Skip to main content

19+ Tips dan Trik Photoshop untuk Mempercepat Proses Kerja

Tips dan Trik Photoshop - S
elain beberapa shortcut photoshop untuk mempercepat proses kerja di Photoshop, dan di postingan kali ini admin akan berbagi tentang tips serta trik photoshop untuk mempercepat proses kinerjamu yang wajib kamu tau. 

Kenapa masih membahas tentang photoshop ?  ini merupakan artikel ke sebelas yang sebelum sebelumnya membahas seputar photoshop seperti : Perbandingan Photoshop dengan lightroom, beberapa software alternatif yang bisa dipakai selain photoshop, dan shortcut photoshop superlengkap dan masih banyak lagi yang laiinya.

Photoshop memang sudah menjadi software favorit di kalangan desainer, dari sejak dulu sampai saat ini banyak sudah yang memakainya terbukti dari banyaknya forum-forum di sosial media, dan grup-grup diskusi online.

Agar pekerjaan mu menjadi lebih cepat dan selesai tepat waktu bahkan bisa sisa, tips dan trik kilat ini sebenarnya sudah banya dan bertebaran di luar sana, namun bagi sobat yang masih baru terjun di dunia perphotoshopan pastinya tips ini akan bisa membantu, dan meringgankan.

 Tips dan Trik Photoshop yang Wajib Anda Tau..

1. Tips Menambahkan Warna Baru di Dalam Palet Swatch dengan cepat
Photoshop memungkinkan kita untuk menambahkan warna baru ke Palet Swatch tapi bukannya pergi ke pemilih warna dan mengklik tombol  "Add to swatches", ada cara yang lebih singkat. Dari palet Swatches, klik kanan untuk menambahkan warna baru secara instan. Jika Anda menambahkan warna yang salah, cukup hapus dengan menahan tombol Alt dan perhatikan bagaimana kursor berubah menjadi ikon Scissor, memungkinkan Anda untuk memotong warna yang akan dihapus.
trik photoshop


2. Cara Mengubah Nilai melalui Mouse Scrub
Dari versi CS4, Anda dapat menggeser mouse pada saat diatas di nilai input. Misalnya, jika sobat ingin mengubah nilai Opacity sebuah Layer, dari pada mengeklik bidang opasitas pada panel layer, klik dan seret pada nilai opacity nya. Geser ke kiri mengurangi opasitas, geser di kanan akan meningkatkannya. Ini jelas merupakan salah satu fitur penghemat waktu terbaik di Photoshop, dari pada harus input manual dengan keyboard.
Merubah nilai input di photoshop
3. Menyembunyikan Palet, Tools box & Option Bar dengan Cepat
Kita dapat menyembunyikan semua Palettes, Toolbox dan option bar di dalam Photoshop hanya dengan menekan tombol Tab sekali. Ini sangat berguna ketika Anda hanya ingin gambar berada di artboard. Tekan Tab lagi untuk mengembalikan semuanya. Jika Anda hanya ingin menyembunyikan Palet, tekan tahan tombol Shift dan tekan Tab.


4. Menjaga Visibilitas Lapisan Tidak Berubah
Terkadang kami membuat kesalahan, dan kami mencoba memperbaikinya dengan memeriksa visibilitas setiap lapisan. Saat melakukan perubahan, kita mungkin harus menekan Ctrl + Z untuk kembali ke keadaan sebelumnya. Masalahnya adalah visibilitas lapisan belum kembali.

Untuk menghindarinya, centang "Make Layer Visibility Changes Undoable" dari dialog History Options. Setelah dicentang, Anda dapat menggunakan Cmd / Ctrl + Alt + Z untuk melangkah mundur melalui riwayat Anda seperti biasa, dan Anda akan menemukan perubahan pada visibilitas lapisan sekarang disertakan dalam riwayat.


Menjaga Visibilitas Lapisan Tidak Berubah

5. Cara Mengakses Opsi Panel Tersembunyi
Tahukah kamu sob bahwa di sudut kanan atas setiap panel di Photoshop ada ikon kecil yang menampilkan menu fly-out. Anda dapat menemukan opsi tambahan yang tersembunyi di sini yang mungkin belum pernah Anda lihat sebelumnya.

