Skip to main content

Pentingnya Readability dan Legibility dalam Tipografi

Pentingnya Readability dan Legibility dalam Tipografi - Saat membuat sebuah desain pasti kita tidak akan lepas dari font, khusunya seni tipografi ingin lebih tau lebih gamblang tentang tipografi baca disini. ada beberapa unsur yang perlu diperhatikan apabila kita akan membuat karya grafis yang khusunya agar konten grafis kita mudah dipahami dan dibaca, unsur tersebut adalah Readability dan Legibility,

apakah arti dari istilah itu ? apa pentingnya ? apabila kamu datang untuk mencari kegunaan dan artinya anda datang di situs yang tepat hehe, secara singkat saja sebelum lebih datail Readability adalah mengacu pada cara dimana kata dan blok jenis diatur pada sebuah karya desain tipografi. sedangkan Legibility adalah lebih mengacu dimana jenis huruf dirancang dan seberapa baik satu karakter individu dapat dibedakan dari karakter yang lainnya. jika di tarik lagi ke belakang.

Huruf, layout yang sudah di desain dengan perencanaan dan perhitungan yang mantap, dan dibentuk dengan sangat indah, belum tentu bisa menyampaikan pesan dari sebuah maksud yang terkandung di dalamnya, ada yang terahir yakni faktor optis, simplenya seperti ini menurut ilmu psikologi yang sempat saya browing secara sekilas dari google tentang persepsi :

objek atau sebuah peristiwa ditangkap oleh indera manusia, kemudian data yang diterima akan diteruskan ke sistem saraf kemudian akan diteruskan ke otak. oke sekarang lanjut ke penjelasan lebih detail tantang.


Readability dan Legibility dalam Tipografi

Readability.
Readability berkaitan dengan tingkat kadar keterbacaan suatu teks. Teks bisa dikatakan readable berarti keseluruhannya mudah dibaca, sedangkan bedanya dengan legibility adalah jika legibility lebih membahas kejelasan karakter satu per-satu.

Readability tidak lagi menyangkut huruf atau karakter satu-persatu lagi, namun lebih kepada keseluruhan kesatuan teks yang telah disusun dalam suatu komposisi. legibility bisa membuat Readability.

Karena apabila kita sudah membedakan masing-masing karakter maka, maka keseluruhan teks akan lebih mudah dibaca. Namun ada juga teks yang legible tidak readible. Contohnya jika masing-masing huruf/ karakter jelas, mudah dikenali dan dibedakan.

Tapi disusun dalam komposisi yang vertikal, terbalik-balik, pemenggalan yang tidak tepat, terlalu berdempetan, atau kondisi lain yang menjadikan teks sulit dibaca.
Readability dan Legibility

Legibility.
Legibility berkaitan dengan kemudahan pembaca dalam mengenali dan membedakan masing-masing huruf/karakter. Legibility menyangkut desain/bentuk huruf yang dipergunakan. Suatu jenis huruf dikatakan legible apabila masing-masing huruf/karakter-karakternya mudah dikenali dan dibedakan dengan jelas satu dengan yang lainnya.

lalu akan dicerna oleh otak sehingga menghasilkan informasi yang informasi tersebut akhirnya menjadi pengertian tersendiri. namun masalanya terkadang otak manusia sangat unik, sehingga sering kali sedikit meleset dalam menerjemahkan data-data yang masuk.

akhirnya objeck yang sebenarnya tidak diterjemahkan dengan baik oleh otak, namun diterjemahkan berdasarkan apa yang dia pahami sendiri, ada beberapa bukti yang bisa untuk mempertegas pengertian tersebut, bahwa pengertian yang terbentuk dalam benak manusia berbeda dengan peristiwa atau objek yang sesunggunya terjadi salah satu yang terkenal adalah teori Gestalt.

Penilaian terhadap tipografi adalah melalui indera penglihatan, karena itu diharapkan desainer betul-betul memahami hal ini supaya pesan yang disampaikan mudah dimengerti oleh audience yang membacanya.
Readability dan Legibility

Readability dan Legibility adalah kajian dalam tipografi yang erat hubunganya dengan faktor optis, Readability dan Legibility harus dipandang secara luas , tidak hanya terpengaruh oleh desain ataupun bentuk huruf saja, tetapi juag di pengaruhi oleh beberapa unsur yakni :

Objeck teks itu sendiri. Subjeck =sipembaca. External = Kondisi diluar dari Objek dan subjek. pada artikel selanjutnya akan dibahas lebih lanjut legibility dan readibility yang lebih difokuskan pada aspek objecktif

referensi : https://binus.ac.id/malang/2018/12/legibility-dalam-tipografi/
                : https://webdesign.tutsplus.com/id/articles/typographic-readability-and-legibility--webdesign-12211
by : wsm.project
Comment Policy: HELP ME Gan. Tidak diperkenankan mengambil isi konten tanpa izin, Diperbolehkan dengan syarat menyertakan sumber..Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini.
Buka Komentar