Skip to main content

Shortcut Windows yang harus diketahui setiap Desainer Grafis


Shortcut Windows yang harus diketahui setiap Desainer Grafis-Mengerjakan desain memang memakan waktu, bisa cepat atau bisa juga lama semua tergantung dari seorang desanernya dan apa yang dikerjakan, dan mengerjakan desain tidak lepas dari memindahkan kursor mouse dan melakukan banyak klik di waktu proses pengerjaan desain, itu akan memakan waktu tentunya, hal tersebut bisa diatasi agar tidak terlalu memakan waktu yakni dengan memakai shortcut yang disediakan windows.

Dengan shortcut atau tombol pintasan dalam arti bahasa indonesia waktu pengerjaan bisa lebih efisien, mungkin dari kita hanya mengetahui shortcut pintasan hanya CTRL + C untuk mencopy dan CTRL + V untuk paste.

sebenarnya ada banyak sekali yang disediakan windows untuk mempermudah kita dalam melakukan proses desain berikut akan wsm project jelaskan ada 9 pintasan atau shortcut yang paling berguna untuk mempercepat proses anda dalam melakukan desain
[Baca Juga : Pemakaian Fontawesome untuk Desainer Grafis]

1. Rename File atau folder (f2)
Dengan hanya menekan tombol F2 kalian hanya tinggal mengganti nama file dan folder. Tidak perlu melakukan klik kanan pada mouse ketika akan menganti nama pada file. caranya pun cukup mudah yakni hanya tinggal pilih file atau folder yang akan kalian ganti nama. tidak hanya satu file saja bisa juga sampai beberapa file, lebih dari satu. Semuanya akan diberi nama yang sama , yang membedakan hanya nomer didalam tanda kurung. untuk membuat semuanya lebih cepat. dan kalian dapat menekan Ctrl + A untuk memilih semua item yang ada dalam satu folder.

2. Membuat Folder baru (CTRL + SHIFT + N)
Jika kalian ingin mengorganisirkan banyak file di dalam beberapa folder shortcut ini bisa untuk mempermudah pekerjaan anda, jika menggunakan cara manual dengan klik kanan tentunya itu akan memakan waktu, cukup dengan menekan CTRL + Shift + N secara otomatis akan membuat sebuah folder baru. dan jangan lupa sebelum menekan shortcut itu masuk dulu di windows explorer ya sob. sedangkan cara cepat untuk masuk ke explorer adalah denga shortcut Windows + E.

3. Perpindahan Aplikasi (Alt + Tab and Ctrl + Tab)
Jika kalian sedang mengerjakan sebuah desain dan di saat itu juga ingin berpindah membuka E-mail untuk melihat brief dari client dan menaggapi client ingin berpindah dengan cepat antar aplikasi yang sedang dibuka , cukup tekan saja Alt + Tab kalian bisa membalikkan arah cukup dengan menekan Alt + Shift + tab.
Untuk melihat apa saja aplikasi yang sedang dibuka sekaligus cukup saja menekan Windows + tab. Sementara itu, untuk beralih melalui beberapa tab program yang sama, misalnya antara tab di browser anda atau di adobe Illustrator tekan Ctrl + tab, sekali lagi untuk mengubah urutan anda cukup menekan tab lalu ditambahi shift: Ctrl + Shift + Tab

4. Kembali ke Desktop (Windows + D)
Apabila kalian sedang mencari inspirasi desain dan disaat itu juga sedang membuka browser untuk mencari inspirasi tentu saja itu membuat banyak tab yang terbuka, jika hal itu terjadi ingin kembali ke desktop akan memakan waktu. Shortcut yang bisa dipakai adalah dengan menekan Windows + D untuk menampilkan Dekstop dengan seketika. Shortcut ini juga bisa dipakai apabila ingin mengambil gambar dari internet, caranya cukup dengan menekan tahan klik kiri pada mosuse lalu Windows + D tinggal setelah muncul dekstop lepaskan gambar yang sudah kalian pilih ke bagian dekstop. apabila kalian dalam seketika bisa ke dekstop ingin kembali ke jendela yang banyak tab tadi cukup menggulangi shortcut Windows +D.
Untuk dapat melihat lebih dari satu jendela di layar sekaligus, coba Tombol Windows + Panah Kanan atau Panah Kiri ke jendela Anda saat ini menjadi setengah layar. Menekan tombol Windows + Panah Atas akan mengembalikannya ke ukuran penuh.

