Skip to main content

Reset Pengaturan Photoshop ke Default

Reset Pengaturan Photoshop ke Default
- jika keasyikan mencoba hal -hal baru untuk ngedit dengan photoshop kadang kita sampai tidak tahu ini tools apa ya sebenarnya, pasti ada pemikiran demikian namun bila sudah terlanjur di klik namun terjadi hal-hal yang tidak di inginkan seperti terjadi error dan ada beberapa pannel yang sering kita butuhkan untuk proses edit tiba-tiba hilang entah kemana.
Admin pun kadang sering mengalaminya saat penasaran terhadap sebuah tools namun, sedang tidak terkoneksi dengan internet saat itulah insting coba-coba ku mulai beraksi, ada yang berujung bagus namun juga ada yang berujung tragis, seperti ada beberapa error yang admin alami.

Nah, jika sobat mengalami kendala kesulitan tentang masalah diatas sobat bisa simak artikel ini karena admin akan memberikan tips singkat tentang bagaimana cara untuk mengembalikan pengaturan photoshop kembali seperti awal saat baru pertama kali install.

Cara Reset Pengaturan Photoshop ke Default
Dibawah ini ada perbedaan cara pada versi CS dan Versi CC dan admin akan memberikan penjelasannya nya secara masing masing. simak juga Shortcut Photoshop super lengkap.

Adobe Photoshop CC
Reset Pengaturan Photoshop ke Default

Cara yang awal ini merupakan untuk Adobe Photoshop versi CC, adapun caranya adalah mereset seluruh preferences pada photoshop. Berikut adalah tutorialnya.
  1. Buka Edit->Preferences->General atau Bisa juga memakai shortcut Ctrl+K untuk lebih mempercepat langkahnya.
  2. Langkah selanjutnya, cari Reset Preferences on Quit. Silakan klik tombol itu.
  3. Jika sudah, silakan klik OK.
  4. Silakan restart atau bisa juga melakukan muat ulang kembali photoshop sobat yang telah dibuka saat ini.
Jika sobat sudah menjalankan langkah-langkah yang tertera pada poin-poin diatas, silakan buka photoshop sobat dan pengaturan pada photoshop sobat sudah kembali seperti semula, yakni seperti saat pertama kali menginstall photoshop.

Adobe Photoshop CS 6
Untuk yang Keduadalah cara mengembalikan pengaturan photoshop CS 6 kembali pengaturan default awal seperti awal kali install. Sebelum itu, silakan coba terlebih dahulu cara diatas. Jika ada pengaturan Reset Preferences on Quit, maka bisa langsung saja ikuti cara pertama. Nah, jika tidak ada pengaturan Reset Prefences on Quit maka bisa ikuti cara yang kedua ini.
  1. Buka File Explorer, kemudian masuk ke C:\Users\username\AppData\Roaming\Adobe\Adobe Photoshop CS6\Adobe Photoshop CS6 Settings.
  2. Kemudian pada folder tersebut, silakan cari file Adobe Photoshop X64 CS6 Prefs.psp.
  3. Silakan hapus file tersebut.
Jika sudah melakukan ketiga langkah diatas, silakan buka photoshop sobat. Dan yap, sama seperti cara pertama tadi, sobat telah berhasil reset pengaturan photoshop nya menjadi default atau seperti semula.

Oke, itu tadi adalah dua cara untuk reset pengaturan photoshop sobat menjadi default. Cukup mudah bukan? Jika masih ada yang belum berhasil, atau mungkin ada yang ingin ditanyakan bisa langsung saja bertanya ya melalui kolom komentar dibawah artikel ini. SemangArt!

By: WSM Project
Comment Policy: HELP ME Gan. Tidak diperkenankan mengambil isi konten tanpa izin, Diperbolehkan dengan syarat menyertakan sumber..Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini.
Buka Komentar