Skip to main content

Macam-macam Format Gambar di Photoshop yang sering kita Pakai

Format Gambar di Photoshop - Selamat datang di blog wsm project, tidak bosan-bosannya admin membagikan tutorial tentang photoshop yang dimana selain untuk admin me-refresh dan memperdalam pengetahuan seputar photoshop juga untuk kalian tentunya.  Dibeberapa postingan terdahulu admin sudah sempat membahas tentang bagaimana cara membuka foto di adobe photoshop dan merubah foto dari berwarna menjadi hitam putih.

Di photoshop mungkin sobat sudah mengenal beberapa file yang sering dipakai seperti .PSD dan JPEG kedua file inilah yang sering kita jumpai pastinya. .PSD untuk file mentah yang masih bisa kita edit-edit lagi saat akan melakukan perbaikan di project yang sedang kita kerjakan, sedangkan File format JPEG adalah gambar yang sudah jadi.
macam-macam Format Gambar di Photoshop


Oke dan di postingan ini admin akan mengenalkan lebih dalam tentang format file apa saja yang ada di dalam software adobe photoshop, yang mungkin belum sobat ketahui, oke sebenarnya format gambar apa saja yang ada di Photoshop? yang sebenarnya dari software pengolah gambar raster ini bisa menghasilkan berbagai macam file format.

Nah, tanpa panjang lebar lagi admin akan membahas apa saja file yang dihasilkan dari software adobe pahotoshop ini. Mari sob, tanpa berlama-lama lagi berikut ini merupakan beberapa detail penjelasan rinci tentang format gambar di adobe photoshop dan beberapa perbedaan yang dijumpai.

Macam-macam Format Gambar di Photoshop

  1. PHOTOSHOP DOCUMENT (PSD)
    Di nomor yang pertama kita bahas adalah format .psd. Bagi kalian yang sudah sering  memakai software Phtosohop pasti sudah tidak asing lagi dengan format ini Ya betul, format ini adalah format file dokumen asli dari Adobe Photoshop. 

    Bisa disebut format ini merupakan format file mentah karena file format
    .psd
      ini akan menyimpan semua proses yang sobat lakukan dari awal editing sampai selesai proses editing Namun, dibalik itu semua ada kekurangan yang terkandung di dalamnya kekurangannya ialah format memiliki ukuran yang sangat besar karena menyimpan semua infomasi dari awal sampai selesai. - Format File : PSD, PDD, PSDT.

  2. JOINT PHOTOGRAPHIC EXPERT GROUP (JPEG / JPG)
    Selanjutnya  adalah format JPEG atau JPG yang juga sering kita jumpai di berbagai perangkat digital format ini dikembangkan di tahun 1980. JPEG sendiri adalah salah satu format yang sangat sering dipakai di internet. Hal tersebut dikarenakan format ini dapat mengkompresi foto dengan kualitas yang bisa disesuaikan, serta format ini juga bisa menyimpan berbagai macam mode warna seperti CMYK, RGB dan Grayscale

    Bersanding dengan GIF, JPEG merupakan salah satu dari dua standar format gambar yang digunakan dalam situs situs web, dan memang tepat dipakai untuk gambar-gambar yang melibatkan representasi foto berkualitas fotografi


    dibalik keunggulan yang dimiliki pasti memiliki kekurangan apa saja kekurangan dari format JPEG ? format JPEG ini tidak bisa menyimpan gambar transparan. serta jika melakukan editing ulang dengan format ini dipastikan ada informasi yang hilang ukuran akan berkurang dan menjadi kecil dari ukuran semula serta gambar akan terlihat ngeblur.
    Jenis Format : JPG, JPEG, JPE

  3. GRAPHIC INTERCHANGE FORMAT (GIF)
    Di postingan sebelumnya sempat membahas tentang cara membuat gambar gif  Format yang sering dipakai untuk keperluan banner iklan di sebuah situs web karena format ini dapat menyimpan animasi 2D atau gambar bergerak (animated GIF).

    Format ini bisa menyimpan 256 warna serta bitmap ini juga sangat Hype di internet seperti yang admin sebutkan diatas iklan banner google pasti sebagian besar bergerak. Format GIF cuma hanya dapat menyimpan foto dalam 8 bit dan hanya dapat digunakan dengan mode grayscale, bitmap, dan index color.  Format ini merupakan format standar Internet atau dipublikasikan secara digital.


