Skip to main content

Cara membuat cv fresh graduate meskipun tanpa pengalaman

Cara membuat cv fresh graduate - CV merupakan salah satu dokumen yang harus diperhatikan dan dipersiapkan apabila akan melamar ke sebuah perusahaan atau bisa juga untuk mendapatkan beasiswa dan bantual lain, namun dalam pembahasan kali ini admin akan membahas tentang CV yang dipergunakan untuk melamar kerja di prusahaan. 

Pada artikel sebelum sebelumnya admin sudah membahas tentang cara membuat cv secara online dan font yang cocok untuk cv. dan berkat kesehatan dan rahmad tuhan admin masih bisa posting tentang cara membuat cv fresh graduate meskupun tanpa pengalaman.

Jika sobat seorang fresh graduate baru lulus kuliah maka harus dituntut untuk selektif dalam memilih contoh CV yang sesuai kebutuhan mu kenapa harus selektif tidak asal copas ?, ini merupakan hal  yang penting agar dapat menarik dari pihak perusahaan tempatmu melamar kerja mimimal bisa masuk dalam tahap wawancara awal. dan kemudian berlanjut pada tahap seleksi selanjutnya.

Mungkin dari beberapa kalian akan bertanya, apakah kamu akan membuat CV hanya satu halaman? akankah hanya menuliskan riwayat pendidikan saja dan syukur syukur ada pengalaman organisasilah, supaya CV mu tidak terlalu sepi karena belum ada pengalaman kerja yang sudah sobat alami, syukur ada tambahan lagi berupa prestasi yang berhasil ditorehkan.

[Simak Juga: Download Cv taaruf ]


Cara Menulis CV Fresh Graduate
Curriculum vitae atau disingkat CV, biasanya berisi pernyataan yang berupa  kualifikasi professional, riwayat pendidikan, pengalaman kerja, prestasi, hobi serta kualifikasi khusus atau skill yang dimiliki seorang pelamar yang akan melakukan proses melamar kerja. 

Jumlah halaman cv bisa berjumlah 1 lembar sampai tiga lembar isinya sinopsis yang rinci menceritakan siapakah dirimu, CV sendiri tidak hanya lembaran kertas dokumen yang memiliki nilai jual ibaratkan disini HRD perekruk karyawan adalah pembeli sedangkan kita diposisi melamar adalah barannya maka CV haruslah memiliki nilai jual .

Maka dari itu, ciptakan personal image melalui dokumen cv yang memiliki daya tarik terhadap calon pembeli . Ada sebagian Lulusan baru atau Fresgraduate merasa kurang yakin dengan dirinya sendiri karena belum memiliki pengalaman kerja sama sekali

Sobat tidak perlu kawatir, terdapat banyak perusahaan yang masih mau menerima lulusan baru atau fresh graduate jika kita cermati bagi yang sudah sering melihat lowker di internet kadang ada spesifikasi "fress graduate dipersilahkan melamar". 

Nah. sobat bisa coba applay sebuah perusahaan pasti menerima jika ada karyawan fress graduate asalkan memiliki kemampuan dan skill yang dibutuhkan, kita semua awal juga pasti dimulai dari fress graduate.

Jika belum memiliki riwayat pengalaman kerja pasti akan ada bagian yang terlihat kosong. jangan kawatir, tuliskan saja penuhi dengan Prestasi yang pernah sobat dapatkan, mungkin pernah mendapatkan beasiswa tuliskan saja disana, ditambahlagi kursus keahlian yang pernah diikuti selama mengenyam pendidikan.

Serta jika aktif di kegiatan ukm juga sertakan juga, lampirkan bukti-bukti prestasi yang relevan dengan kerjaan yang akan sobat lamar.

Sangat menggoda untuk mencantumkan semuanya di dalam dokumen CV namun apabila tidak membuat yakin semisal pernah juara makan krupuk se kabupaten dan sobat melamar kerja bagian bidang desain grafis, maka tidaklah perlu dituliskan prestasi makan krupuk karena sangat tidak relevan.


Tips menulis CV bagi lulusan baru (Fress Graduate) meski tanpa pengalaman
1. Pakai Bahasa yang mudah dipahami 
Penting dalam sebuah CV memeakai bahasa yang gampang dipahami serta menarik untuk dibaca. Hindari kata-kata yang sulit dipahami yang sekirannya tidak diperlukan juga oleh perusahaan yang sobat lamar.

2. Tampilan yang Menarik
Buatlah CV semenarik mungkin dan mudah dibaca dan tidak membuat bosan tentunya , pasti didalam CV akan terdapat banyak tulisan didalammnya, susun dengan tipografi yang pas supaya mudah tidak membuat sulit dalam proses membacannya, bedakan dengan menulis kliping dan laporan yah.. hehe

3. Promosikan dirimu
Pada saat menulis CV, kita hendaknya juga mencantumkan  piagam prestasi yang berhasil sobat peroleh selama kuliat dan selama sma agar perekrut melirik dan tentunya harus relevan ya dengan posisi kerja yang sobat lamar, sehingga HRD memilih untuk memangilmu untuk proses Interview.

4. Urutan Penulisan
Patut menjadi perhatian pastikan menuliskan poin setiap kategori disusun secara kronologis, yang paling baru muncul terlebih dahulu, contoh dalam bidang prestasi pernah juara I desain tahun 2020 tingkat provinsi, Juara II Desain poster tingkat universitas tahun 2018, Tuliskan Terlebih dahulu yang tahun 2020. karena pasti Perekrut akan memerlukan info prestasi yang paling terkini.

