Skip to main content

Cara Convert PPT ke Google Slides dengan Mudah

Cara Convert PPT ke Google Slides dengan Mudah - Sangat mudah untuk merubah format di antara alat presentasi seperti Microsoft PowerPoint dan Google Slides. Kedua tools memiliki pro dan kontra yang berbeda yang sebagian besar tergantung pada pilihan user nya.

Mungkin dari Sobat telah membuat slide presentasi di software PowerPoint, dan ingin membuka dan melanjutkannya di Google Slide? Atau mungkin Anda hanya ingin membandingkan keduanya dan memutuskan platform mana yang terbaik untuk menyampaikan presentasi mu.


Di kesempatan ini admin mencoba, membantu sobat apabila memiliki kesulitan untuk melakukan  Convert PPT ke Google Slides - berikut panduan singkat tentang cara mengonversi PowerPoint ke Google Slide dalam beberapa langkah mudah dan sederhana.


Siapkan File PowerPoint
file-ppt
Versi menyimpan file terakhir dari PowerPoint Anda adalah file yang akan Anda pakai untuk meng uploud dan menyimpan sebagai file Google Slide. Untuk memastikan bahwa sobat memiliki versi yang benar, buka file di PowerPoint dan simpan.

Letakkan file di folder atau lokasi di komputer mu, yang mudah ditemukan dan diakses saat akan siap untuk memindahkannya untuk dipakai di Akun Google.


Buka Akun Google Drive
Masuk ke akun Google mu. Google Slides terhubung ke login Google lainnya, seperti gmail, dan menggunakan nama pengguna dan kata sandi yang sama. File disimpan di akun Google Drive Anda.

Google Slides gratis untuk digunakan. Dan di akses lamgsung dalam satu akun atau melalui Google Drive. Jika Anda ingin presentasi disimpan di folder tertentu, buat atau navigasikan ke sana.


Unggah Presentasi
Ketika hendak akan menambahkan presentasi PowerPoint ke Google, Anda memiliki dua opsi pilihan.

  1. Tambahkan file dengan menu navigasi yang telah disediakan
  2. Seret dan lepas  file yang telah disediakan tadi
Cara Convert PPT ke Google Slides dengan Mudah


Untuk menambahkan file secara manual, klik tombol +  atau klik kanan di bagian mana saja pada layar di jendela browser Google Drive. Pilih Uploud File.
convert ppt ke google slide


Arahkan ke file dan klik Unggah atau Buka.
Kemudian tab windows akan muncul untuk menunjukkan proses uploud, yang biasannya berada dibawah. Ini dapat memakan waktu mulai dari beberapa detik hingga beberapa menit tergantung pada ukuran file dan kecepatan koneksi internet mu sob.


Cara lainnya juga terbilang mudah. Pilih file di komputermu yang akan di Uploud, lalu Drag dan Drop ke bagian tengah jendela browser. Perhatikan bahwa area akan berubah warna. Lepas file maka proses uploud akan dimulai


Konversikan file ke Google Slide
Langkah selanjutnya untuk mengonversi file dari PowerPoint ke Google Slides, yakni google memudahkan jobs pekerjaan anda agar jadi lebih mudah.


Klik dua kali file yang sudah di uploud tadi untuk membukanya. File PowerPoint akan terbuka sebagai preview atau pratinjau.
Klik tombol Buka dengan Google Slides di bagian atas layar. Mungkin perlu waktu sedikit lebih lama supaya bisa terbuka filenya, namun akan tetapi file akan terbuka di Google Slide. File masih dalam format PowerPoint (kemungkinan .pptx) pada saat ini. (Anda dapat melihat format file di sebelah nama file di sudut kanan atas layar.


Pilih menu file, kemudian pilih simpan sebagai Google Slides. File tersebut sekarang dalam format Google Slides. File akan disimpan di folder dan lokasi yang sama dengan file PowerPoint asli, seperti gambar dibawah ini
Cara Convert PPT ke Google Slides dengan Mudah



Edit dengan Google Slide
Setelah berhasil menyimpan PowerPoint di Google Slide, penting untuk memeriksa slide dan membuat penyesuaian pada layout sesuai kebutuhan. Perbedaan font, khususnya, memerlukan perubahan pada tipografi atau ukuran jika Google Slides tidak memiliki font yang awalnya digunakan di PowerPoint.

Biasanya cukup mudah untuk menemukan tempat-tempat di mana perubahan ini perlu dilakukan.

Google Slides secara real time akan menyimpan dan memperbarui perubahan yang kamu lakukan saat Anda bekerja.

Jika Anda menavigasi kembali ke folder tempat Anda memulai, Anda akan melihat dua file di sana sekarang - versi Google Slide dengan ikon kuning dan versi PowerPoint dengan ikon P. Setiap file bekerja secara independen satu sama lain sekarang sehingga perubahan pada file Google Slides tidak akan muncul di file PowerPoint asli.

Itu dia, diatas adalah cara Mengonversi file presentasi dari format PowerPoint ke Google Slides, yang bisa sobat lakukan hanya dalam beberapa langkah.

By: WSM Project
Comment Policy: HELP ME Gan. Tidak diperkenankan mengambil isi konten tanpa izin, Diperbolehkan dengan syarat menyertakan sumber..Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini.
Buka Komentar