Klik menu ini, lalu pilih Opsi Panel. Di dalam opsi panel ini, Anda dapat mengatur ukuran thumbnail menjadi lebih besar, memotong menjadi karya seni dan banyak lagi - bereksperimenlah dengannya!

opsi panel tersembunyi



6. Merubah Warna Teks Tanpa di pilih
User baru akan mengubah warna teks dengan menyorot teks dan kemudian memilih warna baru dengan mengklik dua kali warna Foreground. Tetapi jika Anda melakukannya dengan cara ini, Anda tidak dapat melihat perubahan warna saat teks disorot.

Satu solusi sederhana untuk ini adalah dengan tidak memperjelas teks. Ambil saja alat Jenis dan pastikan lapisan teks dipilih, lalu klik kotak warna di Bar Pilihan. Saat Anda mengubah warna, Anda akan melihat jenisnya berubah.
merubah warna teks

7. Menampilkan Satu Layer dan Membuat yang Lain Tidak Terlihat
Saat bekerja dengan banyak lapisan dalam dokumen, terkadang kita perlu memeriksa setiap lapisan untuk memastikan isinya benar. Jika Anda perlu menyembunyikan semua layer lainnya, tahan Alt Key dan klik ikon mata pada palet layer. Ini akan membuat semua lapisan lainnya tidak terlihat.

Mengulangi Alt + klik pada ikon mata lagi akan mengembalikan Anda ke status visibilitas lapisan sebelumnya. Perhatikan bahwa jika Anda tidak sengaja mengeklik ikon mata lapisan lain, Anda akan kehilangan kemampuan untuk kembali ke keadaan sebelumnya.

menampilkan hanya satu layer

8. Cara Memilih Lapisan Berurutan atau Tidak Berurutan
Dimungkinkan untuk memilih beberapa lapisan di Photoshop CS2 dan di atasnya. Pilih sebuah layer dan kemudian klik yang lain sambil menahan Shift Key, ini memilih semua layer di antara dua layer yang diklik.

Untuk memilih layer yang tidak berurutan, katakan Layer 1 dan Layer 3 dan mungkin hanya Layer 6, lalu tahan tombol Ctrl dan klik pada layer yang ingin Anda pilih di Palette Layer. Dengan cara ini, hanya lapisan alternatif (yaitu hanya lapisan yang Anda inginkan) yang akan dipilih.
memilih layer berurutan dan tidak berurutan

9. Cara Beralih Antara Dokumen Terbuka
Jika Anda bekerja dengan lebih dari satu dokumen pada saat bersamaan, tekan Ctrl + Tab untuk beralih dengan cepat.

10. Menyalin dan Menerapkan Layer Style dengan Cepat
Perlu gaya lapisan diterapkan ke lapisan lain? Cukup tahan tombol Alt dan seret pada "fx" yang menunjukkan gaya lapisan. Teknik yang sama juga berfungsi jika Anda hanya ingin menyalin gaya lapisan tertentu. Jika Anda ingin menerapkan gaya lapisan ke beberapa lapisan, klik kanan lalu pilih Copy Layer Style. Pilih beberapa layer, kemudian klik kanan lagi dan pilih Paste Layer Style.
Copy & Apply Layer StyleCopy & Apply Layer Style



11. Bagaimana Memperluas Kanvas dengan Crop Tool
Sampai saat ini, Anda mungkin menggunakan alat Pangkas hanya untuk memotong gambar. Ini juga dapat digunakan untuk memperluas kanvas: cukup tarik gagang pangkas di luar bingkai dan tekan Enter untuk menerapkan perubahan.
Expand Canvas with Crop Tool



12. Mencadangkan dan Mengembalikan Pekerjaan Anda dengan Cepat
Jika Anda perlu melakukan banyak manipulasi pada gambar tertentu tetapi tidak yakin seperti apa hasil akhirnya, Anda dapat menggunakan trik ini. Palet History memiliki batasan dalam hal seberapa jauh ke belakang. Sebagai gantinya, gunakan alat History Snapshot.

Dari panel Riwayat, klik ikon Kamera setiap kali Anda merasa sudah waktunya untuk "menyimpan" kemajuan Anda. Ini membuat snapshot riwayat yang dapat Anda kembalikan kapan saja. Anda bahkan dapat menamainya dengan mengklik dua kali di atasnya.

