3 Cara Merubah Ukuran Artboard di Adobe Illustrator

Merubah Ukuran Artboard di Adobe Illustrator
Cara Merubah Ukuran Artboard di Adobe Illustrator - Di software adobe illustrator apabila kita akan membuat sebuah desain pastilah membuat lembar kerja. sama seperti kebanyakan software lainnya namun yang membedakan adalah cara custumnya atau cara mengaturnya saja yang berbeda namun memiliki kesamaan seperti terdapat pengaturan panjang x lebar serta setting default ukuran kertas.

Pada postingan kali ini penulis akan memberikan cara untuk merubah ukuran Ardboard di software adobe illustrator ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk merubah ukuran di software adobe illustrator. di software adobe illustrator kalian bisa membuat banyak lembar kerja dalam waktu bersamaan dan juga bisa membuat hanya satu artboart dalam satu waktu.

Artboard pada adobe illustrator bisa sangat dimanis bisa kita ubah bisa mengikuti object desain atau oartboard yang dilebarkan serta ukurannya pun bisa berbeda-beda dalam sekali buka, kegunaannya sangat cocok dipakai untuk postingan instagram corousel yang saling menyambung.

Cara Merubah Ukuran Artboard di Adobe Illustrator

Pada postingan ini ada beberapa cara sampai admin berikan 3 cara untuk merubah ukuran artboardnya intinya memang di hasil akhirnya sama namun proses cara merubahnya saja yang beda penasaran seperti apa carannya yuk mari kita coba.

#1. Cara Pertama : Mengubah ukuran Satu Artboard.

Cara berikut ini diperuntukan untuk merubah ukuran artboard untuk satu ukuran saja tidak banyak-banyak cukup satu saja, dengan satu artboard kita juga bisa merubahnya sesuai ukuran satuan yang sobat sedang terapkan.

1. Buka sebuah dokumen adobe Illustrator 
anda perlu membuka sebuah project untuk bisa mengubah ukuran sebuah artboard.

2. Buka Panel Artboard
Cari artboard dengan ukuran yang ingin diubah. Pada panel “Artboards” di sisi kanan halaman, cari nama artboard yang diinginkan.

Jika sobat tidak  menemukan panel panel artboard, klik menu “Window” di bagian atas jendela (atau layar jika Anda menggunakan komputer Mac), kemudian klik opsi “Artboards” pada menu drop-down yang ditampilkan.

3. Klik dua kali 
Klik dua kali icon arboard sesuai dengan nomor di samping kanan, setelah berhasil akan muncul pop-up baru yakni Artboard Options.

4. Setting Tinggi dan Lebar
Ubah ukuran yang kalian inginkan berupa ukuran lebar dan tinggi

5. Klik OK. 
Jika sudah sesuai Klik Ok pada jendela di bagian bawah.
Jika perlu mengubah posisi objek/elemen seni pada artboard, pilih objek yang bersangkutan, kemudian klik dan seret garis titik-titik yang ditampilkan.


#2. Cara Kedua : Mengubah Ukuran beberapa Artboard.

Berbeda dengan cara yang pertama tadi, pada cara yang kedua ini kita akan belajar untuk merubah ukuran artboard. Sekaligus dalam jumlah banyak lebih dari satu maksimal belum pernah admin coba berapa maksimalnya namun dalam jumlah 50 an masih bisa.

1. Buka sebuah dokumen adobe Illustrator 
Langkah awal sama seperti cara pertama yakni buka file project adobe illustrator kalian.
setting-ukuran-artboard-di-illustrator

2. Pilih salah satu artboar yang ingin sobat edit
Buka nomor nama artboart yang ingin sobat edit ukuran tinggi dan lebarnya.
setting-ukuran-artboard-ai

3. Isikan Ukuran Tinggi dan Lebarnya 
Ubah ukuran Tinggi dan lebar yang sobat inginkan
ubah-ukuran-artboard-di-ai

4. Jika sudah Klik Ok
JIka selesai melakukan edit ukuran silahkan klik OK pada bagian bawah jendela.
setting-ukuran-artboard-ai

#3. Cara Ketiga : Mengubah Ukuran artboard secara langsung

Pada cara ketiga ini ada lah cara untuk merubah secara langsung ukuran lewat kanvas di monitor lcd kita, dengan bantuan mouse di monitor layar laptop ukuran artboard bisa kita sesuakan juga lewat bantuan mouse cara ini juga lumayan membantu dalam perubahan ukuran kanvas secara instant.

1. Buat dokumen baru
Langkah pertama pastikan buat terlebih dahulu sebelum diubah.
lembar-kerja



2. Klik Dokumen Setup
Langkah kedua klik dokumen setup - klik edit artboard pada tab dokumen setup
ubah-ukuran-artboard


3. Sesuaikan lebar dan panjang artboard
Langkah ketiga sekaligus langkah terahir bisa sobat ubah secara langsung di lembar kerja seperti gambar dibawah ini
Sesuaikan-lebar-dan-panjang-artboard


Diatas adalah Artikel tentang cara edit ukuran ardboart di adobe Illustrator dengan 3 cara. Semoga artikelnya bisa memberi manfaat bagi pembaca. Apabila ada pertannyaan silahkan tulis di kolom komentar sob. atau mungkin ingin minta request tutorialnya dalam bentuk video komen saja, kedepannya akan admin buatkan.

By: WSM Project