Skip to main content

Cara membuat drop shadow photoshop


Drop shadow photoshop 
- Untuk membuat effect yang terkesan timbul tidak perlu harus memakai software 3d, karena dengan bantuan software adobe photoshop kita bisa membuat tulisan atau object yang terkesan tiga dimensi dengan cara memberikan drop shadow.

Ibaratkan drop shadow adalah sebuah lampu disamping sebuah benda maka Drop Shadow adalah sebuah bayangan yang dihasilkan yang ada di sekitar benda tersebut. Contoh secara umum pemakaian efek Drop Shadow misalkan pada sebuah gambar atau tulisan. 

                        Edit foto yang sering dipakai di photoshop

Drop Shadow pada teks bertujuan untuk menambahkan tampilan 3D pada sebuah teks atau gambar tersebut. Drop Shadow adalah salah satu cara kreatif untuk membuat sebuah konten atau obyek di salah satu layer agar lebih menonjol.

Settingan bawaan standar (default) efek Drop Shadow pasti akan kurang terlihat. Oleh karena itu, kita  perlu melakukan perubah opsi atau nilai settingan effect Drop Shadow di kotak dialog Layer Style supaya memperoleh sebuah bayangan dari konten di layer sesuai dengan yang harapkan. 

Memberi Effect Drop Shadow di Adobe Photoshop
Berikut ini adalah cara menggunakan atau memberi efek Drop Shadow untuk menampilkan bayangan dari konten (obyek) di layer.
  1. Langkah pertama yang harus sobat lakukan adalah buka terlebih dahulu program adobe photoshop mu lewat shortcut di dekstop atau lewat menu start.
    membuka file


  2. Masukkan gambar atau buat tulisan yang ingin diberi effect drop shadow disini admin memberi contoh memberikan effect drop shadow di sebuh gambar png, Cara membukannya Bisa menggunakan cara Drag dan Drop atau bisa melalui menu file->Open (CTRL+O).
    dropshadow-photoshop

  3. Setelah gambar berhasil dibuka silahkan klik add layer style di bagian pojok bawah.

    layer stayle
  4. Setting pengaturan layer style drop shadownya seperti gambar dibawah ini, atau bisa sobat sesuaikan dengan keinginan mu.


    drop-shadow

    • Berikut settingan menu di drop shadow. berikut pejelasannya:
    • Opacity : Untuk mengatur tipis tebalnnya cahaya 
    • Angle : Untuk mengatur posisi pencahayaan
    • Distance : Untuk mengatur jarak bayangan
    • Spread : Untuk mengatur penyenbabaran cahaya
    • Size : untuk setting ukuran bayangan
  5. Selesai.
    setting drop shadow photoshop

Nah gimana sob mudah kan cara diatas bisa kalian terapkan untuk mengedit konten atau project yang sedang kalian pakai. Semoga tutorial kali ini bermanfaat yah untuk para pembaca setia wsmproject dan pengunjung baru yang kebetulan mampir.

Dan jika sobat ingin lebih memperdalam lagi tentang dunia desain atau ingin bisa membuat sebuah manipulasi yang keren, nah untuk info selebihnya kalian bisa mengunjungi website kami di menu kategori photoshop

Oke sobat sampai jumpa di artikel selanjutnya ya. tetap semangat berkarya.

By: WSM Project
Comment Policy: HELP ME Gan. Tidak diperkenankan mengambil isi konten tanpa izin, Diperbolehkan dengan syarat menyertakan sumber..Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini.
Buka Komentar