Skip to main content

13 Software Alternatif Adobe Photoshop


Alternatif photoshop
- Ada beberapa alasan bahkan bisa banyak alasan mengapa kita menjadi mencari alternatif  Photoshop. Mungkin apabila langganan Photoshop CC terasa berat karena mahal dan spesifikasi laptop mu tidak mampu menanggung beratnya photoshop versi terbaru yang baru rilis.

Mungkin Anda ingin memperoleh tools dukungan dari sekumpulan yang lebih kecil. Atau mungkin sobat tidak membutuhkan jutaan fitur yang disertakan dengan Photoshop, hanya butuh beberapa saja, karena kebanyakan.

Sebenarnya, Photoshop adalah merek yang ada di mana-mana sehingga, seperti Google, telah menjadi kata kerja. Materi iklan tidak mengedit gambar, mereka menggunakan Photoshop. Ini semua adalah PR yang bagus untuk Adobe, tetapi mungkin membuat Kita berpikir bahwa tidak ada perangkat lunak lain yang sepadan dengan waktu Anda - dan meskipun kami adalah penggemar Photoshop, kami dengan rendah hati tidak setuju dengan asumsi itu.

Adobe Photoshop atau yang lebih dikenal dengan Photoshop memang memiliki banyak keunggulan, namun dibalik keunggulan pasti ada kekurangan yang dimiliki apasa itu kekurangan yang dimiliki oleh photosho, sempat disinggung diatas harga photoshop untuk langganan memang sangat mahal, ada yang murah memang seperti download versi bajakan, namun itu tidak menjadi rekomendasi.

Laptop yang diharuskan memiliki spesifikasi yang tinggi untuk memakai software photoshop berikut rekomendasi laptop untuk photoshop.

Alternatif untuk Photoshop ini layak untuk dicoba karena beberapa di antaranya sama cangginhnya untuk menghasilkan karya yang sangat profesional. Lainnya adalah sebagian kecil dari harga, atau tanpa biaya sama sekali. Untuk opsi lainnya, lihat daftar aplikasi foto dan perangkat lunak pengedit foto yang berhasil admin kumpulkan bersama dengan para tim.
13 Software Alternatif Adobe Photoshop 
  1. Acorn
    Software Alternatif Adobe Photoshop  1.acorn
    Platform: MacOS 10.11 | Latest version: 6.6 | Free trial: Yes | Free version: No

    Perangkat lunak pengedit gambar Acorn memulai debutnya pada tahun 2007 dan telah memberikan para penggemar dan seniman dengan anggaran terbatas dengan alternatif Photoshop yang hebat dan terjangkau sejak saat itu. Fitur perangkat lunak termasuk gaya lapisan, filter non-destruktif, kurva dan level, mode pencampuran dan banyak lagi.

    Edisi terbaru - Acorn 6 - mencakup opsi Skala dan Transformasi baru, kemampuan untuk menggunakan alat Klon di seluruh lapisan atau gambar, dan kemampuan untuk menggunakan emoji di jalur, tentunya ada beberapa kelebihan dan kekurangan yang dimiliki software ini, kelebihannya murah, bisa di pakai untuk kerja cepat karena tools nya sederhana. 

    kekurangan hanya bisa dipakai di Mac OS dan tidak ada Tidak memiliki pengatur foto.

  2. SumoPaint

    sumopaint
    Platform: Browser | Versi terbaru: N / A | Free Trial: Tidak | Versi gratis: Ya

    SumoPaint adalah editor gambar berbasis browser gratis yang berkemampuan tinggi. Semua fitur standar yang Anda harapkan dari alat desktop ada dan benar. Ringan dan cepat dimuat, dan versi gratisnya sangat berguna. Ada juga versi Pro berbayar.

    Rangkaian tool dan penyesuaian standar yang sobat harapkan semuanya disertakan. brush, pensil, shape, teks, cloning dan gradien, dll semuanya dengan cepat diakses dari toolbar mengambang Photoshop-esque. Itu juga dapat membuka dokumen yang disimpan dari hard drive mu, menjadikan SumoPaint opsi yang sangat layak untuk mengedit dan mengedit ulang.

    Beberapa tool bekerja dengan cara yang berbeda untuk Photoshop, menawarkan kemungkinan yang akan sulit untuk dicocokkan dalam penawaran Adobe. Namun, ada batasan yang akan menunda beberapa pengguna, terutama di versi gratis.

    kelebihan dari aplikasi ini bisa di pakai dalam berbagai platform yang berbeda seperti windows dan mac os, serta bisa diperoleh secara gratis.

