Skip to main content

Photoshop vs Lightroom: Mana yang Lebih cocok Untukmu?

Photoshop vs Lightroom 
- Photoshop dan Lightroom merupakan aplikasi luar biasa yang tidak dapat lepas  oleh desainer dan fotografer. Namun, karena kedua aplikasi memiliki kualitas yang sama, mungkin mana yang sebaiknya dipilih ? pastinnya akan sangat membingungkan untuk memutuskan mana yang terbaik untuk pekerjaan mu. Admin akan membantu Anda membuat sebuah perbandingan dan berbedaannya sehingga sobat bisa memunutkan pilih yang mana yang cocok.

Kedua aplikasi ini memiliki fungsi yang sangat berbeda dalam hal mengedit dan mengatur foto dan grafis. Anda harus memilih aplikasi yang tepat tergantung pada jenis pekerjaan yang Anda lakukan untuk memaksimalkan softwarenya. Selain itu, jika Sobat memilih untuk membeli  satu aplikasi secara resmi, maka akan mendapatkan penyimpanan cloud 1TB dan fitur lainnya.

Tak perlu diragukan lagi, ada banyak tools yang tepat untuk pekerjaan Anda. Dalam artikel yang telah admin kumpulkan ini,  kami melihat beberapa fitur utama Photoshop dan Lightroom. Dan mari simak lebih lanjut aplikasi mana yang tepat profesi mu.

Apa itu Photoshop dan Lightroom?
Photoshop dan Lightroom adalah software editing dan pengolah gambar yang dibuat sama-sama oleh Adobe. Photoshop memiliki sejarah yang sangat panjang sejak tahun 1990. Hasilnya, perangkat lunak yang satuu ini telah disempurnakan dan ditingkatkan dengan serangkaian fitur yang tak tertandingi oleh perangkat lunak pengedit grafis berbasis bitmap lainnya. Photoshop telah menjadi sangat populer sampai saat ini banyak di pakai oleh desainer grafis di berbagai belahan dunia.
photoshop dengan lightroom

Photoshop dapat digunakan dalam banyak hal seperti dapat dipakai untuk tugas-tugas sederhana seperti mengedit foto, mengubah ukuran, menyesuaikan warna dan kecerahan. Serta juga bisa dipakai untuk pekerjaan yang lebih expert seperti retouching foto, mendesain logo, poster, dan bahkan desain sebuah situs website.
lightroom

Jika software Lightroom, di sisi lain, diperkenalkan sebagai aplikasi manajemen gambar pada tahun 2007. Meskipun, saat ini Lightroom mampu melakukan lebih dari itu karena sudah banyak juga mendapat pembaruan. Lightroom sekarang hadir dalam dua versi - Lightroom Classic dan Lightroom CC. Kedua versi memungkinkanmu dapat bekerja tidak hanya menselaraskan gambar tetapi juga memperbaiki, mengoreksi warna, dan memproses gambar lebih cepat.

Perbedaan Antara Lightroom dan Photoshop
Lightroom dan Photoshop memiliki fitur yang sangat khas yang membuatnya lebih mudah dibedakan dengan poin-poin yang akan admin jabarkan dibawah.
  1. Desain Grafis vs Pengeditan Foto
    Dalam hal mendesain tingkat expert dan membuat gambar, tidak ada aplikasi yang bisa mendekati kualitas dan fungsionalitas yang ditawarkan Photoshop.Photoshop sudah terbukti kualitasnya. Sedangkan Lightroom versi sederhana dari photoshop hampir 80% fitur yang disertakan dalam Photoshop. Sebaliknya, ini digunakan sebagai alat untuk pengeditan dan pemrosesan gambar secara kilat.

  2. Pengeditan Dasar vs Lanjutan
    Lightroom adalah pilihan bagus untuk menyempurnakan foto dengan filter, efek, dan menyesuaikan warna dan kontras hanya dengan beberapa klik saja cocok untuk pemula. sedangkan Photoshop lebih ke tingkat selanjutnya dengan tools yang lebih canggih. Sobat tidak hanya dapat menyempurnakan sebuah foto, tetapi juga membuat komposisi unik dan bahkan sekarang GIF animasi juga bisa di buat.

  3. Pengeditan Replace vs Non-Replace
    Salah satu fitur terbaik Lightroom adalah memungkinkan Anda bekerja di folder berbeda dari file aslinya. Setiap perubahan yang Sobat lakukan pada foto dibuat pada folder salinan terpisah dan tidak akan mereplace file aslinya.

    Sedangkan Photoshop selalu menganggap Mu sudah memiliki salinan cadangan dari sebuah gambar asli yang di edit. Namun, sobat bisa membuat dengan nama yang beda agar file asli tidak terreplace 

  4. Actions vs Preset
    Action Photoshop adalah fitur populer di antara semua yang dimiliki. Dengan action, kamu dapat mengoptimalkan dan menyempurnakan foto dengan berbagai efek dan filter mirip Instagram hanya dengan beberapa klik download action photoshop . Action Photoshop cukup mudah digunakan, tetapi tidak selalu berfungsi dengan baik dengan semua jenis foto yang ada.

