Skip to main content

Kena Reject Shutterstock ? Begini Penjelasan dan Cara Mengatasinya

Cara mengatasi Reject Upload di Shutterstock- Terimakasih sudah berkunjung di artikel ini, yang membahas tentang cara mengatasi reject setelah uploud di shutterstock yang pada artikel sebelumnya kita telah membahas tentang Bolehkah Jual Royalty Kebanyak Agency Microstock ?.

Pasti dari kalian pernah mengalami reject ketika mekalukan uploud karya di shutterstock, dan hal tersebut terjadi saat sobat sedang semangat-semangatnya. Setelah uploud biasannya shutterstock akan melakukan review apakah karya yang di uploud sesuai dengan standart shutterstock atau tidak. karena shutterstock pun juga harus menjaga kualitas.


Lain halnya Jika di terima dan dapat pembeli langsung. pasti akan merasa semangat nambah berlipat-lipat. dan menjadi down saat karya yang telah di uploud banyak yang di reject namun tenang saja reject bukanlah akhir dari segalanya. Masih ada solusi yang diberikan oleh pihak shutterstock. Setiap penolakan pasti memiliki sebab dan solusi yag diberikan.

Dibawah ini akan admin jabarkan beberapa penolakan yang sering dialami oleh admin saat uploud Vector dan Foto dan mungkin juga oleh beberapa contributor lain.

Illustration Designation -- In order for this image to be reviewed correctly, re-submit it designated as an illustration. When re-submitting, select "Yes" in the "Illust./Clip-Art" dropdown menu when applying metadata in the content editor.
Ini adalah masalah Desain Ilustrasi. Silahkan kirim ulang desain dan ikuti petunjuknya.
sebenarnya penolakan ini hanya untuk meminta contributor yang telah menguploud untuk resubmit atau submit ulang dengan nama dan keywoard file yang sama, tanpa harus di rubah dan di modifikasi lagi.
Solusinya bisa kalian uploud ulang dengan nama dan keywoard yang sama lalu submit lagi file nya.

Keywords -- Irrelevant keywords were used or your keywords were not in English.
Keyword terdapat yang tidak relevan dengan file, ana juga yang tidak sesuai dengan grammer bahasa inggeris, ada juga yang banyak suku kada jadi dalam satu keywoard terdapat lebih dari 2 suku kata, usahakan pakai yang satu kata saja.
Solusinya Gunakan keywoard yang relevan dengan file yang di uploud dan perbaiki kosa kata yang sesuai dengan bahasa inggris mungkin masih ada yang typo atau tidak sesuai.

Spelling / Grammar -- Image and/ or metadata contains spelling or grammatical errors.
Jenis reject ini adalah saat sobat membuat desain yang didalamnya terdapat unsur tiografi tulisan, dan di tulisan itu terdapat kata-kata yang salah dalam penulisannya.
Solusinya, perbaiki caption teks pada hasil desain kita, atau bisa juga dengan menghilangkan teksnya agar aman.

Extra Vector Objects -- Please remove any excess and/or hidden vectors/points from the file.
terdapat object vector yang terhidden dan ada juga layer yang masih tersembunya dalam dokumen file .eps kita.
Solusinya adalah dengan mencari mana yang terhidden dan revisi segera per objek pada vector atau  gambar.

Title / Keyword Trademark -- Title and/or keywords contain trademark issues (e.g., brand name, company name, etc).
biasanya pada kasus reject ini adalah masih adanya titile dankeywoard yang sama atau menyerupai merek dagang yang sudah memiliki hak cipta tertentu. hal itu sangat dilarang untuk dilakukan apabila di lakukan akan beresiko direject.
Solusinya adalah dengan memperbaiki metadata, baik di judul dan juga keyword. Lebih baik hapus saja kata-kata yang mengandung hak cipta pada judul atau keywords.

Incorrect Category -- The selected category or categories are inappropriate for this image. 
Keliru Kategori, pilih kategori yang benar untuk karya yang kita uploud.
Jika sobat mengalami reject ini berarti kategori yang dipilih masih kurang tepat,
Solusinya adalah dengan memilih kategori yang tepat sebelum di submit. Ada 2 Kategori yang bisa digunakan, Kategori 1 atau kategori 2 harus tepat menggambarkan kategori object file. Baik vector atau gambar.


Text--All text must be converted to outlines.
Penyebabnya adalah teks yang terdapat dalam desain kita masih terdapat font aktif atau fontnya belum di convert ke mode path.
Solusinya adalah dengan mengecek kembali file gambar dan kemudian mencari dan menemukan teks yang masih belum diubah menjadi path. Baru kemudian di upload ulang dan submit kembali.

Please decrease the size of your artwork (or move it) to fit within the artboard. 
File terlalu besar.
File Size terlalu besar bisa kita kurangi dengan mengikuti aturan dari shutterstock terbaru agar bisa di terima.
Solusinya Mengurangi atau mengecilkan ukuran vector atau gambar minimal sesuai dari ukuran artwork yang dipakai.

Image is not seamless. Please remove "seamless" from keywords and description, and resubmit.
Suggest keyword dapat membantu dalam memilihkan keyword di file vector atau gambar. Akan tetapi jika salah keyword dapat file kita kena  Reject.
Solusinya adalah cek kembali keyword atau hilangkan kata seamless didalamnya.

Reference Image -- A reference image is required for this image.
Reject ini mengharuskan kita untuk melampirkan file referensi yang dipakai dalam membuat karya.
Solusinya lampirkan file yang kita jadikan referensi dalam membuat karya dan pastikan karya yang kita jadikan referensi adalah karya milik kita sendiri atau hasil jepretkan kamera kita.

Title -- Titles must be relevant and specific to the image, must be in English, and cannot contain unnecessary information such as camera make or model, links to websites, etc.

Reject ini sering terjadi pada pemula. Judul terkadang copy dari gambar yang sudah diapprove di shutterstock sehingga direject.
Solusinya dengan memperbaiki judul sampai benar-benar sesuai vector atau gambar yang sudah dibuat.

[Baca Juga : Perubahan Logo Shutterstock dari masa-kemasa]

Diatas merupakan reject yang sering dialami oleh beberapa contributor shutterstock pemula, termasuk admin juga pernah waktu masih awal-awal dulu namun di setiap penolakan pasti ada sebab nya dan sebab itu bisa terselesaikan dengan solusi yang telah admin coba jelaskan diatas. terimakasih sudah berkunjung, silahkan komentar apabila ada yang belum jelas

By: WSM Project
Comment Policy: HELP ME Gan. Tidak diperkenankan mengambil isi konten tanpa izin, Diperbolehkan dengan syarat menyertakan sumber..Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini.
Buka Komentar