Skip to main content

Cara Menghapus Tulisan di Photoshop


Cara Menghapus Tulisan di Photoshop
- Di artikel sebelumnya admin sudah membahas tentang 20 lebih plugin photoshop, sedangkan di artikel sekarang ini admin akan memberikan cara untuk menghilangkan tulisan lewat photoshop. 

Terkadang saat kita melakukan edit gambar di photoshop mengalami kendala ada beberapa  tulisan yang tidak sesuai dengan gambar dan tema desain yang diharapkan. yang mengharuskan kita untuk menghapus sebuah tulisan tersebut. 

Bagi seorang yang sering memakai photoshop agar lebih tau, mari kita simak sedikit tentang update perkembanggan terkininya. Hingga saat ini, photoshop series sudah update hingga CC 2020 saat artikel ini dibuat. namun admin masih memakai yang CS6. Di CS 6 ini cara menghilangkan sebuah object termasuk tulisan sangat mudahsekali bahkan tanpa harus menghilangkan atau merusak background yang ada di bawah tulisannya.

 Bagaimana sih caranya? Berikut akan diulas secara singkat, jelas dan padat. Namun sebelum masuk lebih jauh yuk simak dulu ulasan tentang Adobe Photoshop. apabila ingin belajar dasar photoshop sobat bisa kunjungi menu photoshop yang ada di menu

Cara Menghapus Tulisan di Photoshop tanpa Menghapus Background
Photoshop mempunyai tools untuk dapat membantu Anda untuk menghilangkan tulisan disebuah gambar. Bahkan tersedia banyak cara, sehingga Anda dapat memilih yang termudah untuk digunakan. Kalau ingin tahu lebih jelasnya, yuk ikuti langkah-langkahnya berikut ini:

1. Cara Menghapus Teks dengan Clone Stamp
Cara Pertama yang bisa sobat pakai untuk menghilangkan sebuah tulisan di gambar adalah dengan menggunakan tool Clone Stamp. Prosesnya pun juga cukup sederhana, hanya perlu mengambil beberapa bagian yang akan dijadikan sumber clone lalu arahkan ke tulisan pada gambar. basisnya kita copy dan paste ke bagian gambar yang ada tulisannya.
  1. Langkah awal buka aplikasi photoshop terlebih dahulu.
  2. Kemudian buka salah satu gambar yang ingin di hapus tulisannya.
  3. Duplikat layernya menjadi 2 atau bisa menekan (CTRL+J) pada keyboard
    duplikat gambar

  4. Saatnya pilih Clone Stamp Tool untuk dapat menghilangkan tulisan pada gambar yang akan dihilangkan tulisannya.
    clone stamp tool

  5. Setelah memilih Clone stamp Tool sobat hanya tinggal perlu mengambil jarak area didekat tulisan yang berguna untuk menyamarkannya. Caranya tahan tombol Alt pada keyboard dan klik kiri pada area diluar tulisan.
    menghapus tulisan di photoshop

  6. Kemudian tahan klik kiri dan arahkan ke tulisan. Apabila ada tulisan yang tidak dapat disamarkan, kita dapat mengambil jarak kembali diarea terdekatnya, untuk mengambil sample untuk di pastekan di area yang akan di hilangkan tulisannya.
  7. Apabila ingin mengatur Besar Brush dan area headrness dan lain-lain bisa klik kanan saat masih dalam mode Clone stamp Tool
    menghapus tulisan di photoshop clone stamp tool

  8. Langkah delapan adalah hasil akhir dari cara menghapus tulisan tanpa menghapus background-nya dengan clone stamp akan seperti gambar dibawah ini.
    menghapus tulisan di photoshop clone stamp tool

  9. Selesai dan tulisan akan hilang dengan memakai Clone stamp Tool.
2. Cara Cepat Hapus Teks Pada Background
Kemudian cara Kedua berikut ini dapat digunakan untuk menghilangkan tulisan tanpa harus merusak background di Photoshop. Jadi sobat  tidak perlu takut gambar yang akan dihapus backgroundnya akan  menjadi tidak karuan / rusak. berikut langkah-langkahnya.
  1. Langkah awal buka aplikasi Photoshop terlebih dahulu.
  2. Drag dan drop gambar yang akan di hilangkan tulisannya atau bisa juga dengan klik file -> Open (CTRL+O) pilih gambar yang akan dihilangkan tulisannya.
  3. Kemudian setelah gambar terbuka, sekarang harus menduplikasi layer. Caranya klik kanan pada layer gambar utama > klik kanan -> pilih Duplicate Layer atau bisa tekan (Ctrl + J) pada keyboard.
    duplikat layer