  3. Paint.net
    paint.net
    Platform: Windows | Latest version: 4.2.12 | Free trial: Yes | Free version: Yes
    Paint.net adalah alternatif berbasis Windows untuk editor Paint yang dikirimkan Microsoft dengan versi Windows. Jangan biarkan hal itu membuat Anda kesal: ini adalah alat yang sangat mampu dan berguna, tersedia sepenuhnya gratis melalui Getpaint.net (ada juga versi berbayar di toko Windows).

    Perangkat lunak ini memulai kehidupannya sebagai proyek sarjana yang disponsori Microsoft, dan telah menjadi proyek sumber terbuka yang dikelola oleh beberapa alumni. Fokusnya adalah pada kemudahan penggunaan, dan ada kecenderungan pasti ke arah pengeditan foto daripada kreasi artistik. Meskipun demikian, ada berbagai efek khusus yang tersedia, memungkinkan Anda dengan mudah membuat perspektif palsu, memadukan dan mendorong piksel di sekitar kanvas, pilihan ubin dan pengulangan, dan sebagainya.

    Berbagai alat seleksi yang baik, dukungan untuk lapisan, dan penyesuaian seperti kurva dan kecerahan / kontras berarti bahwa Paint.net adalah alternatif yang bagus untuk Photoshop untuk pengeditan foto, terutama jika Anda dapat melakukannya tanpa beberapa tambahan yang lebih baru pada set alat Photoshop.

    Kelebihan dari software ini adalah mudah dipelajari bagi pemula sekalipun, serta gratis di dapat, namun software ini hanya bisa dijalankan di OS windows, mac belum bisa serta fitur yang disediakan sangat terbatas.

  4. Corel PHOTO-PAINT
    Platform: Windows | Latest version: 2020 | Free trial: Yes | Free version: No

    PHOTO-PAINT adalah editor foto khusus di CorelDRAW Graphics Suite. Rangkaian ini telah diperbarui untuk tahun 2020, dengan aplikasi apik untuk membuat fitur kolaborasi yang lebih baik saat dalam perjalanan dan semua ilustrasi vektor profesional, tata letak, pengeditan foto, dan alat tipografi yang Anda butuhkan.

    kelebihan dari software ini adalah tool nya yang profesional, di optimasi khusus untuk windows

    Rangkaian ini dirancang untuk bekerja sempurna dengan Windows 10, menawarkan tampilan multi-monitor dan dukungan untuk tampilan 4K.
    Corel PhotoPaint


  5. Pixlr

    pixlr

    Platform: Browser | Latest version: X | Free trial: No | Free version: Yes
    Pixlr adalah alternatif gratis untuk Photoshop yang menawarkan lebih dari 600 efek, overlay, dan border. Ini juga memungkinkan Anda melakukan semua hal utama yang Anda harapkan dari editor foto dasar, mulai dari memotong dan mengubah ukuran hingga menghilangkan mata merah dan memutihkan gigi.

    Jika Anda terbiasa menggunakan Photoshop, Anda akan menemukan antarmuka pengguna Pixlr mudah diambil dengan cepat, karena sangat mirip. Aplikasi gratis ini tersedia di versi iOS dan Android, atau Anda dapat menggunakannya sebagai aplikasi web.

  6. Pixelmator Pro
    Pixelmator Pro
    Platform: macOS 10.13+ | Latest version: 1.6.4 | Free trial: Yes | Free version: No
    Pixelmator telah ada untuk beberapa waktu sekarang, tetapi baru-baru ini tim merilis Pixelmator Pro. Sementara alat sebelumnya menggunakan jendela mengambang, versi Pro memiliki UI jendela tunggal yang lebih dapat digunakan, dan menawarkan pengeditan gambar yang tidak merusak.

    Tim telah mengupas kembali antarmuka, yang seharusnya membuatnya mudah untuk diambil - dan ada opsi 'antarmuka tersembunyi' yang dapat Anda aktifkan jika Anda hanya ingin melihat gambar Anda, tanpa gangguan.

    Alternatif Photoshop ini dirancang khusus untuk digunakan pada Mac, dan mendukung fitur-fitur seperti tab, layar penuh dan tampilan terpisah.

  7. GIMP
    gimp

    Platform: Linux, Windows, Mac | Versi terbaru: 2.10.18 | Free Trial: Tidak | Free version: Ya
    Alternatif sumber terbuka gratis untuk Photoshop yang telah ada selama bertahun-tahun keledai, GIMP adalah singkatan dari GNU Image Manipulation Program. Hari ini tersedia dalam versi untuk Linux, Windows dan Mac.

    GIMP menawarkan seperangkat alat yang luas, mirip dengan Photoshop dalam banyak hal, dan merupakan pilihan yang bagus jika Anda mencari editor gambar tanpa biaya. Antarmukanya agak berbeda dari Photoshop, tetapi versi GIMP tersedia yang meniru tampilan dan nuansa Adobe, membuatnya lebih mudah untuk bermigrasi jika Anda meninggalkan Photoshop.