Semuanya akan hilang jika dokumen ditutup. Oh, dan ingatlah bahwa Snapshots ini juga dapat digunakan sebagai sumber seni kuas sejarah!
Backup-restore-work-history


13. Mengisi Layer dengan fiil / Warna Latar Belakang (Hotkeys)
Tekan Ctrl + Del untuk mengisi lapisan dengan warna latar belakang. Tekan Alt + Del untuk mengisi lapisan dengan warna latar depan.
Fill Layer Foreground Background Color


14.Cara Memilih dan Mengaktifkan Layer dengan Cepat
Tahan CTRL saat menggunakan alat Pindah atau centang opsi pilih otomatis. Dengan cara ini, Anda dapat memilih lapisan hanya dengan mengkliknya di kanvas.
Select Activate Layer

15. Cara Menggambar Garis Bertitik Lurus dengan Cepat
Menggunakan alat Kuas, klik untuk menandai titik awal pertama, lalu tahan SHIFT untuk membuat garis lurus. Jika Anda membutuhkan garis putus-putus, ubah nilai jarak kuas menjadi lebih besar dari 100% di panel Brush.

Cara Menggambar Garis Bertitik Lurus dengan Cepat

16. Cara Menghapus Objek Yang Tidak Diinginkan Secara Otomatis
Ingin menghapus orang dan objek mengganggu lainnya dari salah satu foto Anda? Anda dapat melakukannya dalam beberapa detik tetapi hanya Anda yang telah melakukan ini sebelumnya. Dengan kamera pada tripod, ambil 15 bidikan dari tampilan yang sama, berjarak 10 detik dari satu sama lain.

Di dalam Photoshop, buka File> Scripts> Statistics. Pilih "Median" lalu pilih semua file gambar yang telah Anda ambil. Photoshop akan melihat apa yang berbeda di foto dan menghapusnya.
Cara Menghapus Objek Yang Tidak Diinginkan Secara Otomatis


17. Menyilangkan Dua Gambar Untuk Efek Warna
Ingin membuat filter "seperti instagram" Anda sendiri? Anda dapat melakukannya dengan menggabungkan foto di dalam Photoshop.

Buka foto dengan palet warna yang menarik, lalu bukalah foto yang ingin Anda edit. Pergi ke menu Image> Adjustments> Match Color. Pilih foto dengan palet warna yang menarik sebagai sumber, lalu bermain-main dengan Luminance dan Color Intensity hingga Anda puas dengan hasilnya. Tekan OK dan kita selesai.
Menyilangkan Dua Gambar Untuk Efek Warna

18. Menyelesaikan Pengeditan Teks dengan Cepat
Saat bekerja dengan teks di Photoshop, semua tombol pintas tidak akan berfungsi. Untuk menyelesaikan pengeditan teks dengan cepat, cukup tekan Cmd / Ctrl + Return. Ini akan memindahkan fokus ke luar bidang teks, memungkinkan kita untuk dengan cepat memilih alat lain menggunakan tombol pintas biasa.
Exit Text Editing


19. Bagaimana Mengubah Ukuran / Mengganti Nama / Mengonversi Sekumpulan Foto
Anda mungkin tidak menyadari bahwa Photoshop CS2 (dan versi yang lebih baru) memiliki alat yang hebat untuk mengonversi dan memproses banyak file. Berbeda dengan perintah Batch, Image Processor memungkinkan Anda memproses file tanpa terlebih dahulu membuat tindakan.

Sebagai demo, katakanlah Anda ingin membuat banyak gambar beresolusi rendah dari hard drive lokal Anda untuk dibagikan di media sosial nanti.

Buka File> Scripts> Image Processor. Pilih folder dengan gambar yang ingin Anda ubah ukurannya, tentukan dimensi output dan klik Run. Photoshop akan memproses gambar Anda dengan cepat dan menyimpannya sebagai JPEG, PSD, atau TIFF.

Anda juga memiliki opsi untuk mengontrol pengaturan kompresi atau kompatibilitas.
Resize Convert Batches


20. Membuat Bentuk Vektor Gabungan Dapat Diedit
Di Photoshop CS6, kita dapat menggabungkan dua atau lebih layer bentuk vektor bersama-sama dan menyimpan hasilnya sebagai vektor yang dapat diedit. Dari panel lapisan, pilih kedua lapisan vektor dan tekan Cmd / Ctrl + E untuk menggabungkannya dengan cepat.

Versi awal Photoshop akan menghasilkan lapisan raster, tetapi Adobe memperbarui fungsionalitas ini untuk CS6.

Make Editable Merged Vectors

Diatas adalah tips dan trik Photoshop untuk mempercepat proses kerja, semoga bisa membantu sobat saat bekerja memakai photoshop serta bisa bermanfaat artikel ini.


Comment Policy: HELP ME Gan. Tidak diperkenankan mengambil isi konten tanpa izin, Diperbolehkan dengan syarat menyertakan sumber..Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini.
Buka Komentar