Skip to main content

Cara Atur Pemakaian RAM di Adobe Photoshop

Mengatur pemakaian ram di photoshop
-Masih Tentang adobe photoshop, yang di artikel sebelumnya sudah membahas tentang shortcut di adobe photoshop. dan saat ini akan membahas tentang setting pemakaian RAM di Adobe Photoshop. Ram sendiri merupakan komponen di perangkat laptop / komputer yang dipakai untuk menjalankan sebuah software, salah satu software yang memerlukan ram untuk menjalankan menjalankan proses adalah Photoshop. 

Dengan mengatur pemakaian ram yang dipakai oleh photoshop kita akan memperkecil kemungkinan terjadinnya Lag, Close aplikasi tiba-tiba yang biasannya terjadi, apabila membuka beberapa aplikasi dalam waktu yang bersamaan. dan berikut ini admin akan berikan penjelasan tentang, 

Cara Atur Pemakaian RAM di Adobe Photoshop.

Langkah 1

Pertama tama pastikan aplikasi terbuka terlebih dahulu, lalu di bagian menu pengaturannya yaitu Memory Usage. Untuk mencari dimana menu tersebut berikut carannya, sobat bisa masuk melalui menu Edit->Preferences->Performance. Silakan buka menu tersebut, maka akan muncul jendela baru yaitu Preferences dengan menu Performance.

Cara Atur Pemakaian RAM di Adobe Photoshop

Langkah 2
Langkah berikutnya, sobat bisa cari pengaturan bernama Memory Usage. Nah, disitu akan ditampilkan jumlah pemakaaian RAM yang dipakai. Untuk menambah nya tinggal klik plus dan jika ingin dikurangi tinggal klik minus. Atau bisa juga langsung mengatur berapa besar RAM yang digunakan dengan mengetikkan angka secara langsung di kolom yang sudah disediakan.
Cara Atur Pemakaian RAM di Adobe Photoshop

Untuk mendapatkan hasil kinerja photoshop yang maksimal tapi ingin dibarengi dengan membuka software lain, saran dari admin adalah setting Memory Usage nya menjadi 50-60% saja. Tapi, jika masih dirasa lemot atau lag bisa diturunkan sesuai dengan keinginan. Ingat, jangan atur menjadi 100% karena kita tidak akan bisa membuka software lain secara bersamaan.

Nah, itulah tadi salah satu tips untuk mempercepat kinerja Adobe Photoshop dengan cara atur  penggunaan RAM nya. Sekian dulu untuk artikel pada kesempatan hari ini, terima kasih telah membaca dan semoga tips yang saya tulis kali tentang Cara atur pemakaian ram di adobe ini bermanfaat bisa bermanfaat bagi sobat semua. Selamat mencoba sob! jangan lupa share artikel ini jika dirasa bermanfaat.

By: WSM Project
Comment Policy: HELP ME Gan. Tidak diperkenankan mengambil isi konten tanpa izin, Diperbolehkan dengan syarat menyertakan sumber..Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini.
Buka Komentar