    Rangkaian alat lengkap tersedia di sini - semua yang biasa Anda lakukan mudah dijangkau, termasuk alat melukis, koreksi warna, kloning, seleksi, dan peningkatan. Tim yang mengawasi pengembangan telah bekerja keras untuk memastikan kompatibilitas juga, jadi Anda akan dapat bekerja dengan semua format file populer tanpa masalah sama sekali. Anda juga akan menemukan pengelola file yang sangat mumpuni, serupa dengan Jembatan Adobe.

    Secara keseluruhan, ini adalah opsi yang bagus apakah Anda memiliki anggaran terbatas, atau ingin pindah dari Photoshop karena alasan lain.

  8. Sketch
    sketch
    Platform: MacOS 10.14.4+ | Versi terbaru: 66.1 | Free Trial: Ya | Free Version: Tidak
    Sketch adalah aplikasi grafik vektor profesional untuk materi iklan yang telah menciptakan buzz besar dalam komunitas desain, dan desainer web pada khususnya.

    Tim pengembangan di balik Sketch telah membuatnya sefleksibel mungkin, dengan dukungan pembesaran tak terbatas dan bentuk vektor yang sempurna untuk berbagai resolusi. Anda dapat membuat grafik baru dari bentuk primitif atau memulai yang baru dengan alat Vektor atau Pensil.

    Ini memiliki UI yang sangat sederhana dan memiliki banyak fitur yang mirip dengan Photoshop dan Illustrator, termasuk lapisan, gradien, pemilih warna dan preset gaya. Popularitasnya berarti ada juga banyak plugin Sketsa buatan komunitas yang dapat Anda gunakan untuk memperluas fungsinya.

    Tools yang disediakan sangat profesional, sangat bersih fokus di UI desain nya dan kekurangan di software ini hanya dapat di gunakan di Mac saja serta tidak bisa di gunakan untuk basis raster.

  9. Photopea

    Berkat kemajuan berkelanjutan dalam teknologi web, Anda tidak selalu memerlukan aplikasi terpisah untuk melakukan banyak hal yang Anda gunakan Photoshop, dan Photopea adalah editor gambar berbasis browser terbaru yang dapat menangani sebagian besar alur kerja Anda.

    Didesain untuk menjadi editor tingkat lanjut dengan alat pro, Photopea memiliki kemiripan yang berbeda dengan Photoshop dan menampilkan sebagian besar alat yang Anda perlukan untuk pekerjaan gambar sehari-hari. Ini akan membuka sebagian besar format file standar seperti JPG, PNG dan RAW, dan itu akan menerima file Sketch, GIMP dan bahkan Photoshop PSD.

    Photopea mendukung lapisan dan topeng lapisan, memungkinkan Anda menggunakan mode campuran dan fitur setumpuk alat seleksi, dari tenda standar hingga laso magnetik dan alat seleksi cepat. Meskipun tidak menawarkan fitur-fitur canggih yang Anda harapkan di Photoshop seperti konten yang sadar konten, itu masih memiliki lebih dari cukup untuk membuat sebagian besar desainer dan seniman senang, dan itu sepenuhnya gratis untuk digunakan.

    Namun, jika Anda tidak menyukai iklan, ada juga opsi untuk berlangganan versi premium yang menghilangkannya dan juga memberi Anda tingkat pembatalan ekstra: 60 daripada 30.
    photopea
    Platform: Web | Latest version: N/A | Free trial: No | Free version: Yes

  10. Affinity Photo
    Sepenuhnya kompatibel dengan Photoshop dan format file lainnya, Affinity Photo ditujukan untuk fotografer dan desainer profesional, dan meskipun jauh lebih murah daripada Photoshop (tanpa berlangganan), pembuatnya berpendapat bahwa itu sebenarnya lebih baik. Kami pikir itu mungkin alternatif Photoshop paling serius yang pernah kami lihat hingga saat ini.

    Muncul dengan janji kecepatan yang lebih tinggi, lebih sedikit crash dan undos tidak terbatas tetapi sebenarnya, jumlah peningkatan kinerja yang akan Anda dapatkan mungkin akan bergantung pada peralatan apa yang Anda gunakan (ini telah dirancang khusus untuk memanfaatkan teknologi quad core terbaru ).

    Affinity Photo tersedia untuk Mac dan Windows, dan ada versi terpisah untuk iPad. Jika Anda mencari alternatif untuk Photoshop, Affinity Photo pasti layak untuk diselidiki.