  4. seleksi tulisan dengan tool  Magic Wand Tool untuk menyeleksi tulisan pada gambar
    magic want tool

  5. Tekan Shift pada keyboard saat proses seleksi agar bisa menyeleksi object lebih dari satu, jika object yang akan diseleksi banyak, usahakan jangan sampai lepas ya gan agar tidak mengulang dari awal.
  6. Setelah diseleksi, sekarang klik menu Edit > pilih Fill. Sobat juga bisa memakai shortcut pada keyboard dengan menekan (Shift + F5).
    magic want tool

  7. Kemudian akan muncul jendela untuk melakukan pengaturan Fill, kemudian langsung klik OK saja.
  8. Hanya tersisa bekas nya di bagian pinggir.
    magic want tool

  9. Lalu untuk dapat menghapusnya dengan bersih, maka sekarang klik Spot Healing Brush Tool(J).
  10. Selesai, sekarang tulisan pada gambar tersebut telah berhasil dihilangkan.
    Cara Menghapus Tulisan di Photoshop
    Admin mempraktikkan tutoria ini di versi photoshop CS 6 akan sedikit berbeda di versi photoshop terdahulu.
3. Cara Menghapus Teks Menggunakan Fungsi Rasterize
Cara yang ketiga yakni dengan memanfaatkan fungsi Resize untuk menghapus tulisan pada photoshop dengan hasil yang sangat rapih sekali sob begini Caranya:
  1. Langkah pertama, Anda perlu buka aplikasi Photoshop terlebih dahulu.
  2. Kemudian buka gambar yang ingin dihapus tulisannya.
    Cara Menghapus Teks Menggunakan Fungsi Rasterize

  3. Sekarang Anda harus menduplikasi layer terlebih dahulu dengan cara klik Ctrl + J.
  4. Selanjutnya klik kanan pada layer yang telah diduplikasi > pilih Rasterize Layer.
  5. Kemudian pilih Lasso Tool dan arahkan ke tulisan yang ada pada gambar.
    lasso tools

  6. Untuk menghilangkan tulisannya, Anda dapat menggunakan Spot Healing Brush Tool dan arahkan ke teks yang sudah diseleksi.
    menghapus tulisan

  7. Maka hasilnya akan menjadi seperti gambar berikut ini.
  8. Selesai, begitulah langkah-langkah untuk menghapus tulisan dengan menggunakan fungsi rasterize.
4. Cara Menghapus Teks Menggunakan Content-Aware Fill
Cara terahir bukan berarti cara yang sulit atau kurang sempurna namun bisa sobat jadikan opsi terahir apabila cara 1-3 kurang begitu bisa. Cara ini dapat digunakan untuk menghapus tulisan di Photoshop tanpa menghapus background dari gambar aslinya, cara ini termasuk cara praktis.
  1. Pastikan program photoshop sudah terinstall dan buka programnya terlebih dahulu
  2. Kemudian masukkan gambar yang ingin dihapus tulisannya.
  3. Duplikat gambar yang sudah berhasil dibukak dengan menekan (CTRL-J)

  4. Sekarang pilih Lasso Tool dan arahkan ke setiap sudut dari tulisan pada gambar tersebut.
  5. Setelah itu buka konfigurasi Fill dengan cara klik menu Edit > pilih Fill. Anda juga dapat menggunakan shortcutdengan menekan Shift + F5 pada keyboard.
    tulisan photoshop

  6. Maka jendela Fill akan muncul dan untuk dapat menyamarkan tulisanya Anda langsung klik OK.
    Content-Aware Fill

  7. Berikut hasil akhir dari gambar yang sudah dihapus tulisannya dengan menggunakan content-aware fill.
  8. selesai

Nah, diatas adalah beberapa cara untuk menghapus tulisan di Adobe Photoshop. Sobat cukup dapat menggunakan salah satu caranya saja yang menurutnya paling mudah. Masih ada kebinggungan melakukan langkah-langkahnya? Tenang, silahkan sobat tanyakan kepada kami lewat komentar lewat bawah ini.

Comment Policy: HELP ME Gan. Tidak diperkenankan mengambil isi konten tanpa izin, Diperbolehkan dengan syarat menyertakan sumber..Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini.
Buka Komentar