Skip to main content

Tips Kombinasi Font Yang Sempurna Untuk Desain Anda

Tips Kombinasi Font Yang Sempurna Untuk Desain Anda-Dalam tahap desain memilih font memang merupakan hal terpenting, Kenapa ? karena dapat mempengaruhi kesan yang terhihat jika asal dalam pemilihan font, maka akan bisa dipastikan akan kurang maksimal. biasanya jika sobat pernah mengalami saat melakukan tahap desain bila memakai satu jenis font saja akan terlihat kurang pas dan cukup untuk lebih menarik minat audiens untuk membaca. 
Biasanya admin sering memakai font lebih dari satu untuk membuat sebuah karya desain, Kadang juga pernah memakai satu Font namun sering memvariasikan dengan bold dan warna yang berbeda agar lebih menarik dan ada kata yang lebih ditekankan di sana.

Pengabungan Font membutuhkan Skill tersendiri lewat latihan dan pengamatan serta membaca dari berbagai referensi salah satunya web wsm project ini hehehe promo :) , agar dapat sense dalam desain. Selain itu sobat juga harus mempertimbangan unsur Readability-nya simak selengkapnya tentang readability.

Nah, di artikel ini mari kita belajar mengombinasikan font, yang pada artikel sebelumnya kita telah belajar tentang jenis-jenis font. yuk mari kita simak bersama.!

Mengombinasikan Font Yang Sempurna
Berikut ada beberapa tips yang admin berikan berdasarkan pengalaman, dan dari berbagai sumber yang berhasil admin himpun. Pastikan dulu bahwa karya desain mu memang membutuhkan desain kombinasi, kapan desain kita membutuhkan kombinasi ?.. Misalnya contoh ketika akan membedakan antara heading dan content atau judul dengan isi. Dan juga jangan lupa pastikan agar tetap simple serta nyaman dibaca ya.
  1. Menerapkan Golden Ratio 1,681
    Seperti apa carannya menerapkan Golden rasio dalam pengombinasian font? begini jawabannya. Semisal saat membuat kombinasi font memakai perbandingan 1,681 dengan body text ukuran 10 pt , berarti untuk subheading 10 X 1,681 = 16,81 yang dibulatkan menjadi 17 pt kemudian untuk body 17 pt x 1,681 yakni 28,577 yang dibulatkan menjadi 29, 29 untuk heading, sangat mudah kan bisa sobat praktikan,

    Golden rasio sendiri adalah angka spesial dalam matematika, karena perhitungan yang bersifat logika bisa di terapkan dalam seni yang sifatnya memakai rasa. Bilangan irasional yang mendekati 1,681 yang bisa dikatakan sebagaii golden rasio, angka itu sering muncul dalam konsep geometri, arsitektur , struktur mahluk hidup serta seni yang diterapkan dalam tipografi.
  2. Subfont
    Disini yang dimaksut adalah memakai font yang masih dalam satu typeface. Seperti contoh pada sebuah heading memakai font lato bold, kemudian pada content memakai lato standart, dan lato yang lain seperti "lato reguler", "lato italic","lato black"seperti itulah yang dimaksut masih memakai dalam satu typeface. disini cocok untuk pemula karena aman tidak banyak model dan variasi yang diterapkan.
  3. Kontras
    Tips mengombinasikan font nomer tiga. Adalah dengan cara memainkan kontras font, setiap jenis dan nama font memiliki karakternya sendiri-sendiri mengombine font dua jenis atau bisa lebih dapat kamu lakukan untuk mencari pasangan font yang saling melengkapi namun tetap sedap dipandang, untuk memberi kesan keberagaman yang di kandungnya, namun yang harus digaris bawahi carilah font yang senada dengan desain yang sedang sobat buat.
  4. Memakai Tiga Jenis Font
    Pernahkah sobat mendengar Kombinasi 3 jenis font yang berbeda dalam satu desain. Banyak pakar yang menyarankan bahwa jika mendesain jangan memakai font lebih dari 3 jenis agar readabilitynya tetap terjaga, saat mengabungkan 3 jenis fonnya pun juga ada carannya sob, cara ini admin peroleh dari salah satu media channel youtube jadi begini.

    Untuk mengabungkan 3 jenis font dalam satu desain dengan cara ketiganya dibagi berdasarkan posisi dan perannya. yakni heading, subheading dan body text. Dengan contoh, jenis sans serif dipakai untuk heading dan subheading dan jenis serif dipakai dipakai untuk body text, namun apabila sobat ingin memakai Serif untuk heading, typeface serif dipakai untuk subheading dan type sans serif dipakai untuk content, tinggal dibalik saja mudah kan.
  5. Serif Plus Sans Serif
    Ini adalah kombinasi yang tertua yang sering dipakai sejak jaman Romawi, dan masih sering dipakai hingga sekarang. San serif dan serif tidak bisa dipisahkan jika kita berbincang tentang kombinasi font. Formula ini sering dipakai karena tampilannya yang dinamis.

    Font Serif lebih terkesan kuno serta konvensional contoh Times New Roman dan Gawamond yang dengan ciri selalu memiliki kail di ujungnya, sebaliknya Font Sans serif lebih ramping bersih serta modern dengan contoh Futura dan Helvatica dengan ciri tidak memiliki kail di ujungnya ini merupakan kombinasi yang ampuh dan sering dipakai.
  6. Variasi Heading dan Body Text
    Tips terahir adalah Variasi Heading dan Body Text apakah artinya? yakni adalah memvariasikan pemakaian jenis font untuk heading dan body text, yang sebenarnya sangat simple untuk dipakai dan diterapkan. namun masih membuat bingung font apa yang dipakai dalam perpaduan ini. semuanya kembali lagi di konsep desain awalmu.

    Apakah itu untuk poster acara masak atau poster untuk film horor atau poster tentang acara taman kanak-kanak. salah satu kombinasi  
diatas adalah tips Kombinasi Font Yang Sempurna Untuk Desain Anda jika merasa bermanfaat dengan tulisan ini silahkan bisa share dan komen serta, silahkan bisa sobat share agar teman kamu tau apa yang kamu tau. terimakasih sudah mempir semoga bisa menambah manfaat.

Referensi : creativebloq.com, kreativv.com

By: WSM Project
Comment Policy: HELP ME Gan. Tidak diperkenankan mengambil isi konten tanpa izin, Diperbolehkan dengan syarat menyertakan sumber..Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini.
Buka Komentar