    Platform: Mac OS 10.9+, Windows 7+; iPad version sold separately: iOS 12+ | Latest version: 1.8.3 | Free trial: Yes | Free version: No
    Affinity Photo

  11. ArtRage
    ArtRage dirancang untuk memastikan seniman dapat fokus pada kreativitas mereka. Ini menawarkan minyak realistis, pensil, cat air, tekstur kanvas dan alat lukis media tradisional lainnya, banyak di antaranya sepenuhnya dapat disesuaikan.

    Antarmuka minimalis program menghilang saat Anda mulai mengecat di dekatnya dan kembali segera setelah Anda selesai. Alat populer segera terlihat, dengan fitur lain yang jarang digunakan disembunyikan di dalam pod untuk menghindari penggunaan ruang. Masalah alur kerja kecil muncul di berbagai cara program untuk mengubah ukuran kuas, tetapi ini sama sekali bukan pemecah kesepakatan.

    Jika Anda baru mengenal lukisan digital dan mencari program yang terjangkau dan intuitif, ArtRage adalah opsi yang sangat layak dipertimbangkan. Perangkat lunak ini juga tersedia untuk iOS dan Android, dengan harga hanya £ 4.

    Platform: Mac OS X 10+, Windows 7+; separate apps for for iOS and Android | Latest version: 6 | Free trial: Demo version | Free version: No
    artrage

  12. Rebelle
    Jika Anda mencari program yang memberikan pengalaman melukis yang nyata, Anda bisa mengunjungi Escape Motions ’Rebelle. Program yang luar biasa dan terjangkau ini mereplikasi teknik melukis tradisional - khususnya cat air - dengan keaslian mutlak.

    Rebelle meniru cara cat berperilaku di dunia nyata, memungkinkan pengguna untuk mensimulasikan setetes warna yang ditiup dan berjalan ke arah yang berbeda. Anda dapat menentukan panjang hembusan, ukuran tetesan dan jumlah air yang Anda 'gunakan' dengan cat Anda. Sementara itu, opsi Tilt memungkinkan warna Anda berjalan ke arah mana pun yang Anda pilih.

    Jika ada satu kelemahan kecil dengan Rebelle, itu adalah jumlah preset kuas terbatas yang akan Anda temukan disertakan. Namun, opsi untuk membuatnya sendiri tersedia, dengan alat Pembuat Kuas bawaan untuk membantu membuatnya mudah.
    laternatif photoshop


    Sebuah paket perangkat lunak melukis yang sangat profesional, Escape Motions sangat tertarik untuk menjaga fokus Rebelle pada media tradisional dan cara terbaik untuk menampilkannya di dunia digital. Dan kami harus mengatakan itu melakukan pekerjaan yang sangat baik.

  13. Procreate
    Jika ini adalah aplikasi melukis untuk iPad yang Anda incar, Anda akan kesulitan menemukan kinerja dan nilai yang lebih baik daripada Procreate. Apa yang pertama kali dimulai sebagai aplikasi gambar dasar pada tahun 2010, telah berubah selama bertahun-tahun menjadi alat yang sangat profesional - sedemikian rupa sehingga bahkan mengantongi sendiri Penghargaan Desain Apple pada tahun 2013.

    Dengan tata letak yang mudah digunakan, Procreate dikemas dengan fitur yang disukai seniman, mulai dari pensil, tinta, dan kuas yang nyata, hingga pengomposisian lapisan lanjutan dan alat digital unik untuk membantu mewujudkan visi kreatif Anda. Menambahkan dukungan telapak tangan berarti Anda tidak perlu lagi khawatir akan menggambar kanvas Anda secara tidak sengaja, dan perpustakaan kuas Procreate yang terus berkembang akan membantu Anda menambahkan bakat pada karya seni Anda.

    Procreate memiliki dukungan penuh untuk Apple Pensil generasi pertama dan kedua (bergantung pada model iPad Anda). Dan tahun lalu, pengguna menyambut alat Teks baru yang telah lama ditunggu dengan tangan terbuka. 2019 juga menandai rilis versi iPhone khusus dari aplikasi lukisan juga, yang diberi nama Procreate Pocket. Anda tidak akan menemukan semua fitur yang Anda harapkan dari Photoshop di sini, tentu saja, tetapi untuk lukisan digital secara khusus, Anda akan memiliki paling tidak sebagian besar dari yang Anda butuhkan.
    procreate


    Ada buku pegangan gratis di situs web Procreate, yang menampilkan ikhtisar dari semua fitur dan alat aplikasi, untuk membantu Anda memulai. Akses seumur hidup ke semua ini dengan harga di bawah £ 10 menimbulkan pertanyaan, 'Mengapa tidak?'

Comment Policy: HELP ME Gan. Tidak diperkenankan mengambil isi konten tanpa izin, Diperbolehkan dengan syarat menyertakan sumber..Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini.
Buka Komentar