Skip to main content

Cara Membuat Background Blur di Photoshop Dalam 1 Menit

Cara blur di photoshop
- Pernah menjumpai effect blur dan fokus di foto sepuah postingan instagram artis atau selebgram kesayangan mu, itu bisa dihasilkan lewat sebuah kamera ponsel, kamera dslr dan bisa lewat adobe photoshop. 

Oke, membahas tentang photoshop pasti tidak ada habisnya bukan karena Software ini memang powerfull untuk keperluan editing, salah satunya adalah teknik blur. Menerapkan effect blur di background dengan software photoshop bertujuan agar object utama lebih fokus dari pada latar belakang, lebih jelas dan lebih menonjol. 


Di Smartphone generasi terbaru saat ini yang memiliki kamera lebih dari 1 biji, bisa dua bahkan tiga, yang dikembangkan oleh desainer vendor masing2 namun masih kalah sensornya dengan kamera DSLR dan Mirroless. Apabila sobat belum memiliki hp keluaran terbaru, masih smartphone potato. dan juga tidak memiliki DSLR dan Mirroless, ada alternatif dengan software photoshop

Blur merupakan effect yang dipakai di foto yang bisa memberikan hasil yang lebih jelas pada object utama dari pada background di belakangnya. Teknik ini sudah begitu lama dikenal di dalam dunia fotografi. Dengan begitu penikmat foto akan lebih fokus melihat object utama nya.
Cara Membuat Background Blur di Photoshop


Kelebihan Memakai Blur di Photoshop 
  • Mempercantik hasil foto.
  • Membuat fokus pada suatu objek.
  • Membuat detail foto.
  • Membuat efek berkabur.
  • Dan lain-lain.
Cara Membuat Background Blur


Cara Membuat Blur di Photoshop Mudah
Tanpa berlama-lama lagi mari kita simak bersama-sama seperti apa cara yang bisa dipakai dengan photoshop ini. di photoshop pun ada banyak cara untuk menciptakan effect blur, silahkan dicoba dan disesuaikan dengan kebutuhan anda masing-masing.

  1. Pilih gambar yang akan dibuat blur lewat software adobe photoshop pastikan gambar memiliki resolusi yang bagus dan besar, di contoh ini kami memakai.
    cara-blur-di-photoshop

  2. Seleksi bagian yang akan dibuat jelas dengan tools seleksi seperti Marquee Tool (1), Lasso Tool (2), Quick Selection Tool dan Magic Wand Tool (3) atau menggunakan teknik seleksi lainnya. dan admin disini memakai peen tool untuk melakukan seleksi pada object.
  3. Duplikat gambar aple menjadi dua, jika benar akan terlihat seperti gambar disamping.
  4. Pada gambar ini admin melakukan diseleksi dibuah apel yang masih utuh di pohonnya dan akan dileksi sesuai bentuk buah apel background dibelakanngya akan dibuat blur dan gambar apel yang akan tetap dibiarkan seperti aslinya, dengan pen tool.
  5. Setelah shape hasil dari seleksi pen tool menutupi semua maka, langkah selanjutnya adalah klik  kemudian ketika sudah muncul pilihan -> pilih make selection
    cara-blur-di-photoshop

  6. Setelah apel terseleksi dan seleksinya aktif, langkah yang harus dilakukan selanjutnya adalah balik seleksi dengan memilih menu -> Select Inverse.
    cara-blur-di-photoshop

  7. Setelah bagian background terseleksi seperti yang telah dilakukan di langkah nomer ke 6 maka pilih menu filter -> blur -> gaussian blur.
    cara-blur-di-photoshop

  8. Setelah muncul gaussian blur  atur nominal semakin besar maka akan semakin blur backgroundnya.
    cara-blur-di-photoshop

  9. selesai.

Nah diatas adalah artikel tentang cara membuat background blur di adobe photoshop, Gimana sob mudah bukan?. Coba sob silahkan diterapkan dulu sendiri, dijamin tidak ribet dan cepat cocok bagi anda yang baru belajar tentang adobe photoshop, kok. 

Tutorial diatas bisa sobat kembangkan sendiri tergantung dari seberapa sering sobat memakai software dan berlatih tentang editing foto dengan photoshop. Untuk versi adobe photoshopnya admin memakai adobe photoshop CS 6 namun jangan kawatir tidak ada perbedaan yang signifikan di versi sebelum dan sesudahnya asalkan versinya tidak terlalu terpaud jauh.

Selamat mencoba semoga bermanfaat sob.


By: WSM Project
Comment Policy: HELP ME Gan. Tidak diperkenankan mengambil isi konten tanpa izin, Diperbolehkan dengan syarat menyertakan sumber..Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini.
Buka Komentar