Skip to main content

20+ Plugin Photoshop Terbaik Yang Patut Kamu Coba

Plugin photoshop terbaik - Plugin Photoshop adalah salah satu fitur tersembunyi dari editor foto yang mungkin kurang begitu diperhatikan oleh beberapa desainer baru. Tim kami telah membuat daftar plugin Photoshop gratis terbaik ini untuk menunjukkan kepada Anda bagaimana plugin dapat membantu meningkatkan alur kerja kita, agar lebih mudah tentunya.

Dalam bidang desain grafis, cara sobat mengatur Interface aplikasi Photoshop dan merencanakan alur kerja memainkan peran kunci dalam efisiensi dan produktivitas kerja. Itulah mengapa setiap desainer harus bereksperimen dengan plugin Photoshop karena plugin ini dapat meningkatkan tingkat ke efisienan kita, dalam hal waktu dan hasil yang diperolah.


Dengan satu plugin, kita dapat membuat gradien secara instan, atau bisa juga mempertajam gambar hanya dengan beberapa klik saja, Sunguh ajaib kan?. Atau bahkan menemukan stok foto berkualitas tinggi tanpa harus membuka browser Chrome terlebih dahulu. semuanya bisa sobat dapatkan di artikel dibawah ini simak sampai habis ya.

Cara Memasang Plugin Photoshop
Jika Anda baru dan tidak yakin cara memasang plugin Photoshop, cukup ikuti langkah-langkah di bawah ini untuk memulai.
  • Pertama, unduh file plugin. Ini akan datang dalam bentuk file ZIP
  • Ekstrak konten file ZIP
  • Buat folder di komputer Anda untuk menyimpan semua plugin Photoshop dan salin file plugin yang Anda unduh ke folder plugin baru
  • Di Photoshop, buka menu Edit dan kemudian ke Preferences >> Plugins
  • Centang kotak yang bertuliskan "Folder Plugin Tambahan" dan kemudian cari folder plugin Photoshop baru Anda di komputer Anda dan klik OK
  • Mulai ulang aplikasi Photoshop untuk mengaktifkan plugin baru
  • Untuk mengaktifkan beberapa plugin, sobat harus menuju ke menu Filter dan menemukannya di sana.
Plugin Photoshop Terbaik Gratis
Beberapa plugin Photoshop dilengkapi dengan file setup. Mereka dapat dengan mudah diinstal dengan menjalankan wizard penginstalan. Saat mengunduh plugin dari Adobe Exchange, pastikan untuk menginstal aplikasi Creative Cloud di komputer Anda untuk mengintegrasikan plugin dengan Photoshop. Temukan plugin dari daftar di bawah untuk meningkatkan alur kerja Anda.
  1. Tych Panel 2
    tych panel plugin

    Yang pertama adalah plugin Photoshop gratis yang bisa sobat pakai untuk membuat diptych dan triptych dengan mudah dan otomatis. Atau, dengan kata lain, membuat kolase foto. Tentu saja, plugin ini lebih kompleks dari pada alat kolase foto dan memiliki sistem komposisi yang lebih canggih untuk membantu Anda membuat gambar untuk album foto dan bisa juga untuk akun media sosial.

  2. Oven
    Oven plugin photoshop
    Jika Sobat seorang desainer yang bekerja dengan desain di sebuah aplikasi iOS dan Android, plugin gratis ini akan sangat berguna bagi sobat. Plugin ini memungkinkan kita dengan mudah memberi label pada layer dan mengekspornya sebagai aset iOS atau Android hampir secara instan. Plugin yang sangat bermanfaat ini akan membantu menghemat banyak waktu saat mengekspor file desain sebagai asset.

  3. Ink
    ink plugin photoshop
    Ink merupakan plugin Photoshop gratis yang berguna yang dapat kita gunakan untuk menjaga file PSD Anda tetap teratur. Ini sangat berguna untuk desainer yang menjual dalam bentuk template PSD. Plugin ini memungkinkan untuk mendokumentasikan lapisan file dan template PSD sehingga mudah ditemukan oleh penggunaannya saat berbagi file hasil buatan mu.

