Skip to main content

Font Untuk CV atau Resume dan Ukurannya yang Cocok


Font untuk CV atau resume dan ukurannya yang cocok
- Jenis huruf yang anda pilih untuk desain resume dan cv dapat memberikan banyak kesan kepada calon pemberi kerja atau HRD bagian penerimaan karyawan. Font tersebut mewakili Style desain dan profesionalisme sobat, Kog Bisa min? oke jika sobat bertannya begitu admin akan coba jelaskan pada penjelasan-penjelasan selanjutnya.

Ini juga dapat memengaruhi cara orang yang melihat resumemu memandang informasi yang ada.,seperti apakah itu ? lebih jelasnya tentang legibility dan readability

Jenis huruf yang sobat pilih memberi kesan awal pada setiap orang yang membaca resume dan cv mu dalam wawancara atau dalam proses perekrutan karyawan. (Pasti para perekrut melihat CV dan resume mu sebelum lanjut ketahap Tes dan interview.) Pastikan untuk mengatur cv dan resume anda yang tepat sejak awal sebelum melamar ke perusahaan.

Tim wsm sedang menjelajahi font gratis terbaik untuk resume hari ini. Berikut adalah beberapa opsi pilihan font terbaik yang siap untuk resume, dan semuanya gratis!


Pilihan Font Resume Serif
pilihan font untuk cv

Font serif sendiri adalah font yang memiliki goresan di akhir setiap karakter seperti kail. Font jenis ini akan memberikan kesan kejelasan saat membaca karena ada kail di setiap akhir hurufnya. Kebanyakan orang mengasosiasikan tipografi serif dengan profesionalisme dan keabadian. Pilihan tipografi serif telah ada sejak lama sejak zaman romawi kuno, dan saat  didunia akademik font jenis ini pasti akan sering dipakai seperti pembuatan skripsi, dan buku-buku LKS 

Serta digunakan sebagian besar untuk elemen cetak, seperti buku dan resume, dan bukan untuk tujuan digital, tetapi itu telah berubah berkat layar berkualitas lebih tinggi yang membuat setiap gaya sama-sama dapat dibaca.

Gunakan opsi font serif untuk resume mu jika sobat ingin memiliki kesan klasik dan halus. Orang yang mencari pekerjaan tingkat tinggi mungkin juga memilih untuk menggunakan font serif karena sifat dan nuansa tipografi ini lebih soft dan profesional.

10 font serif yang Cocok untuk resume:
  1. Didot
  2. Georgia
  3. Cambria
  4. Bodoni
  5. Constantia
  6. Merriweather
  7. Book Antiqua
  8. Palatino
  9. Usherwood
  10. Source Serif Pro

Pilihan Font Sans Serif untuk Resume & CV
Pilihan Font Sans Serif
Font sans serif adalah font dengan desain sederhana dan lebih polos. Font jenis ini tidak menyertakan properti atau hiasan apa pun di ujung setiap huruf seperti serif, ingin tau tentang jenis-jenis font. Gaya sans serif cukup populer di media online dan dengan penerbitan digital karena kemudahan membaca yang hadir dengan gaya yang sederhana. Font jenis ini lebih mengambarkan sebagai opsi yang lebih modern dan trendi oleh banyak orang.

Gunakan opsi font sans serif untuk resume Anda jika Anda ingin memiliki tampilan dan nuansa modern dan kontemporer. Font ini dapat diterima untuk resume di semua tingkat perekrutan dan hampir semua jenis pekerjaan. Satu hal yang harus diperhatikan adalah sans serif yang kental atau ringan agak sulit dibaca dan mungkin harus dihindari.

Coba 10 font sans serif ini untuk resume Anda (Display diatas adalah dengan pilihan reguler)
  1. Helvetica
  2. Gill Sans
  3. Franklin Gothic
  4. Corbel
  5. Lato
  6. Banda
  7. Montserrat
  8. Raleway
  9. Kabel
  10. Proxima Nova
Memasangkan dengan Typeface yang beda
kombinasi typeface
Sama seperti project desain lainnya, satu jenis huruf mungkin tidak cukup. Sebagian waktu kita akan terpakai dalam hal mengombinasikan dua font agar tercipta dampak visual yang elok dan kemudahan. Hal diatas juga sama berlakunya untuk desain sebuah resume.

