih banyak tentang Sejarah Logo, buku ini ditulis cocok untuk kalian. Buku ini ditulis oleh Jens Muller dan diterbitkan oleh Taschen yang sudah dikenal menghasilkan beberapa buku terbaik tentang seni, desain dan fotografi.
logo dalam desain grafis


Dalam buku ini Jens Muller telah mengumpulkan kurang lebih 6000 merek dagang yang terdaftar selama 1940-1980. Jens Muller mempelajari distilasi modernisme dalam desain grafis dan bagaimana identitas korporat lahir. Muller mengatur dan membagi semua logo ini dalam tiga kategori, geometris, efek, dan tipografi untuk memberi Anda inspirasi desain logo yang hebat.


#09. The Elements Of Typographic Style
Jika Anda ingin mempelajari segala sesuatu tentang Tipografi, buku ini cocok untuk Anda. Ditulis oleh Robert Bringhurst, Ahli Tipografi Kanada, penyair dan penerjemah, buku ini adalah panduan terbaik dan sejarah Tipografi.
buku desain grafis


Elemen Gaya Tipografi adalah panduan sempurna tentang tipografi yang menggabungkan informasi praktis, teoretis dan historis untuk lebih memahami pentingnya Tipografi dalam desain Grafis, dan jika Anda mencari buku tentang jenis dan tipografi, Anda harus mulai dengan yang satu ini.


#10. Graphic Design: A History (Third Edition)
Desain Grafis: Sejarah adalah buku yang harus dimiliki oleh setiap siswa desainer grafis dan ada di setiap agen desain grafis. Sesuai dengan namanya, buku yang ditulis oleh Stephen K Eskilson ini mencakup semua sejarah Desain Grafis dan tren desain selama ini.
desain grafis



#11. Making and Breaking the Grid (2005)
Dalam desain grafis, kita mengenal istilah “grid”.  Biasanya “grid” digunakan untuk memudahkan desainer membuat tata letak yang baik.

Buku ini dapat memberikan kamu lebih banyak gambaran tentang grid dan penggunaannya bagi desainer grafis.
desain grafis


#12. The Elements of Graphic Design
Buku The Elements of Graphic Design adalah buku wajib dimiliki para desainer grafis, terutama untuk para pemula. Buku ini dapat menjelaskan sejumlah pengetahuan dasar dari desain grafis, termasuk sejarahnya. dipublis pada tahun 2011: oleh Alex W. White


Dalam buku ini, kamu dapat mempelajari konsep dari ruang, arsitektur, juga typography.


#13. Just My Type: A Book About Fonts by Simon Garfield (2012): Simon Garfield
Buku ini lebih dari sekadar buku yang menjelaskan tentang font, melainkan buku yang penuh dengan cerita.


Just My Type: A Book about Fonts juga menceritakan bagaimana gaya font Helvetica dan Comic Sans bisa populer.

Kamu juga bisa menemukan cerita bagaimana seorang Barack Obama memilih gaya font Gotham atau Amy Winehouse yang jatuh cinta pada 30s Art Deco.


Penutup
Seperti yang saya sebutkan di bagian pendahuluan, ada banyak buku desain grafis yang benar-benar bagus, tetapi terkadang dengan pilihan sebanyak itu sulit untuk memilih mana yang akan dibaca dan mana yang sebanding dengan kantong seorang desainer freelance yang diawal kadang pemasukan belum tentu.

Itulah mengapa saya ingin membuat list lebih dari 12+ buku Penting yang harus dimiliki setiap Desainer Grafis di rak kita, dan dengan semua buku ini Anda akan menemukan informasi yang sangat berguna dan mempelajari segala sesuatu tentang Desain Grafis, Desain Logo, branding, dan tipografi.

Semoga postingan ini sangat membantu dan memudahkan Anda memilih buku Desain Grafis berikutnya untuk dibaca! Jika Anda menemukan posting tentang Buku Desain Grafis Terbaik ini berguna dan ingin mempelajari lebih lanjut tentang Desain Grafis, saya sarankan Anda untuk membaca artikel lain ini!

By: WSM Project
Comment Policy: HELP ME Gan. Tidak diperkenankan mengambil isi konten tanpa izin, Diperbolehkan dengan syarat menyertakan sumber..
- Jika ingin traktir admin kopi carannya cukup mudah loh.. Pause sejenak Adblock mu !
Buka Komentar