  4. Lens FX
    lens fx
    Lens FX adalah plugin yang berguna untuk membuat efek distorsi sederhana di Photoshop. Plugin ini hadir dengan serangkaian efek berbeda yang dapat kita pakai untuk menambahkan berbagai jenis distorsi ke gambar yang ingin kita beri efek seperti gambar diatas.


  5. Highpass Sharpen
    highpass sharpen

    Ini merupakan plugin Photoshop dapat memungkinkan kita untuk mempertajam gambar dengan sangat mudah tanpa harus melalui banyak proses penggunaan tool penyesuaian. Ini mencakup beberapa opsi lanjutan untuk menyesuaikan dan menyesuaikan efek penajaman juga.

  6. Pixel2Vector Converter
    pixel2vector converter

    Plugin gratis ini merupakan plugin yang harus harusdimiliki oleh setiap desainer dan pastinya sobat akan langsung menyukainya. Plugin ini pada dasarnya memungkinkan sobat menghasilkan bentuk vektor dari gambar piksel biasa. Ini sangat berguna. Misalnya, Anda dapat menggunakannya untuk menyalin teks dari gambar dan mengubah ukurannya tanpa membuatnya terlihat berpiksel.

  7. Seamless Textures Generator
    seamless texture

    Pola dan tekstur juga merupakan salah satu sumber daya yang paling banyak digunakan di Photoshop. Biasanya, Anda harus mengunduh sumber daya tersebut dari pasar pihak ketiga. Namun, dengan plugin ini, Anda dapat membuat pola mulus Anda sendiri. Plugin ini memungkinkan Anda menghasilkan pola dan tekstur yang mulus dari gambar Anda sendiri hanya dengan beberapa klik.

  8. HDR Sharpener
    HDR Sharpener


    Menambahkan efek HDR ke foto biasa bisa jadi sulit. Tapi, dengan plugin Photoshop gratis ini, Anda bisa menambahkan efek HDR hanya dengan satu klik. Bahkan memiliki penggeser untuk menyesuaikan kekuatan efek agar sesuai dengan foto Anda.

  9. Layers Control 2


    Hanya desainer yang tahu betapa sulitnya mengelola kumpulan  berlusin-lusin layer dalam file PSD. Sangat mudah untuk tersesat di lautan lapisan jika Anda lupa mengaturnya dengan baik. Terkadang, Anda bahkan tidak punya waktu untuk mengatur lapisan.

    Plugin ini akan berguna pada saat-saat tersebut. Plugin membuat manajemen layer lebih mudah dengan memungkinkan kita untuk dengan melakukan mengatur dan membersihkan palet layer kita dengan cara yang sederhana.

  10. Pexels Photoshop Plugin
    pixel photoshop

    Pexels adalah salah satu situs stok foto gratis terbesar di Internet. Ini memiliki koleksi banyak sekali stok foto berkualitas tinggi yang dapat kita gunakan dalam desain yang kita buat secara gratis. Ini merupakan plugin Photoshop resmi untuk Pexels. Serta memungkinkan kita bisa mengakses seluruh database fotonya langsung dari Photoshop untuk menemukan dan menggunakan foto dengan mudah tanpa harus meninggalkan Photoshop, dan beralih ke Aplikasi browser terlebih dahulu.

  11. Skin Beauty Retouch
    Skin Beauty Retouch

    Skin Beauty Retouch - Retouch atau perbaikan foto adalah salah satu tugas yang paling memakan waktu dalam proses pengeditan foto. Dengan plugin Photoshop gratis ini, sobat dapat mengurangi pekerjaan yang membosankan. Plugin ini memungkinkan kita untuk dengan mudah meningkatkan foto potret dengan retouching kulit dasar.

  12. RealLookLongShadow Panel
    RealLookLongShadow Panel

    Kita akan terkejut saat melihat berapa banyak desainer yang masih menggunakan efek layer style untuk menambahkan shadow ke objek. Sobat akan lebih baik menggunakan plugin gratis ini saja. Ini memungkinkan kita membuat bayangan realistis untuk objek Anda dengan mudah. Dan itu membuat bayangan sepenuhnya dapat disesuaikan juga. Sehingga  bisa kembali dan mengedit bayangan kapan pun Anda mau.

