Skip to main content

Tutorial Adobe Photoshop, Belajar Adobe Photoshop Untuk Pemula


Tutorial Adobe Photoshop, Belajar Adobe Photoshop Untuk Pemula-Pasti semua yang berkecimpung di dunia photo editing atau image retauchign mengenal software Adobe photoshop. Dan pada tutorial kali ini wsm project akan berbagi tentang  Tutorial Adobe Photoshop Untuk Pemula. Oke sedikit intro tentang Pengenalannya dulu.dari kenal maka akan jadi sayang. Ciee

Pengenalan
Adobe Photoshop atau yang lebih dikenal dikalangan editor “photoshop” adalah software yang di produksi oleh Adobe System serta dipakai untuk mengedit gambar berbasis bitmap. Perangkat lunak bisa di jalankan di OS MacOS, MacOS x dan Windows.

Saat awal rilis hanya diperuntukan untuk OS Macintosh yang rilis pada tahun 1900, yang sempat berganti nama sebelumnya sebelum paten yang sampai saat ini kita kenal dengan nama photoshop.

Tanggal rilis awal: 19 Februari 1990
Dikembangkan oleh: Adobe Systems
Platform: AMD64
Jenis: Editor gambar raster
Pengarang asli: Thomas Knoll, John Knoll
Bahasa pemrograman: C++, Pascal
Sumber : Wikipedia

Seiring dengan bertambahnya tahun Adobe photoshop terus mengalami perkembangan dari versi 1.0 sampai saat ini sudah rrelease versi terbaru yakni 21.1 pada bulan februari.
Cukup sekian ya intro pengenalannya dan lanjut gimana sih mendapatkan software ini

Cara Mendapatkannya Software Adobe Photoshop
Untuk mendapatkan Software Adobe photoshop ini sobat bisa memperolehnya secara berbayar di situs resminya disini dan apabila belum bisa beli, ingin mendapatkan yang gratis bisa di download di situs download gratis yang banyak bertebaran di internet.  Atau menginginkan versi mobile bisa kalian download di playstore namun fitur yang disediakan tidak sekompleks di versi dekstop. Karena di versi smartphone hanya untuk edit dengan mode mobilitas yang tinggi.
Kelebihan dan kekurangan
Alangkah baik jika sebagai pemula yang ingin belajar adobe Photoshop mengetahui apa saja kelebihan dan kekurangan jika memakai software editing foto berbasis bitmap ini berikut urannya.

Kelebihan
  1. Dapat membuat sebuah efek teks dengan berbagai macam model dan bentuk sesuai dengan keahliah dan kreasi anda, kreasi anda menjadi tidak terbatas dengan adobe photoshop.
  2. Persediaan gambar default pada library yang mempermudah untuk melakukan proses manipulasi.
  3. Dapat melakukan editing labih dari sekedar foto yang dimana pada versi terbaru bisa kalian gunakan untuk editing video.
  4. Sangat berfungsi untuk mengoreksi atau memanipulasi foto.
  5. Banyak tersedia tools yang bisa kalian pakai untuk melakukan kreasi sesuai dengan keahlian sobat.
Kekurangan
  1. Harga yang termasuk mahal bagi masyarakat umum di indonesia yanng ingin belajar Adobe Photoshop. Itu terbukti banyaknya situs penyedia software bajakan gratis yang banyak bermunculan itu menandakan visitornya yang pasti menjanjikan.
  2. Membutuhkan spesifikasi laptop atau komputer yang tinggi dengan semakin tambahnya versi terbaru yang rilis.
  3. Membuat desain majalah dan brosur yang kurang maksimal.
  4. Ukuran file yang dihasilkan dari software ini yang besar.
  5. User interface akan berubah ubah dengan seiring bertambahnya versi yang rilis terbaru.
Jika pada poin diatas kalian  sudah berkenalan tentang sejarah singkat cara memperoleh adobe photoshop serta mengetahui secara singkat kelebihan dan kekurangan saatnya pada poin ini mempelajari fitur utama, apa saja yang ada pada adobe photoshop ini ?
mari sob kita simak.
  1. Layers
    Saat kalian bekerja dengan memakai adobe photoshop pasti tidak akan asing dengan layer. Karena fitur ini adalah fitur yang paling penting dalam adobe photoshop, kenapa begitu ?Semua proses editing yang memakai perangktal lunak ini selalu memakai layer, jika diartikan dalam bahasa indonesia layer adalah lapisan-lapisan yang berfungsi untuk menaruh sebuh object.
  2. Warna
    Selain layers perangkat ini juga mendukung berbagai mode warna mulai dari yang paling sering kita pakai yakni : RGB, CMYK, Gryscale dan mode lainnya.
  3. Format File
    Adobe Photoshop mendukung format format foto seperti: Png, Jpg/Jpeg dan format lainnya. Serta format file mentah yang dihasilkan dari software ini adalah:
    • .PSD : adalah sebuah singkatan dari Photoshop dokumen, format ini berguna untuk menyimpan hasil kerja kita nanti yang belum diexport jadi masih bisa diedit di lain waktu tanpa harus mengulang dari awal.
    • .PSB merupakan format lain dari .PSD namun memiliki format .PSB format ini dipakai untuk file yang berukuran lebih dari 2 GB
    • .PDD adalah format .PSD yang hanya bisa digunakan untuk Photoshop Deluxe
  4. Tools
    Sebuah perangkat lunak yang terdapat dipakai di adobe photoshop untuk mengolah gambar tertentu banyak macam dan jenis yang bisa kita jumpai ketika mengolah gambar di photoshop ini. Seperti : Selection tool, Crop & Slice tools, painting tools, drawing tools, Type tool, Retouching tool. Semua tool itu belum semua ya sob.

Masih ada banyak lagi tool yang bisa dipakai untuk tutorial lebih jelas tentang apa saja yang ada di adobe photoshop akan dijelaskan di artikel-artikel selanjutnya ya sob. 

Pada artikel tentang Tutorial Adobe Photoshop, Belajar Adobe Photoshop Untuk Pemula ini hanya gambaran bagi pemula yang ingin belajar  tentang adobe photoshop.  


referensi : mahirphotoshop.com | infomenarik.net
Comment Policy: HELP ME Gan. Tidak diperkenankan mengambil isi konten tanpa izin, Diperbolehkan dengan syarat menyertakan sumber..Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini.
Buka Komentar