Skip to main content

Cara membuat poster di powerpoint-ppt

Tidak hanya dipakai untuk membuat sebuah presentasi saja, namun software presentasi powerpoint bisa di gunakan juga untuk membuat desain salah satunya yakni poster, dan di postingan kali ini admin akan mengajak sobat semua untuk membuat sebuah poster dengan memeakai software powerpoint.

Meskipun kadang tidak semua orang bisa memakai power point sebagai software pembuat desain namun dijamin dengan langkah-langkah yang admin berikan dibawah ini akan membuatmu bisa dalam sekejap saja tanpa harus lama, dan pasti power point menjadi pelajaran wajib saat di SD dulu, bergandengan dengan word.


Ini merupakan opsi yang tepat jika sobat membutuhkan sebuah desain dengan cepat, atau tidak memiliki software desain lain yang tersedia. (Poster yang dibuat di PowerPoint sering kali digunakan dalam lingkungan akademik untuk tugas dan promosi di kampus.) mari kita simak langkah langkahnya.

Cara membuat poster di powerpoint-ppt

1. Kumpulkan File Untuk Membuat Poster
Sebelum memulai desain poster di aplikasi PowerPoint, duduk dan cari tahu apa yang akan ada pada poster tersebut. Tuliskan rencana untuk desain dan kumpulkan semua materi dalam folder di desktop Anda - beserta teks, bagan data, foto dan grafik lainnya.
persiapkan file


2. Buka Aplikasi Powerpoint
Buka software powerpoint yang ada di komputermu/laptop. Mulailah dengan template kosong. Tidak masalah versi PowerPoint berapa yang Anda gunakan untuk membuat desain poster. (Di sini,admin menggunakan versi 2019, tetapi langkah dan lokasi menu serupa di semua versi terbaru dari software ini
buka aplikasi ppt


3. Atur Dimensi dan Ukuran Poster
Pilih ukuran untuk desain poster Anda. Rancang poster PowerPoint dengan ukuran maksimum yang akan dicetak.

PowerPoint memiliki sisi slide maksimum dengan lebar dan tinggi 52 inci, jadi ingatlah itu saat merencanakan desain Anda. disini admin memakai ukuran A3.
atur ukuran


Masukkan ukuran halaman Anda. Perhatikan bahwa sebagian besar poster menggunakan orientasi potret  Jika slide Anda sudah berisi beberapa konten, naikkan skala saat diberi opsi. Ini akan memastikan bahwa teks cukup besar untuk ukuran baru. (Di versi PowerPoint yang lebih lama, opsi ini terletak di menu File.)


4. Tambahkan Teks
Setelah Anda mengatur tata letak, tambahkan semua elemen teks ke desain poster. Ingat!, untuk selalu mengingat tujuan desain dan membatasi teks hanya yang di perlukan saja, seperti nama acara, waktu, tanggal, dan lokasi.
tambahkan tulisan


Jangan khawatir tentang penempatan. Tetapi Anda dapat memikirkan font yang ingin Anda gunakan dan seberapa besar elemen teks yang seharusnya, saat Anda membuat hierarki tentang bagaimana orang harus mengikuti teks di poster.

Mengenai ukuran jenis, mulailah dengan judul 75 hingga 100 poin dan ukuran tubuh 24 hingga 48 poin; atau bisa mengikuti sesuai hierarki tipe desain mu.


5. Tambahkan Gambar
Tambahkan sebuah gambar dan elemen desain lain yang ingin kamu pakai ke dalam desain poster. Tarik dan lepas setiap gambar dari folder Anda ke dalam desain poster, sangat mudah kan?.

Momen ini bisa menjadi waktu yang tepat untuk mengatur dan menambahkan elemen lain-lain kedalam sebuah desain mu sob.
tambahkan gambar


Tujuannya adalah untuk mendapatkan semua yang mungkin Anda sertakan secara visual dalam desain poster di layar. Saat membuat desain poster di PowerPoint, akan jauh lebih mudah untuk menggabungkan semuanya jika semua elemen ada di kanvas sehingga Anda dapat melihat apa yang harus Anda kerjakan, dan atur layoutnya sesuai dengan yang sobat inginkan.

Pastikan semua gambar Anda cukup besar untuk dicetak juga. Sebagai aturan yang harus dilaksanakan, pakai gambar yang berukuran 150 dpi atau lebih untuk gambar yang akan digunakan. untuk diperhatikan kadang gambar yang diambil dari situs web seringkali tidak cukup besar untuk digunakan untuk elemen yang akan dicetak dan akan terlihat kabur atau berpiksel.


6. Atur Warna dan Elemen Desain yang lainnya.
Setelah semua elemen desain Anda tersedia untuk dikerjakan, buat penyesuaian agar setiap elemen berada di posisi yang tepat, agar harmoni. Anda dapat menyesuaikan warna dan ukuran font, pemosisian, dan bahkan warna pada kotak teks untuk memastikan bahwa setiap elemen mudah dilihat dan dipahami.

Serta Ingat bahwa dalam hal desain poster, Anda ingin elemen cukup besar untuk dibaca dari kejauhan. Hindari teks kecil atau elemen desain.


7. Pindahkan Elemen di Kanvas Poster
Bermainlah dengan letak elemen pada kanvas poster dan pindahkan ke sekelilingnya agar desain poster mudah dibaca dan dipahami.

Kebanyakan orang akan membaca poster dari atas ke bawah. Tumpuk informasi Anda sedemikian rupa sehingga jenis pembacaan ini mudah. Biasanya judul atau teks terbesar berada di bagian atas dan elemen yang lebih kecil berada di bagian bawah desain.


8. Gunakan Template Bawaan di PPT (Opsional)
Jika Anda kekurangan gambar atau bahan desain untuk poster Anda, lebih mudah untuk memakai salah satu template yang sudah ada di PowerPoint untuk menambahkan beberapa bakat visual.
template ppt


Template tersedia di menu Desain dan kemudian akan muncul banyak tampilan dan pilihan desain yang bisa sobat apakai sesua dengan selera mu.


9. Ekspor untuk Pencetakan
Setelah desain poster PowerPoint sudah jadi, ekspor file untuk dicetak. Format yang paling umum  dan sering dipakai dalam percetakan adalah PDF.
export ppt



10. Cetak dan Distribusikan
Letakkan file hasil export ke dalam Drive atau flashddisk untuk membawa file di percetakan atau jika sudah punya sendiri tinggal di cetak sendiri.


Kesimpulan
Meskipun PowerPoint mungkin bukan solusi ideal untuk membuat desain poster bagi semua orang, namun ini adalah solusi yang layak, jika hanya perangkat lunak yang Anda miliki hanya powerpoint. Salah satu kendala terbesar adalah bahwa file PowerPoint memang memiliki ukuran terbatas, jadi pastikan itu sesuai dengan desain Anda.


Salah satu manfaat membuat poster di PowerPoint adalah Anda dapat menggunakan kembali elemen desain untuk presentasi nanti jika Anda membuat elemen yang terhubung. Anda juga dapat mengimpor elemen atau gambar yang telah Anda buat di perangkat lunak lain, dalam format, seperti JPEG atau PNG.

PowerPoint adalah software dari MS Office yang bisa dipakai untuk apa saja dan mempelajari cara membuat poster hanyalah memanfaatkan sebagian kecil dari fitur ms power point.

Comment Policy: HELP ME Gan. Tidak diperkenankan mengambil isi konten tanpa izin, Diperbolehkan dengan syarat menyertakan sumber..Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini.
Buka Komentar