5. Close Tabs (Menutup Jendela)
Inilah salah satu shortcut penting  yang membuatnya lebih mudah untuk mengelola banyak jendela yang terbuka di layar. Yang ini memungkinkan Anda untuk dengan cepat menutup jendela saat ini dengan ketukan keyboard daripada dengan harus menggerakkan kursor dan klik pada tanda silang di sudut kanan atas jendela. Jika Anda memiliki banyak jendela terbuka dan selesai dengan jendela aktif, tekan Ctrl + W untuk membuat ruang yang sangat dibutuhkan.

6. Pulihkan tab yang baru saja ditutup (Ctrl + Shift + T)
Tab secara tidak sengaja menutup pada browser Anda? Slip tangan yang mudah terjadi dapat menyebabkan tab di depan Anda menghilang di depan mata Anda. Jangan panik, tidak perlu mencari di Riwayat. Untuk mengembalikan tab terakhir yang ditutup di salah satu browser paling populer, tekan Ctrl + Shift + T dan itu akan muncul kembali di tempat sebelumnya. Perlu juga diketahui bahwa Anda dapat dengan cepat membuka tab baru dengan menekan Ctrl + T.

07. Bekerja dengan teks (beragam)
Ada lebih banyak untuk memanipulasi teks daripada menyalin dan menempel. Ctrl + Panah Kiri atau Kanan akan memindahkan kursor ke karakter atau spasi khusus berikutnya, dan Ctrl + Shift + Panah akan melakukan hal yang sama, menyorot teks yang ditemukannya pada jalannya untuk memungkinkan Anda dengan mudah menerapkan perubahan pada seluruh potongan teks. Menghapus teks juga dapat dibuat jauh lebih cepat dengan menghapus seluruh kata di kedua sisi kursor dengan Ctrl + Backspace dan Ctrl + Del.

8. Jalankan aplikasi (tombol Windows +1, 2, 3, dll)
Fitur bagus yang ditambahkan di Windows 10 adalah kemampuan untuk menjalankan salah satu program yang ada di taskbar Anda hanya dengan menekan tombol Windows + angka. Misalnya, Jika Anda memiliki browser internet, Photoshop dan Skype di taskbar dalam urutan itu, menekan Windows Key + 2 akan secara otomatis membuka Photoshop.
Tambahkan pintasan ke aplikasi yang paling sering Anda gunakan ke bilah tugas dan setelah Anda mengetahui urutan kemunculannya, pintasan ini dapat menghemat waktu yang biasanya diperlukan untuk menemukan aplikasi di desktop atau di menu mulai. Jika Anda sudah membuka program, menekan kombinasi tombol yang sama akan menjadikannya jendela aktif, menjadikan ini juga cara cepat untuk beralih di antara aplikasi.

9. Masukkan emoji (Windows +.)
Ingin cepat menambahkan emoji ke dalam teks? tekan Windows +. menampilkan kotak pop up dengan emoji untuk dipilih. Jika Anda tahu nama emoji yang Anda cari, Anda dapat mengetik nama dan tekan kembali untuk memilihnya dan memasukkannya ke dalam teks Anda tanpa harus menggunakan kursor sama sekali.
[Baca Juga : Temukan inspirasi desain dari Instagram ini]
by : wsm.project ------------------------------------------------------------
Comment Policy: HELP ME Gan. Tidak diperkenankan mengambil isi konten tanpa izin, Diperbolehkan dengan syarat menyertakan sumber..Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini.
Buka Komentar