  4. BITMAP (BMP)
    Dinomor keempat ada Bitmap, Bitmap sendiri adalah representasi dari citra grafis yang terdiri dari susunan banyak titik yang tersimpan sebuah memori komputer. Dikembangkan oleh salah satu perusahaan teknologi terbesar yakni Microsoft dan nilai di setiap titik diawali oleh satu bit data untuk gambar hitam putih, atau lebih bagi gambar berwarna.

    Format BMP di platform Windows karena format ini dapat diterima di seluruh software yang beroperasi pada OS Windows. Format ini juga bisa menyimpan gambar dengan kualitas 1-24 bit, namun tidak dapat menyimpan layer dan alpha channel.
    Jenis Format : BMP, RLE, DIB

  5. PORTABLE NETWORK GRAPHIC (PNG)
    Di nomor ke 5 ada format PNG yang pastinya kalian sudah tau  karena dapat menyimpan file dalam bentuk transparan, seperti saat sobat akan mencari logo untuk keperluan proposal namun ada putih dipingir yang menggangu format itu pasti tidak berformat PNG.

    Dengan tidak adanya kompresi ulang maka tentu format ini bisa memiliki ukuran yang besar dibanding JPEG maupun format lain. Format ini biasanya memakai untuk menampilkan objek halaman web. Keuntungan lainnya dari format PNG adalah format ini menyimpan file dalam 24 bit dan dapat menyimpan alpha channel beda dengan file JPEG yang tidak bisa.

  6. ENCAPSULATED POSTSCRIPT (EPS)
    Di nomor enam ada .EPS format ini dihasilkan dari Software Adobe Illustrator namun juga bisa dibuka di Sofatware adobe photoshop dan CorelDraw. EPS sendiri adalah kepanjangan dari Encapsulated PostScript. Format ini Supoort dalam banyak mode warna seperti RGB, Lab, CMYK, Duplex, Indexed, dan Grayscale. Biasanya dipakai untuk proses pengeditan lebih lanjut di software Adobe Illustrator, dan bisa juga CorelDraw.

  7. TAGGED IMAGE FORMAT FILE (TIFF / TIF)
    Dinomor ketujuh ada format yang biasa digunakan dalam percetakan karena mampu menyimpan gambar dengan kualitas tinggi hinggi 32 bit.jika pernah kerja dipercetakan pasti akan sudah tahu tidak semua percetakan memakai cara ininamun sebagian akan export file ke format ini sebelum naik ke mesin cetak. Sama seperti PNG, dengan kelebihan yang dimiliki file format TIF ini memiliki ukuran yang relatif besar seperti file mentah PSD diatas tadi.
    Jenis Format : TIFF, TIF


Format Foto di Photoshop yang lain
Tidak hanya file diatas namun ada beberapa file yang bisa dibuka dan diolah lewat software adobe photoshop. Apa sajakah itu ? dibawah ini adabeberapa file.
  • Dicom (.dcm, .dc3, .dic)
  • Large Document Format (.psb)
  • IFF Format (.iff, .tdi)
  • JPEG 2000 (.jpf, .jpx, .jp2, .j2c, .j2k, .jpc)
  • JPEG Stereo (.jps)
  • Multi Picture Format (.mpo)
  • PCX (.pcx)
  • Photoshop PDF (.pdf, .pdp)
  • Photoshop RAW (.raw)
  • Pixar (.pxr)
  • Portable Bitmap (.pbm, .pgm, .ppm, .pnm, .pfm, .pam)
  • Scitex CT (.sct)
  • Targa (.tga, .vda, .icb, .vst)
Penutup
Diatas adalah Macam-macam Format Gambar di Photoshop yang sering kita Pakai. Semoga bisa membantu ya sob. silahkan share apabila dirasa bermanfaat dan komentar apabila ada tambahan dan masukan bagi artikel ini sob, terimakasih sudah mampir di postingan ini.

 
By: WSM Project
Comment Policy: HELP ME Gan. Tidak diperkenankan mengambil isi konten tanpa izin, Diperbolehkan dengan syarat menyertakan sumber..Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini.
Buka Komentar