Meskipun kita bisa melakukan kombinas font dengan jenis yang sama seperti: satu serif dengan serif lain atau dua sans serif. Sobat juga bisa memasangkan font dari dua gaya berbeda. Triknya adalah memilih gaya huruf yang memiliki beberapa karakteristik serupa, seperti bentuk huruf keseluruhan (bulat dengan oval), serta kontras yang berbeda, seperti Bold dan ligh.

Pilih peran untuk setiap jenis huruf yang berbeda contohnya seperti font Serif untuk heading dan sans serif untuk isi penjelasan. Pakailah satu opsi untuk bagian utama resume Anda. Campurkan opsi reguler dan Bold untuk menciptakan variasi untuk membuat perbedaan.

Pakai jenis huruf lain untuk informasi seperti nama dan informasi kontak atau detail footer mu. Kita juga bisa memasukkan jenis huruf ini untuk header utama di dalam resume kita.

Tujuannya adalah untuk menciptakan aliran visual dengan dua font resume sehingga manajer bagian  perekrutan karyawan dapat memindai isi resume kita, serta untuk mengetahui apakah sobat cocok untuk pekerjaan yang mereka tawarkan. Elemen terbesar resume Anda dalam hal bobot font adalah nama dan kealian Anda, seperti pengalaman dan keterampilan kerja sebelumnya.

Berhati-hatilah untuk tidak berlebihan dengan font. Untuk banyak perubahan tipografi, bobot atau gaya dapat mengganggu dan mengurangi efektivitas dari apa yang Anda coba komunikasikan. Jika ragu, pilih opsi yang lebih sedikit daripada lebih banyak.

Berapa Ukuran Teks yang Harus Ada di Resume Saya?
Sekarang setelah Kita memilih font yang sempurna untuk resume kita kemudian hal selanjutnya yang patut diperhatikan adalah, seberapa besar ukurannya?

Meskipun nama Anda bisa yang paling besar - itu header resume Anda - ukuran teks isi itu penting. Jika teks terlalu kecil, akan sulit untuk dibaca. Jika teksnya terlalu besar, sepertinya Anda tidak memiliki cukup kualifikasi untuk mengisi satu halaman.

 (Patutu untuk diperhatikan bahwa sebagian besar profesional resume merekomendasikan resume dalam satu halaman saja untuk sebagian besar pencari kerja.) Berbeda dengan CV taaruf

Rekomendasi berada di antara 11 dan 13 poin, tergantung pada seberapa lebar dan tebal huruf font yang sobat pilih. Judul harus berukuran 4 sampai 5 poin lebih besar dari teks isi. Teks pendukung, seperti tanggal di pekerjaan atau deskripsi singkat bisa sekecil 10 poin, tetapi font kecil harus digunakan dengan hemat.

Pikirkan juga tentang ukuran jika Anda berencana untuk mereplikasi resume Anda secara online. (Banyak pencari kerja - terutama desainer dan pengembang situs web - memelihara resume dan situs web portofolio.) Pastikan untuk menggunakan banyak ukuran font di sini juga. Poin bonus untuk font yang sesuai dengan resume cetak Anda. Ini dapat menciptakan tampilan dan nuansa yang konsisten yang mungkin mengesankan calon pemberi kerja.

Font yang Harus Dihindari di Resume Anda
Sobat mungkin tahu semua meme tentang font Comic Sans dan bahwa Anda tidak boleh menggunakannya sebagai font resume Anda. Tetapi ada kategori font lain yang harus dihindari dalam banyak kasus juga.

Font yang tidak boleh digunakan di resume Anda meliputi:
Skrip yang rumit: Skrip tersebut mungkin sulit dibaca.
Font tulisan tangan: Kebanyakan gaya tulisan tangan tidak cukup formal untuk sebuah resume.
Font baru: Kurangnya keterbacaan atau informalitas bisa menjadi perhatian jika Anda ingin membuat kesan profesional.
Tipografi slab: Opsi yang sangat tebal dan tebal dapat mengalahkan elemen teks lain di resume Anda.
Font gaya lama: Dalam banyak kasus, ini mungkin sulit dibaca dan tidak sesuai untuk resume.

Penutup
Sedang mencari pekerjaan? Butuh lebih banyak template resume? Admin akan membantu sobat disini. silahkan cek artikel kami dibawah ini untuk memperoleh resume dan cv:

By: WSM Project


Comment Policy: HELP ME Gan. Tidak diperkenankan mengambil isi konten tanpa izin, Diperbolehkan dengan syarat menyertakan sumber..Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini.
Buka Komentar