Skip to main content

Memahami Kegunaan Type Tool Adobe Illustrator

Pada tutorial sebelumnya tentang adobe illustrator, kita telah mempelajari fungsi pathfinder dan pada kesempatan kali ini kita akan belajar tentang Type Tool (T) Type Tool ini memiliki beberapa tool tambahan didalamnya untuk mempermudah kita dalam melakukan setting text yang tentunya untuk menulis,membuat paragraf bahkan bisa juga untuk membuat poster, pamflet dan juga web,

pada kesempatan kali ini kita akan bagaimana type tool ini kita gunakan sebagai alat untuk membuat karya desain, tentunya sangat bisa dan sangat mudah, sering kita jumpai karya yang hanya menggunakan type tool untuk menulisnya huruf untuk membuat sebuah karya desain grafis dibawah ini beberapa contoh karya yang hanya menggunakan text dan sedikit shape saja.

Contoh.
Tutorial Type Tool di Adobe Illustrator
source freepik

Type tool memiliki beberapa bersaudara yang setiap saudaranya memiliiki kegunaan tersendiri. Dimanakah kita bisa menemukan nya ? dan apa saja panel pendukung untuk memaksimalkan bentuk desain yang kalian inginkan nantinya,

Type tool bisa kita temukan pada toolbox, klik tahan Type tool (T), maka akan muncul pilihan lainnya, klik panah kecil disebelah kanan untuk memperjelasnnya.

Tutorial Type Tool di Adobe Illustrator

Berikut adalah penjelasan singkat namun jelas tentang keluarga Type Tool (T):
Tutorial Type Tool di Adobe Illustrator

  1. Type tool (T)
    Type tool berfungsi untuk membuat sebuah text, tidak hanya mengetik tapi tool yang satu ini juga bisa untuk membuat vector text.
  2. Area Type Tool
    Area Type tool berfungsi untuk membuat text di area suatu object yang berbentuk vector, misalkan anda akan mengetikkan text di sebuah object yang berbentuk kotak, anda tinggal mengklik garis kotak tersebut dan sobat bisa menuliskan kata disitu.
  3. Type on a Path Tool
    Type on a Path Tool berfungsi untuk membuat text di suatu garis object yang berbentuk vector sesuai lengkungan garis itu. jadi jika garis tersebut berbentuk kotak maka tulisan akan berbentuk kotak.
  4. Vertical Type Tool
    Vertical Type Tool berfungsi untuk membuat text secara vertikal. jadi jika anda ingin mengetik kearah bawah, anda bisa menggunakan tool ini.
  5. Vertical area type tool
    Tool ini sama dengan vertical type tool diatas, tetapi tool ini hanya untuk menulis di aarea  object yang berbasis vector.
  6. Vertical Type on a Path Tool
    VErtical type on a path tool berfungsi untuk membuat text vertical di suatu garis object yang berbentuk vector sesuai lekukan garis tersebut. Jadi jika garis tersebut berbentuk lingkaran, text akan berbentuk lingkaran tetapi text akan vertikal
Contoh penjelasan dari poin satu sampai enam akan kami jelaskan dibawah ini:
Tutorial Type Tool di Adobe Illustrator



by : wsm.project ------------------------------------------------------------
Comment Policy: HELP ME Gan. Tidak diperkenankan mengambil isi konten tanpa izin, Diperbolehkan dengan syarat menyertakan sumber..Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini.
Buka Komentar