    Lightroom memiliki alternatif yang lebih baik untuk Action, Preset Lightroom lebih fleksibel dan lebih mudah digunakan. Faktanya, Sobat dapat menerapkan preset Lightroom hanya dengan satu klik mouse. Dan Anda dapat menyesuaikannya dengan mudah.

  5. Fitur Tingkat Lanjut vs Pemula
    Dari tools hingga antarmuka pengguna, segala sesuatu tentang Lightroom dirancang ramah untuk pemula. Sangat mudah untuk mempelajari dan merubah dengan settingan tombol yang mudah.
    Photoshop adalah hal yang berbeda. Karena ia hadir dengan sejumlah tools komplit, fungsi, dan palet tools dan masih banyak tools lainnya, Anda akan membutuhkan banyak waktu untuk mempelajari seluk beluk Photoshop.

    Secara umum software  Lightroom cocok digunakan oleh fotografer dan Photoshop cocok digunakan untuk desainer grafis.
Bagaimana Fotografer Menggunakan Lightroom
Fotografer sering kali bekerja dengan sejumlah besar gambar RAW. Mengelola foto-foto ini dan menyempurnakan masing-masing foto, mengoreksi warna, dan menyesuaikan kontras bisa menjadi tugas yang sangat memakan waktu.

Berkat Lightroom, proses ini sekarang lebih sederhana dan lebih cepat. Lightroom memungkinkan sobat mengatur album foto dan menyempurnakannya hanya dengan beberapa klik. Terutama saat memproses gambar RAW, Lightroom adalah aplikasi yang harus dimiliki.
  1. Koreksi Warna
    Sama seperti di Adobe Camera Raw, Lightroom juga dilengkapi dengan panel menyesuaikan rona, saturasi, kontras, kecerahan, dan lainnya menggunakan interface yang ramah bagi pemula. sobat bahkan dapat menyimpan aksi yang kamu buat sebagai preset sehingga Anda dapat menerapkan penyesuaian yang sama ke semua foto Anda yang lain dengan hanya satu klik.

  2. Tambahkan Filter dan Efek
    Lightroom memungkinkan Anda untuk tidak hanya membuat preset Anda sendiri tetapi juga menginstal preset dari sumber pihak ketiga. Ini berarti Anda dapat mengunduh present yang dibuat oleh desainer lain dan menerapkan efek ke foto Anda tanpa susah payah.

    Lightroom memiliki banyak jenis preset yang dibuat untuk mengoptimalkan semua jenis foto mulai dari fotografi pernikahan hingga foto outdoor, potret, dan banyak lagi.

Bagaimana Desainer Menggunakan Photoshop
Desainer grafis mendapatkan hasil maksimal dari Photoshop. Aplikasi ini sangat menakjubkan dalam mendesain grafik yang canggih seperti infografik dan bahkan logo.
  1. Komposisi gambar
    Komposisi gambar adalah penggunaan utama Photoshop. Menyatukan banyak gambar untuk menyusun satu kreasi sebenarnya adalah bentuk seni modern. Begitulah cara desainer membuat poster film dengan begitu banyak karakter dan adegan yang digabungkan dalam satu gambar.

  2. Retaouching Foto
    Desainer juga menggunakan Photoshop untuk memperbaiki foto. Jika Anda pernah bertanya-tanya bagaimana model di majalah memiliki kulit tanpa cela atau selalu tampil sempurna di setiap gambar, Anda dapat memberikan  kasih kepada Photoshop.
    Perangkat lunak ini juga berguna untuk memperbaiki foto. Seperti memperbaiki foto yang rusak bahkan mewarnai foto hitam putih.

  3. Merancang Grafis
    Segala sesuatu mulai dari poster dan spanduk yang Anda lihat di jalanan hingga poster film film Marvel sering dibuat dengan menggunakan Photoshop. Ini adalah aplikasi terkemuka di industri untuk menyusun grafik dan gambar.
Aplikasi Mana yang Harus Anda Pilih?
Disini admin tidak bermaksut untuk membanding bandingkan seperti judulnya Photoshop vs lightroom namun Memilih aplikasi yang tepat tergantung pada jenis pekerjaan apa yang anda tekuni sebagai fotografi atau sebagai desainer grafis.

Misalnya, jika Anda seorang fotografer yang tidak memiliki banyak pengalaman dalam bekerja dengan perangkat lunak yang canggih, Lightroom adalah pilihan yang tepat untuk Anda. Ini akan sesuai dengan alur kerja Anda dan membantu Anda memproses gambar lebih cepat.

Namun, jika Anda seorang desainer, Photoshop adalah hal yang harus dimiliki. Jika Anda ingin membuat desain berkualitas tinggi dan profesional, Anda memerlukan Photoshop. Bahkan fotografer dapat meningkatkan pekerjaan mereka dengan berbagai cara menggunakan Photoshop. Photoshop adalah aplikasi yang layak dikuasai jika Anda ingin meluangkan waktu untuk mempelajarinya.

By: WSM Project
Comment Policy: HELP ME Gan. Tidak diperkenankan mengambil isi konten tanpa izin, Diperbolehkan dengan syarat menyertakan sumber..Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini.
Buka Komentar