  13. Watermark for Adobe Photoshop CC
    Watermark for Adobe Photoshop CC
    Bosan menambahkan watermark ke foto? Biasanya, kita harus menambahkan watermark ke foto satu per satu. Butuh waktu lama untuk memproses foto dalam jumlah besar. Plugin gratis ini memungkinkan kita menambahkan watermark ke foto dengan mudah hanya dengan satu klik. Ia bekerja dengan watermark teks dan gambar.

  14. Free Retouch Panel
    Free Retouch Panel
    Bagi seorang Fotografer yang memakai plugin ini akan terasa berguna sekali, terutama untuk memproses foto potret. Plugin ini menambahkan panel baru ke interface pengguna Photoshop untuk membantu kita memperbaiki foto tanpa susah payah. Ini mencakup beberapa penyesuaian dan opsi untuk meningkatkan dan meningkatkan foto potret.

  15. Comic Kit
    comic kit
    Seniman komik dan ilustrator pasti akan menyukai plugin Photoshop gratis ini karena dapat menghasilkan banyak pola kreatif dengan mudah. Anda dapat menggunakannya untuk menghasilkan pola yang digunakan dalam komik dan kartun dengan waktu yang relatif sangat cepat.

  16. Slimming File
    Slimming File
    Saat mengerjakan proyek besar, file PSD Anda bisa memiliki ukuran file yang sangat besar. Plugin gratis ini memudahkan Anda menangani semua file besar tersebut. Ini membantu mengurangi ukuran file dengan menghapus lapisan kosong dan tidak terpakai serta meraster smart object. Anda juga dapat mengunci layer smart object tertentu jika sobat ingin layer tersebut melewati rasterisasi otomatis.

  17. QuickOut
    QuickOut
    Meskipun plugin ini tidak 100% efektif, itu akan sangat berguna di banyak kesempatan. Plugin ini memungkinkan kita langsung menghapus latar belakang dari gambar tanpa menghilangkan bayangan. Ini mungkin tidak bekerja dengan semua jenis gambar, tapi ini adalah plugin berguna yang patut untuk dicoba.

  18. Griddify
    Griddify
    Griddify adalah plugin ringan yang dibuat untuk desainer yang bekerja dengan grid. Plugin ini memungkinkan Anda membuat kisi khusus dengan mudah untuk mengelola kanvas dan ruang kerja dengan lebih mudah.

  19. Halftone
    Halftone
    Plugin ini bagus untuk membuat desain unik dari gambar biasa Anda. Ini hanya menghasilkan pola halftone dari gambar. Plugin ini menawarkan banyak penyesuaian untuk menyesuaikan efek halftone. Kita bahkan dapat memakainya untuk membuat efek halftone komik jadul juga.

  20. Channel Modifier
    Channel Modifier
    Ini adalah plugin yang dibuat khusus untuk desainer yang suka bereksperimen dengan berbagai fitur di Photoshop. Plugin ini memungkinkan Anda bermain dengan warna di Photoshop untuk membuat efek aneh.

  21. SuperPNG
    SuperPNG
    Jika Sobat seorang desainer yang bekerja dengan banyak file PNG, plugin ini akan berguna. Ini memungkinkan kitaa untuk mengompres file PNG untuk menghemat ukuran file tanpa mempengaruhi kualitas gambar. Plugin ini berumur beberapa tahun dan belum diperbarui untuk beberapa saat. Tidak yakin apakah itu akan bekerja dengan versi terbaru Photoshop.

  22. Swatchy
Swatchy

Swatchy adalah plugin Photoshop sederhana namun berguna yang membantu Kita mengatur carikan warna Anda. Plugin ini memungkinkan Kita membuat folder untuk mengatur warna swatch kamu dan mudah ditemukan. Kita dapat membuat folder yang berbeda untuk skema warna yang berbeda.


Diatas adalah rekomendasi 20 lebih plugin photoshop terbaik yang patut sobat coba, untuk membantu kinerjamu saat memakai software photoshop. terimakasih sudah berkunjung, Selamat mencoba

By: WSM Project
Comment Policy: HELP ME Gan. Tidak diperkenankan mengambil isi konten tanpa izin, Diperbolehkan dengan syarat menyertakan sumber..Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini.
Buka Komentar