Skip to main content

Cara ubah ukuran slide di Powerpoint


Cara ubah ukuran slide di ppt
- Pada kesempatan beberapa waktu yang lalu admin telah berbagi cara membuat poster dengan power point, dan pada kesempatan ini akan membahas cara ubah ukuran slide di power point. Pasti sebagian besar pengguna terbiasa dengan rasio aspek 16: 9 standar presentasi, Sebenarnya ukuran itu bisa sobat rubah ukuranya di PowerPoint sesuai dengan kehendak kita.

Sobat dapat mengubah dalam berbagai ukuran layar yang berbeda-beda seperti rasio aspek 4: 3 yang dipakai di monitor lawas atau untuk membuat file ppt ukuran kustom. Tools powerpoint ini bahkan menyertakan beberapa ukuran yang telah disediakan untuk memudahkan kita.

Idealnya, kita menginginkan ukuran presentasi kita sesuai dengan perangkat apa pun yang akan menampilkannya (itulah mengapa ada baiknya menanyakan tentang resolusi layar atau proyektor yang akan kita pakai untuk presentasi terlebih dahulu!)

Cara ubah ukuran slide di Powerpoint
Berikut cara mengubah ukuran slide di PowerPoint dalam beberapa langkah cepat.

Ubah Ukuran Slide Antara Standar dan Widescreen
Dua ukuran yang paling umum dipakai untuk presentasi ppt adalah ukuran standar (4: 3) dan layar lebar (16: 9). Ukuran standar telah bergeser menjadi 16: 9 karena lebih banyak komputer dan layar proyeksi yang pindah ke ukuran ini. Keduanya merupakan ukuran yang sudah disediakan default di software powerpoint.
wide screen dan standart


Buka file presentasi Anda, klik Desain di menu atas. Temukan tombol Slide Size dan klik untuk melihat dua ukuran. Klik salah satu yang ingin sobat pakai. Software PowerPoint akan memberikan kamu opsi untuk menskalakan project ke ukuran baru.

Perhatikan bahwa saat Anda mengubah ukuran slide, ini mempengaruhi semua slide di file yang terbuka di halaman yang berbeda lainnya. Jika kita menskalakan, itu juga memengaruhi setiap slide. 
Cara ubah ukuran slide di Powerpoint


Pastikan untuk melihat dan memastikan desain masing-masing masih terlihat seperti yang diinginkan sebelum merubah ukuran presentasi. Beberapa settingan penyesuaian mungkin diperlukan.


Ubah ke Ukuran Standar Lain
Kita juga bisa merubah ukuran slide PowerPoint agar sesuai dengan ukuran kertas percetakan umum lainnya, seperti A4, A3, banner, atau A5 menggunakan fitur Slide Size.

Cara merubahnya mirip dengan cara diatas hanya beda di akhirnya saja, Buka presentasi, klik Desain di menu atas. Temukan pilihan  Ukuran Slide dan pilih ukuran yang spbat kehendaki.
Cara ubah ukuran slide di Powerpoint


Pilih ukuran dan orientasi yang ingin Anda gunakan dari menu dan klik OK. Anda akan diminta untuk memilih apakah Anda ingin menaikkan atau menurunkan skala konten di sini juga.


Ubah ke Ukuran Slide Kustom
Sobat juga bisa memakai ukuran slide kustom di PowerPoint, menjadikan setiap slide ukuran yang kita inginkan.
Cara ubah ukuran slide di Powerpoint custum


Buka presentasi, klik Desain di menu atas. Temukan tombol Slide Size dan klik Custum Slide Size.
Ketik lebar dan tinggi yang diinginkan di dalam kotak dan klik OK. Anda akan ditanya apakah Anda ingin menskalakan konten.

Penutup
Ketika membahas slide berukuran custum di PowerPoint, perhatikan bahwa tidak semua template akan bertindak dengan cara yang sama saat mengubah ukuran atau memperbesar atau memperkecil. Font, elemen desain, dan gambar terkadang tidak sejajar atau tidak terlihat seperti yang kita inginkan, seperti desain sebelum kita ubah.

Meskipun fitur ini sangat membantu, namun penting untuk selalu kembali dan memeriksa setiap slide jika Anda mengubah ukurannya setelah konten telah ditambahkan ke presentasi, untuk memastikan ukuran sudah sesuai atau belum.

By: WSM Project
Comment Policy: HELP ME Gan. Tidak diperkenankan mengambil isi konten tanpa izin, Diperbolehkan dengan syarat menyertakan sumber..Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini.
Buka Komentar