5. Tunjukan semua keahlian yang sobat miliki
Dalam membuat CV bagi kamu yang fresh graduate yang tidak memiliki pengalaman kerja, kamu bisa menonjolkan keahlian-keahlian yang kamu miliki. Mulai dari hard skill sampai ke soft skill kamu dan Jika kamu menguasai beberapa bahasa asing, kamu dapat mencantumkan bahasa asing yang kamu kuasai di CV-mu, diikuti juga dengan mencantumkan tingkat kemahiran yang kamu kuasai. Dengan mencantumkan informasi keahlian bahasa asing ini kamu mempunyai satu nilai tambah di mata rekruter, kamu juga bisa ditempatkan di posisi yang strategis yang berhubungan dengan orang asing.

6. Buatlah kontak referensi
Buatlah kontak referensi yang tujuannya adalah memberikan infomasi dari pihak ketiga terkait kemampuan dan kompetensi yang sobat miliki. Bagi yang belum memiliki pengalaman bekerja bisa menyantumkan kontak dosenmu, tentunya sebelum mencantumkan kontak referensi, alangkah baiknya kamu ijin terlebih dahulu ke dosen yang bersangkutan.

7. Buat dengan sejujur Munkin.
Poin ketujuh yang tidak kalah penting yakni kejujuran pastikan membuat dengan sejujur mungkin bagi fress graduate kita ada sedikit rasa tidak yakin dan percaya diri dengan kemampuan dan pengalaman saat baru lulus, namun pastikan jangan sertakan keterampilan yang tidak kamu miliki, jika kamu belum dapat meyakinkan pihak perekrut bahwa kamu memiliki keterampilan tersebut.


Ada beberapa poin yang perlu ada di Curriculum vitae fresh graduate.
Beberapa hal dibawah ini perlu sobat perhatikan apabil akan membuat cv fress graduate apasaja kah ini dibawaj ini adalah poin-ponnya berdasarkan Glits ada beberapa poin.

1. Nama dan Kontak
Hal ini wajib pastikan nomor kontak tertulis dalam CV mu dan pastikan tertulis dengan benar, kontak bisa juga berupa nomor hp, email, serta jika punya portofolio online bisa sekalian sobat cantumkan disana.

2. Objektif Karir
Sebagai seorang fresh graduate yang belum mempunyai pengalaman, menuliskan objektif karir di CV-mu sangatlah perlu. Ini bertujuan untuk mendapatkan perhatian dari bagian perekrut kerja Namun pada bagian ini kamu haruslah menekankan pada keterampilan, pengetahuan dan kemampuan apa yang kamu miliki untuk membantu perusahaan mencapai tujuannya.

3. Pendidikan
CV seorang fresh graduate dimulai dengan menuliskan riwayat pendidikan dua pendidikan terakhir kamu. Karena rekruter pertama-tama akan memeriksa calon karyawannya apakah memenuhi persyaratan pekerjaan yang dibutuhkan atau tidak

4. Pengalaman Kerja
dibagian ini pasti tidak memiliki pengalaman kerja sobat bisa menambahkan pengalaman magang 

5. Keterampilan dan Pengetahuan
Pada bagian ini kamu dapat mengurutkan keahlian dan pengetahuan bahasa asing yang kamu miliki serta kamu dapat menuliskan prestasi yang telah kamu capai.

Dengan membuat CV yang baik, rapi, dan menarik CV kamu akan dilirik oleh pihak perusahaan

Contoh CV Fress graduate
Dibawah ini ada beberapa contoh CV Fress graduate.
Curriculum Vitae
DATA PRIBADI
Nama: Budi Santoso S.TPas Photo
Terbaru
Tempat, Tanggal Lahir: Duri, 23 Maret 1989
Alamat: Jl. ,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,
No. HP: 0000000000000000
Jenis Kelamin: Laki-Laki
Agama: Islam
Kewarganegaraan: Indonesia
Status: Belum Menikah
Email: Alamat emailmu
Hobbi: Voli
PENDIDIKAN FORMAL
SDN 29 Kaligunting(1995-2000)
SMPN 4 Mejayan(2000-2003)
SMKN 1 Wonoasri(2003-2006)
Universitas Negeri Surabaya(2006-2010)
PENGALAMAN ORGANISASI
Anggota Paskibra SMK 1 Wonoasri(2010-2013)
Presiden Mahasiswa Universitas Negeri Surabaya(2013-2016)
Humas Kesenian UKM Kesenian(2016-2018)
PRESTASI
Akademik- Juara I Kelas X,XI,XII (2020)
- Juara I Olimpiade Matematika (2019)
Non Akademik- Juara II Lomba Basket (2019)
- Juara III Badminton (2018)
KETERAMPILAN
Kemempuan IT- Mampu Mengoperasikan Android Studio, MS Office
- Mampu Mengoperasikan Clo, Photoshop.
Demikian daftar riwayat hidup ini saya buat dengan sebenarnya.


Hormat Saya,



Budi Santoso S.T
Video Tentang Cara membuat cv fresh graduate



By: WSM Project
Comment Policy: HELP ME Gan. Tidak diperkenankan mengambil isi konten tanpa izin, Diperbolehkan dengan syarat menyertakan sumber..Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini.
Buka Komentar