Skip to main content

3 Cara mengecilkan gambar di photoshop [BERGAMBAR]

Cara mengecilkan gambar di photoshop
di postingan sebelumnya kita sudah membahas tentang cara menghapus tulisan di photoshop, dan di artikel kali ini admin akan memebahas tentang cara mengecilkan gambar dengan bantuan software adobe photoshop. 

Keahlian ini merupakan keahlian dasar yang harus dimiliki bagi yang akan belajar photoshop lebih dalam, agar bisa menghasilkan sebuah editing yang diharapkan. Ada beberapa cara yang bisa digubakan untuk mengecilkan foto atau gambar di adobe photoshop, dengan image Size atau juga bisa juga dengan free transform.

Apa itu Transform dan apa itu Image Size?. Untuk Free Transform memiliki fungsi untuk mengubah ukuran sebuah objek yang ada di lembar kerja photoshop bisa juga untuk layer, sedangkan Image Size dipakai untuk merubah sebuah Size gambar. kedua-duanya masih di menu photoshop, Free Transform berada di menu Edit-> Free transform atau bisa menekan shorcut (CTRL+T), sedangkan untuk Image Size berada di menu Image atau bisa menekan shortcut (CTRL+ATL+I).

Transform pada Photoshop adalah salah satu fitur / tools yang dapat mengubah ukuran, memutar, melengkungkan, mengubah perspektif, membalikan dan lain-lain pada sebuah object. Transform ini diciptakan agar kita lebih mudah dalam mengatur sebuah object yang ada di Photoshop sehingga desain yang akan dibuat lebih sempurna dengan adanya tools ini.

Image Size di photoshop adalah sebuah ukuran gambar berupa panjang dan lebar yang di ukur dalam satuan pixel, setiap gambar pasti memiliki rasionya masing-masing, jika di menu explor windows kita membuka foto dan lihat propertinya pasti ada besar panjang dan lebarnya.

Jika kebanyakan dari kita mungkin memakai software tambahan untuk mengecilkan sebuah gambar seperti format factory tinyPNG atau lewat online di compessjpg.com, namun di tutroal kali ini admin akan memberikan tutorial di photoshop, tanpa harus menambahkan aplikasi tambahan tiatas, apabila sobat sudah ada photoshop, ini merupakan sebuah keuntungan.

3 Cara mengecilkan gambar Lewat Photoshop 
tanpa panjang kali lebar mari kita bahas tentang cara-cara yang bisa dipakai untuk merubah mengecilkan sebuah ukuran gambar di photoshop, dengan menggunakan beberapa cara dibawah ini.

#1. Mengecilkan gambar di photoshop Save For Web
Cara pertama ini dalah cara yang bisa sobat pakai jika ingin memposting gambar di platform online seperti blog dan instagram atau yang lain, gambar yang di export lewat menu safe for web ini akan memiliki ukuran lebih kecil dari pada aslinya, namun tidak mengorbankan kualitas ketajaman gambar.
  1. Buka aplikasi adobe photoshop  terlebih dahulu
  2. Pilih gambar yang akan sobat kecilkan gambarnya dengan cara safe for web ini, tinggal drag dan drop gambar kedalam aplikasi photoshop, atau lewat menu file -> Open bisa juga dengan shorcut (CTRL+O)
  3. Pilih menu file > Export to web atau bisa dengan menekan (Alt + Shift + Ctrl +S) pada keyboard
    mengecilkan gambar di photoshop

  4. Setelah muncul tab baru sesuaikan, ubah menjadi medium atau lebih kecil lagi ke low
    mengecilkan gambar di photoshop

  5. Selesai lihat hasil perbedaanya pasti akan sangat berbeda, dengan file sebelum di Export safe to web dan sesudahnya.
    mengecilkan gambar di photoshop

#2. Mengecilkan  gambar lewat transform
sempat dijelaskan diatas Free transform Photoshop yang bisa digunakan untuk merubah ukuran, memutar gambar , melengkungkan, mengubah perspektif, membalikan dan lain-lain pada sebuah gambar atau layer
  1. Buka Aplikasi adobe photoshop
  2. Sebelum di transform ke langkah nomor 3 pastikan layer sudah di duplikat (CTRL+J)
    mengecilkan gambar di photoshop


  3. Buka menu edit -> Free transform atau bisa pakai shotcut di keyboard dengan (CTRL+T)mengecilkan gambar di photoshop
  4. Jika sudah langkah ke 3,  save as
  5. Akan muncul windows baru berisikan kolom nama, type file dan lokasi penyimpanan
    mengecilkan gambar di photoshop

  6. Ubah kualitas nya menjadi medium agar gambar lebih kecil dari sebelumnya
    mengecilkan gambar di photoshop

  7. Jika sudah, klik ok di jendela yang baru.
#3. Mengecilkan  gambar lewat image Size
Sudah sedikit menjelaskan di pembukaan Image Size adobe photoshop adalah sebiah ukuran gambar berupa panjang dan lebar yang di ukur dalam satuan pixel, setiap gambar pasti memiliki rasionya masing-masing, jika di menu explor windows kita membuka foto dan lihat propertinya pasti ada besar panjang dan lebarnya.
  1. Buka aplikasi photoshop
  2. Pilih gambar yang akan sobat kecilkan gambarnya dengan cara safe for web ini, tinggal drag dan drop gambar kedalam aplikasi photoshop, atau lewat menu file -> Open bisa juga dengan shorcut (CTRL+O).
  3. Buka menu image-image size dan ubah rasio ukuran lebih kecil dari aslinya.
    mengecilkan gambar di photoshop

  4. selesai, maka gambar akan lebih kecil dari aslinya..coba saja buktikan sob.

Nah diatas  adalah cara mengenai ubah ukuran Gambar dan Objek di Adobe Photoshop. mudah kan ? jadi jika sobat akan memperkecil gambar belum ada software untuk memperkecil gambar bisa memakai cara diatas sob. 

Semoga bisa membantu, sekaran g sudah serba cangih dan cepat ada banyak cara dilakukan jika kamu tidak memiliki software adobe photoshop bisa dilakukan secara online juga.

Oke sudah yah. Terimakasih sudah mampir di tutorial artikel kali ini, semangat bagi yang memperdalah photoshop atau yang hanya ingin mengecilkan gambar semoga bermanfaat sob.

By: WSM Project
Comment Policy: HELP ME Gan. Tidak diperkenankan mengambil isi konten tanpa izin, Diperbolehkan dengan syarat menyertakan sumber..Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini.
Buka Komentar